HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Bahaya & Manfaat Mengonsumsi Minuman Bersoda

Dipublish tanggal: Agu 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 1, 2020 Waktu baca: 2 menit
Bahaya & Manfaat Mengonsumsi Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau berkarbonasi banyak dikonsumsi setiap hari. Minuman bersoda memiliki rasa yang unik disertai sensasi menggelitik. Selain itu, minuman bersoda juga menimbulkan sensasi menyegarkan saat diminum. Minuman bersoda semakin enak saat disajikan dalam keadaan dingin. 

Selain memiliki rasa yang enak, minuman bersoda juga memiliki manfaat saat diminum. Namun, jika dikonsumsi secara terus menerus dapat membahayakan kesehatan. Simak bahaya dan manfaat mengonsumsi minuman bersoda berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Bahaya minuman bersoda

Minuman bersoda memang menyegarkan saat diminum, tetapi mengonsumsi terlalu sering dapat membahayakan kesehatan. Hal ini karena minuman bersoda mengandung pengawet, pewarna, dan pemanis buatan. Berikut beberapa bahaya mengonsumsi minuman bersoda.

  • Membahayakan ginjal

Minuman bersoda mengandung pemanis dan pewarna buatan, kafein, dan fosfat yang dapat merusak ginjal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman bersoda 2 kali sehari dapat membahayakan fungsi ginjal.

Kandungan pemanis buatan pada minuman bersoda dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Diabetes terjadi karena insulin tidak mampu mengubah gula menjadi glikogen, sehingga gula darah akan naik. 

Hal ini dapat menyebabkan diabetes dan jika tidak segera diobati dapat memicu penyakit lain seperti stroke dan penyakit jantung.

Minuman bersoda juga mengandung kalori dalam jumlah yang banyak. Bila dikonsumsi secara terus menerus, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh akan berlebihan, sehingga dapat meningkatkan risiko obesitas.

Kandungan asam fosfat dan kafein dalam minuman bersoda dapat mengganggu penyerapan kalsium. Bila dikonsumsi secara terus menerus dapat meningkatkan risiko osteoporosis

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Berdasarkan hasil penelitian, wanita yang sering mengonsumsi minuman bersoda memiliki tulang panggul lebih lemah dibandingkan wanita yang jarang mengonsumsi minuman bersoda.

  • Menyebabkan kerusakan gigi

Minuman bersoda mengandung fruktosa dan glukosa dalam kadar yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan kerusakan gigi. Selain itu, kandungan asam pada minuman bersoda juga dapat merusak enamel gigi. 

Untuk mengurangi kerusakan gigi, sebaiknya segera menggosok gigi setelah mengonsumsi minuman bersoda.

Mengonsumsi minuman soda berkaitan dengan resistensi insulin, peradangan, dan peningkatan kolesterol. Hal inilah yang menyebabkan mengkonsumsi minuman bersoda terlalu sering dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Manfaat mengonsumsi minuman bersoda

Meskipun memiliki dampak yang berbahaya bagi tubuh, mengonsumsi minuman bersoda juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi minuman bersoda.

  • Melancarkan pencernaan

Kandungan asam dalam minuman bersoda efektif dalam menghancurkan karbohidrat pada roti dan kentang. Hal ini membuat makanan tinggi karbohidrat menjadi mudah dicerna, sehingga pencernaan akan lancar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1
  • Melepaskan gas dalam perut

Saat makan telalu banyak, perut akan terasa penuh dan begah. Mengonsumsi minuman bersoda akan membantu melepaskan gas, sehingga perut akan lega kembali. Gas dalam perut akan keluar dalam bentuk sendawa

Saat gas dalam perut sudah keluar, perut akan terasa lega dan dapat diisi makanan kembali.

  • Mengurangi rasa enek

Mengonsumsi makanan terlalu banyak, akan menimbulkan rasa enek. Biasanya rasa enek muncul saat mengonsumsi makanan berat seperti burger dan kentang. Cobalah mengonsumsi minuman bersoda untuk menghilangkan rasa enek yang muncul.

  • Efektif melepas dahaga

Minuman bersoda juga efektif dalam melepas dahaga. Apalagi saat ini sudah tersedia berbagai varian rasa dari minuman bersoda mulai dari karamel hingga rasa buah-buahan. Sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman bersoda yang memiliki rasa soda kuat karena akan menimbulkan sensasi tidak nyaman pada lidah.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Can fizzy water make you fat?. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/news/lifestyle-and-exercise/can-fizzy-water-make-you-fat/)
Soft Drinks and Weight Gain: How Strong Is the Link?. Medscape. (https://www.medscape.com/viewarticle/578319_3)
Carbonated (Sparkling) Water: Good or Bad?. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/carbonated-water-good-or-bad)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app