6 Obat Vertigo Paling Manjur (Rahasia Dokter)

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 15, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
6 Obat Vertigo Paling Manjur (Rahasia Dokter)

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Vertigo tidak sama dengan sakit kepala biasa. Vertigo adalah istilah klinis untuk menggambarkan gejala berupa sensasi berputar. Penderita vertigo biasanya tak hanya merasa dirinya yang berputar, tetapi juga lingkungan sekitarnya;
  • Selain sensasi berputar, penderita vertigo akan mengalami gangguan keseimbangan yang membuatnya susah berdiri, mual, dan muntah;
  • Beberapa golongan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi vertigo adalah antikolinergik, antihistamin, histaminergik, antidopaminergik, benzodiazepine, dan antagonis kalsium;
  • Klik untuk membeli obat vertigo serta obat saraf dan otak lainnya dari rumah Anda melalui HDMall. Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Vertigo jangan dibiarkan begitu saja. Tak ada tindakan terbaik selain cepat-cepat mengobati gejala vertigo. Sebelum bicara soal obatnya, mari pahami apa itu vertigo. 

Hal pertama yang perlu digarisbawahi, vertigo tidak sama dengan sakit kepala biasa. Vertigo adalah istilah klinis untuk menggambarkan gejala berupa sensasi berputar. Penderita vertigo biasanya tak hanya merasa dirinya yang berputar, tetapi juga lingkungan sekitarnya. Selain sensasi berputar, penderita vertigo akan mengalami gangguan keseimbangan yang membuatnya susah berdiri, mual, dan muntah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mengenal aneka obat

Jangan salah sangka, pemberian obat vertigo tidak hanya bertujuan untuk menghilangkan sensasi berputar yang sangat mengganggu. Pemberian obat vertigo memiliki tiga tujuan, yaitu:

  • Menghilangkan keluhan vertigo;
  • Memberikan perbaikan pada proses kompensasi vestibuler;
  • Meminimalkan gejala psikoafektif dan neurovegetatif yang muncul.

Beberapa golongan obat yang dapat dipakai dalam penanganan vertigo adalah:

1. Antikolinergik

Antikolinergik merupakan golongan obat yang pertama sekali digunakan pada pengobatan vertigo. Antikolinergik bekerja pada reseptor muskarinik perifer untuk memberikan efek penekanan pada respons vestibuler sehingga gejala-gejala vertigo dapat berkurang. 

Obat antikolinergik yang diberikan secara oral dapat memberikan efek antivertigo sekitar 4 jam. Efek samping antikolinergik ini antara lain mulut kering, gangguan pada tajam penglihatan, gangguan berkemih, dan konstipasi. Nama obat vertigo golongan antikolinergik yang sering dipakai adalah skopolamin dan homatropin.

2. Antihistamin

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Antihistamin merupakan obat vertigo yang paling sering diresepkan dokter. Antihistamin bekerja pada reseptor histamin-1 perifer untuk memberikan efek penekanan pada respons vestibuler sehingga mengurangi gejala vertigo. Obat ini juga dapat bekerja sentral untuk mencegah dan mengurangi motion-sickness atau mabuk perjalanan

Antihistamin yang diberikan secara oral dapat memberikan efek antivertigo dengan durasi sekitar 4 hingga 12 jam. Efek samping antihistamin adalah sedasi atau mengantuk. Contoh obat vertigo golongan antihistamin yang sering dipakai adalah dimenhidrinat, difenhidramin, meklozin, siklizin, dan prometazin.

3. Histaminergik

Histaminergik merupakan preskursor histamin sintetik. Histaminergik bekerja sebagai vasodilator pembuluh darah memberikan efek vasodilatasi pada pembuluh darah telinga tengah sehingga terjadi perbaikan pada sistem peredaran darah area vestibuler. Nama obat vertigo histaminergik yang sering dipakai adalah betahistin dan interhistin.

Baca juga: Mengenal Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Vertigo Sentral

4. Antidopaminergik

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Leher 5 Kali Visit Di NK Health

Untuk pemulihan pasien yang mengalami keluhan pada leher, seperti tightness pada otot-otot sekitar leher sampai ke pundak, timbul gejala neurologis yang terjadi pada penjalaran saraf cervical pada vertebrae dengan menggunakan exercise dan manipulasi. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang (Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit leher 5x visit di nk health

Antidopaminergik merupakan golongan obat yang digunakan untuk mengurangi keluhan mual pada vertigo. Contoh obat vertigo golongan ini adalah domperidon dan metoklopramid. 

Penggunaan antidopaminergik dapat menimbulkan efek samping berupa hipotensi ortostatik dan beberapa keluhan gejala ekstrapiramidal, seperti parkinsonisme, diskinesia tardif, dan distonia akut.

5. Benzodiazepine

Benzodiazepine merupakan golongan obat anti-vertigo yang bekerja pada reseptor GABA dengan memberikan efek penekanan sentral pada respons vestibuler untuk mengurangi gejala vertigo. Namun, benzodiazepine memiliki efek sedatif yang dapat memberikan pengaruh pada kompensasi sistem vestibuler. 

Selain efek mengantuk, benzodiazepine memberikan efek hipnotik, relaksasi otot, dan bisa dipakai sebagai anti-kejang. Contoh benzodiazeepine yang sering dipakai adalah lorazepam, diazepam, dan klonazepam.

6. Antagonis kalsium

Antagonis kalsium merupakan golongan obat anti-vertigo yang yang bekerja pada resptor kalsium di daerah vestibuler dan menghambat ion kalsium yang masuk ke dalam sel untuk memberikan efek penekanan pada respons vestibuler. Cara kerja yang demikian dapat mengurangi gejala vertigo. 

Antagonis kalsium dilaporkan memilik efek sedatif, antidopaminergik, dan antihistamin-1. Contoh antagonis kalsium yang lazim digunakan adalah sinarizin dan flunarizin.

Baca juga: Mengapa Vertigo Bisa Kambuh?

32 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Debra Rose Wilson, PhD, MSN, RN, IBCLC, AHN-BC, CHT, Dizziness (https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-vertigo), 5 May 2017.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app