Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Pilek

Update terakhir: May 24, 2019 Tinjau pada Mar 28, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.028.645 orang

Pilek 

            Semua orang pernah mengalami pilek. Kondisi ini tentu sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Pilek dapat menimbulkan hidung yang terus meler dan terkadang disertai bersin akibat pajanan infeksi. Pilek juga dapat menurunkan stamina sehingga mudah sekali rentan terkena penyakit saluran napas atas ringan.

            Organ hidung adalah pintu pertama bagi udara dan oksigen untuk masuk ke dalam saluran pernapasan sampai ke paru-paru. Di dalam hidung terdapat bulu-bulu halus yang bertujuan sebagai penyaring udara kotor saat inspirasi udara masuk dan mencegah partikel-partikel tersebut masuk ke paru-paru. Cairan lendir dari hidung juga dapat menempel di bulu hidung.

             Munculnya pilek disebabkan oleh masuknya infeksi virus rhinovirus ke dalam saluran napas. Virus yang telah masuk akan berkembang dan menginfeksi hidung. Masa inkubasi pada virus ini tergolong singkat. Selain itu, virus RSV (respiratory syncytial virus) juga menjadi penyebab munculnya pilek terutama pada balita.

             Setelah pajanan infeksi selama 2 sampai 3 hari, virus mulai berkembang dan menimbulkan gejala khas pilek selama 3 hari hingga dapat pulih dengan sendirinya.

             Lama munculnya gejala pilek bervariasi bergantung pada suhu lingkungan, stamina tubuh, dan usia. Orang dapat lebih mudah terkena pilek apabila daya tahan tubuhnya sedang turun atau berada di tempat dingin. Dari hasil pemeriksaan, ternyata usia balita dan anak-anak lebih rentan terkena pilek dan gejalanya dapat lebih panjang dibanding orang dewasa.

 

Gejala Pilek

            Gejala yang ditimbulkan pada pilek tergolong ringan. Tidak seperti infeksi hidung lain selain akibat dari virus seperti rinitis atau sinusitis. Gejala yang ditimbulkan apabila muncul pilek antara lain:

  • Bersin

Pilek menyebabkan iritasi hidung akibat masuknya partikel virus sehingga hidung terasa gatal dan menyebabkan respon bersin.

  • Hidung meler

Selama masa inkubasi virus, virus berkembang dan mensekresikan cairan atau lendir berwarna bening

  • Hidung mampet

Cairan atau lendir pada hidung juga terkadang dapat mengakibatkan hidung tersumbat yang hilang timbul karena produksi lendir yang terlalu banyak .

  • Demam

Demam bersifat ringan dapat muncul akibat infeksi virus yang berkembang

  • Stamina badan menurun

Infeksi virus juga dapat mempengaruhi stamina tubuh. Pada seseorang yang terserang pilek biasanya daya tahan tubuh juga ikut menurun dan sering diikuti rasa lelah

  • Nyeri otot

Pada beberapa orang yang sedang pilek dapat disertai nyeri otot di sekitar pundak dan punggung sehingga ingin memiliki waktu banyak untuk beristirahat

  • Disertai batuk dan suara serak

Infeksi virus yang masuk dan menyebabkan pilek juga dapat menularkannya ke saluran pernapasan lainnya seperti tenggorokan dan menimbulkan batuk ringan dan suara serak.

 

Diagnosis Pilek

            Sebenarnya kondisi pilek tidak memerlukan pemeriksaan penunjang medis yang mendalam. Dokter pasti mengenal gejala pilek karena beberapa kasus pilek termasuk ringan dan beberapa orang yang mengalaminya juga dapat sembuh sendiri. Lain halnya pada balita dan anak-anak, gejala pilek  dapat berlangsung lebih lama, namun dengan pengobatan rumah serta penanganan dini, infeksi virus dapat berkurang dan daya tahan tubuh kembali normal.

 

Pengobatan Pilek

            Pengobatan akibat infeksi virus yang menyebabkan pilek didasari oleh peningkatan daya tahan tubuh. Asupan nutrisi yang cukup dapat membantu mempercepat penyembuhan pilek serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh ke batas normal.

  • Konsumsi Vitamin

Vitamin C dan Zinc sangat membantu tubuh agar dapat meningkatkan daya tahan dengan mebuat proteksi untuk mencegah infeksi baik dari bakteri atau virus yang rentan masuk ke dalam tubuh.

Mengonsumsi permen dengan kandungan mint dapat membantu meredakan pernapasan akibat hidung yang tersumbat.

  • Obat Parasetamol

Obat parasetamol menjadi pilihan apabila timbul demam ringan serta dapat mengurangi nyeri-nyeri otot akibat pilek

  • Larutan garam tetes

Bila hidung mampet atau meler terus-menerus, pemberian tetes hidung dengan larutan garam dapat membantu mengeluarkan sekret dan melegakan pernapasan hidung

  • Mandi air hangat

Selama pilek masih berlangsung, usahakan untuk mandi dengan air hangat agar suhu tubuh tetap terjaga

Usahakan untuk tidur dengan posisi kepala lebih tinggi atau dengan 2 bantal untuk mencegah sekret masuk ke rongga hidung lebih dalam dan mencegah hidung tersumbat.

           

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit