Mengenal Vertigo dan Cara Pencegahannya

Dipublish tanggal: Sep 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Pernahkah kamu tiba-tiba pusing, kehilangan seimbangan seakan-seakan sekelilingmu berputar? Jika pernah, kamu sebaiknya berhati-hati dan segera memeriksakan diri ke dokter terdekat. Bisa jadi kamu terkena Vertigo, mungkin kamu masih asing dengan kata vertigo? 

Vertigo berasal dari bahasa latin Vertere yang berarti memutar, pengertian Vertigo sendiri adalah sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya, dapat disertai gejala lain, terutama dari jaringan otonomik akibat gangguan alat keseimbangan tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Vertigo juga tidak bisa diremehkan, beberapa bahaya bisa disebabkan oleh vertigo, seperti kehilangan pendengaran, tidak mampu beraktivitas dengan baik bahkan hingga mengancam nyawa. 

Menurut ahli kesehatan, vertigo mempunyai macam-macam jenis, perlu banyak pertimbangan sebelum menentukan diagnosis vertigo. Vertigo bisa diketahui melalui penyebabnya, penyebab sentral atau perifer. Penyebab sentral muncul dari otak dan tulang belakang, sedangkan penyebabnya perifer berasal dari masalah di bagian dalam telinga.

Bagian dalam telinga bisa saja meradang karena penyakit atau gesekan dari endapan kristal cairan yang umumnya ada di bagian telinga dalam yang bergesek masuk ke kanal semisirkular dan menyebabkan iritasi pada sel-sel rambut bagian itu.

Beberapa gejala vertigo yang perlu kamu ketahui antara lain:

Penyakit vertigo ini tidak bisa disepelekan, beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan jika kamu memiliki vertigo antara lain,

Ancaman terkena stroke

Vertigo kerap membuat penderitanya kehilangan keseimbangan. Jika ketidakseimbangan berlangsung lebih dari beberapa hari, atau jika vertigo disertai kelemahan dan tidak adanya koordinasi pada salah satu bagian tubuh si penderita, dapat dicurigai menderita stroke atau masalah otak lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari

Penyakit ini seringkali membuat penderita kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari. Penderita biasanya sulit untuk berdiri ataupun berjalan karena merasakan sakit kepala jika melakukan aktivitas tersebut.

Kehilangan pendengaran

Bahaya serius lainnya yang disebabkan oleh vertigo yaitu kehilangan pendengaran. Vertigo Meniere, vertigo jenis ini menyerang telinga bagian dalam, gejalanya meliputi telinga berdenging, dan kehilangan pendengaran dalam kurun waktu tertentu.

Beresiko jatuh karena kehilangan keseimbangan

Jatuh sewaktu-waktu juga akan dialami penderita vertigo, hal ini bisa saja menyebabkan cedera bahkan patah tulang pinggul.

Mengancam keselamatan nyawa

Karena penyakit ini menyerang otak, pusat keseimbangan dan bisa tiba-tiba muncul. Keselamatan nyawa penderita akan terancam jika penderita masih sering berkendaraan sendiri. Resiko kecelakaan di jalan dapat sewaktu-waktu dialami penderita jika vertigo kambuh.

Mengetahui gejala dan bahaya penyakit vertigo yang cukup menyeramkan, beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut, diantaranya:

  • Mengontrol resiko stroke dengan memastikan tekanan darah normal, menjaga kestabilan gula darah dan berat badan ideal
  • Menjaga makanan yang kita konsumsi, usahakan agar pola gizi seimbang ada disetiap makananmu. Kamu sebaiknya mengendalikan asupan garam dan menghindari minuman beralkohol untuk mengurangi gejala vertigo pada kasus penyakit Vertigo Meniere.
  • Hindari stress yang berlebihan, stress yang berlebihan menyebabkan tekanan dalam pikiran sehingga menyebabkan susah tidur, malas berolahraga dan makan tidak teratur. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi rentah terhadap penyakit. Lakukan meditasi, yoga atau jalan-jalan dan menghabiskan waktu di luar ruangan.
  • Istirahat yang cukup, dengan mengelola stress kamu juga harus beristirahat yang cukup untuk merelaksasikan tubuh, selain itu dengan tidur yang cukup atau minimal 7 jam dalam sehari akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Tidur siang minimal 2 jam sangat direkomendasikan jika kamu mempunyai riwayat vertigo.

Kesehatan merupakan harta yang paling berharga, maka dari itu pola hidup sehat dan mencegah resiko terkena penyakit penting dilakukan. Usahkan untuk berolahraga minimal 30 menit setiap harinya dan menjaga pola makan kita. 

Setelah mengerti apa itu vertigo, resiko dan cara pencegahannya alangkah baiknya jika kita menerapkan pola hidup sehat. Jika mengalami gelaja-gejala vertigo di atas, segera konsultasikan kesehatanmu ke dokter pribadi atau pihak medis lainnya. Salam sehat, semangat dan tetaplah menjadi orang bermanfaat. 


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Get Rid of Vertigo Once and For All. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/signs-symptoms/vertigo/vertigo-treatment-getting-rid-spins/)
Home remedies for vertigo: Treatment and the Epley maneuver. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320492)
Vertigo Treatment, Causes, Symptoms & Remedies. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/vertigo_overview/article.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app