5 Pilihan Minuman untuk Lebaran yang Sehat dan Nikmat

Dipublish tanggal: Mei 22, 2019 Update terakhir: Apr 5, 2021 Tinjau pada Jun 19, 2019 Waktu baca: 2 menit
5 Pilihan Minuman untuk Lebaran yang Sehat dan Nikmat

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Air putih tetaplah menjadi minuman paling sehat untuk dikonsumsi saat Lebaran. Fungsinya untuk mencegah dehidrasi, sembelit, hingga batu ginjal.
  • Sajikan teh hijau saat Lebaran. Mengandung flavonoid, polifenol, dan rendah kalori sehingga tidak menyebabkan perut buncit.
  • Kelapa mengandung 95% air sehingga dapat mengambalikan cairan tubuh dengan cepat. Cocok sebagai minuman untuk Lebaran.
  • Susu cokelat mengandung kaya kalsium, vitamin D, dan kalium yang baik untuk kesehatan tulang saat Lebaran.
  • Buatlah jus buah sendiri tanpa tambahan gula maupun pemanis lainnya untuk menciptakan minuman sehat saat Lebaran. Bisa berupa jus jeruk, jus stroberi, dan sebagainya.
  • Jaga selalu kesehatan Anda selama Lebaran dengan minum vitamin dan suplemen yang tersedia di HDmall. Beli sekarang di sini.

Tidak lengkap rasanya bila momen Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran tanpa sajian opor ayam, sambal goreng kentang, rendang, hingga kue-kue manis sebagai pelengkap. Minuman yang dihidangkan pun tak kalah menarik, seperti es sirup, es kopyor, dan minuman manis lainnya.

Meskipun rasa lezatnya sudah tak diragukan lagi, kombinasi makanan tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Kandungan lemaknya yang tinggi dapat memicu kolesterol, sementara gula dari minuman bisa membuat gula darah Anda melonjak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Makanan & Minuman Sehat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 18

Bingung harus menyiapkan minuman apa untuk Lebaran kali ini? Tenang, simak daftar minuman sehat saat Lebaran pada ulasan berikut ini.

Beragam minuman untuk Lebaran yang sehat dan lezat

Selain memperhatikan jenis makanan, penting juga bagi Anda untuk menyediakan minuman sehat saat Lebaran. Sebab, percuma saja bila makanan yang Anda sajikan sudah sehat dan bergizi, tapi dikacaukan dengan minuman yang ternyata tidak sehat.

Nah, berikut pilihan minuman sehat yang bisa Anda sajikan saat Lebaran, yaitu:

1. Air putih

Dalam berbagai kesempatan, air putih tetaplah menjadi minuman paling sehat untuk dikonsumsi. Melansir dari WebMD, minum air putih dapat membantu mencegah dehidrasi, sembelit, dan batu ginjal

Air putih juga tidak mengandung kalori, gula, maupun karbohidrat sehingga tidak akan membuat berat badan naik saat Lebaran.

2. Teh hijau

Bingung saat menyiapkan minuman untuk Lebaran, tapi ingin tetap sehat? Yuk, coba sediakan teh hijau.

Iklan dari HonestDocs
Beli Makanan & Minuman Sehat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 18

Teh hijau mengandung flavonoid dan polifenol, jenis antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari stroke, penyakit jantung, hipertensi, hingga kanker. Jenis minuman ini juga rendah kalori sehingga tidak akan bikin perut buncit setelah Lebaran.

3. Air kelapa muda

Air kelapa muda merupakan minuman sehat yang cocok diminum kapan saja, termasuk saat Lebaran. Kelapa mengandung 95% air sehingga dapat mengambalikan cairan tubuh dengan cepat.

Air kelapa juga mengandung kaya elektrolit yang bisa mengatasi mual atau muntah. Supaya lebih sehat, hindari menambahkan terlalu banyak gula supaya kadar gula darah Anda tetap aman selama Lebaran.

4. Susu cokelat

Sudah pernah menyiapkan es cokelat saat berkumpul bersama keluarga di Hari Raya Idul Fitri? Kalau belum, cobalah sajikan minuman sehat yang satu ini untuk Lebaran.

Sama seperti susu pada umumnya, susu cokelat mengandung kaya kalsium, vitamin D, dan kalium. Semua nutrisi tersebut sangat baik bagi kesehatan tulang dan gigi Anda. 

Segelas cokelat panas juga mengandung rendah lemak, sehingga aman bagi Anda yang sedang diet.

5. Jus buah

Jus buah cocok disajikan sebagai minuman untuk Lebaran yang sehat dan menyegarkan. Berbagai jenis buah-buahan mengandung kaya vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. 

Jus jeruk, misalnya, mengandung kaya vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh selama Lebaran. Jus jeruk juga cocok diminum oleh ibu hamil, sebab kandungan folatnya dapat melindungi janin dari risiko cacat tabung saraf (spina bifida).

Bila Anda ingin meraup manfaat jus buah, buatlah jus buah sendiri tanpa tambahan gula maupun pemanis lainnya. Hindari mengonsumsi jus buah kemasan karena kandungan gulanya biasanya lebih tinggi dan tidak murni.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Chocolate Milk: Nutrition, Calories, Benefits, and Downsides. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/chocolate-milk)
Detox Water Health Benefits and Myths. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/detox-water-101)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app