Dimenhidrinat : Manfaat,Efek Samping,dan Dosis

Update terakhir: Mar 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 486.523 orang

Dimenhidrinat merupakan obat golongan anti histamin (anti alergi) generasi pertama yang dapat mengurangi efek dari senyawa kimia alami di dalam tubuh yaitu histamine. Dimenhidrinat juga bermanfaat sebagai anti emetik untuk mengobati dan mencegah mual, muntah, pusing yang terkait dengan mabuk perjalanan. 

Dimenhidrinat ini termasuk obat bebas terbatas (untuk sediaan tablet), dan obat keras (untuk sediaan injeksi). Gunakan dimenhidrinate ini sesuai dengan instruksi yang tertera pada label atau seperti yang telah ditentukan oleh dokter. Jangan gunakan obat ini dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang direkomendasikan. 

Untuk hasil terbaik, dimenhidrinat ini dapat diminum 30 hingga 60 menit sebelum berpergian atau sebelum aktivitas apapun yang dapat memicu mabuk perjalanan. Dimenhidrinat ini dapat diminum dengan atau tanpa makanan. 

Apabila digunakan bentuk sediaan tablet kunyah, sangat disarankan untuk mengunyah tablet terlebih dahulu sebelum diminum. Bentuk sediaan dimendhirinat adalah tablet 50 mg, tablet kunyah 50 mg, dan injeksi 50 mg/mL. Merek obat dengan kandungan dimenhidrinat yang terkenal adalah antimo.

Cara kerja obat Dimenhidrinat 

Dimenhidrinat memiliki mekanisme kerja dengan menghambat penempelan histamine pada reseptor H1 (bersaing dengan histamin untuk menempati reseptor) pada sel-sel efektor di saluran pencernaan, pembuluh darah, dan saluran pernafasan, sehingga efeknya terhadap sistem saraf pusat dan saraf perifer menurun. 

Efek anti emetik dan anti vertigo yang dapat dihasilkan oleh dimenhidrinat disebabkan karena pengaruh reseptor antihistamin H1 pada sistem vestibular di dalam otak. 

Onset (waktu dari saat obat diberikan hingga obat terasa efeknya) kerja obat dimenhidrinat ini adalah 15-30 menit untuk sediaan oral dan 20-30 menit ketika diberikan intramuskular (diinjeksikan ke dalam otot tubuh). 

Dimenhidrinat ini diabsorbsi dengan baik di dalam tubuh dan didistribusikan secara luas di jaringan tubuh. Dimenhidrinat dapat melewati plasenta dan ASI pada jumlah yang sangat kecil. 

Volume distribusinya 3-4 Liter/kg dengan ikatan pada protein plasma sebesar 70-85%. Dimenhidrinat dimetabolisme di hati dan dieksresikan melalui urin.

Manfaat dan efek samping Dimenhidrinat                                

Dimenhidrinat ini bermanfaat untuk mengobati dan mencegah mual, muntah, pusing yang terkait dengan mabuk perjalanan. Dimenhidrinat sama seperti obat lain yang memiliki potensi menimbulkan efek samping. 

Efek samping umum yang mungkin terjadi adalah mengantuk, mulut kering, hidung, atau tenggorokan, sembelit, penglihatan kabur, merasa gelisah atau bersemangat (terutama pada anak-anak). 

Pada orang dewasa yang lebih tua, efek samping yang dapat terjadi seperti mulut kering, konstipasi, dan kebingungan. Berhenti menggunakan dimenhidrinat atau segera hubungi petugas medis apabila terjadi perubahan mood, gelisah, kejang, atau detak jantung cepat atau tidak teratur. 

Dosis obat Dimenhidrinat 

Dosis dimenhidrinat yang biasa digunakan untuk orang dewasa adalah 50-100 mg tiap 4-6 jam atau apabila diperlukan dan tidak boleh melebihi 400 mg/hari.

Dosis yang digunakan untuk anak-anak berumur 2-6 tahun adalah 12,5-25 mg tiap 6-8 jam dan tidak melebihi 75 mg/hari, sedangkan untuk anak-anak berumur 6-12 tahun dosis yang digunakan adalah 12,5-25 mg tiap 6-8 jam dan tidak melebihi 150 mg/hari. 

Apabila digunakan untuk anak-anak yang berumur lebih dari 12 tahun dosis yang diberikan 50-100 mg tiap 4-6 jam dan tidak boleh melebihi 400 mg/hari.

Untuk injeksi digunakan dosis 50 mg dalam 10 mL NS lebih dari 2 menit. Sediaan dimenhidrinat injeksi ini memiliki inkompatibilitas terhadap aminophylline, glycopyrronium bromide, hydrocortisone Na succinate, hydroxyzine HCl, meglumine adipiodone, beberapa phenothiazines, and beberapa obat golongan barbiturates.

Interaksi Dimenhidrinat dengan obat lain

Dimenhidrinat dapat meningkatkan sedasi (depresi tingkat kesadaran) ketika digunakan bersamaan dengan depresan Sistem Saraf Pusat Lainnya. Dapat menutupi gejala awal ototoksisitas (kerusakan koklea atau gangguan pada saraf pendegaran), apabila digunakan bersamaan dengan aminoglikosida atau obat-obatan ototoksik lainnya. 

Dapat mempotensiasi efek obat lain dengan aktivitas antikolinergik, misalnya TCA. Penggunaan bersamaan dimenhidrinat dengan alkohol juga dapat meningkatkan sedasi (depresi tingkat kesadaran). Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari mengkonsumsi alkohol ketika menggunakan obat-obatan.

Penyimpanan obat Dimenhidrinat 

Dimenhidrinat ini dapat disimpan pada suhu 20oC-25oC dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit