Makanan dan Diet Sehat

5 Fakta Menarik Karbohidrat yang Harus Anda Ketahui

Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Okt 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
5 Fakta Menarik Karbohidrat yang Harus Anda Ketahui

Tidak sedikit orang yang rela menghindari makanan tinggi karbohidrat, sebab katanya bisa bikin badan gemuk. Padahal, itu ternyata cuma mitos, lho! Justru, Anda membutuhkan asupan karbohidrat supaya tubuh tetap berenergi untuk menjalankan aktivitas. Yuk, simak fakta menarik lainnya seputar karbohidrat pada ulasan berikut ini.

Fakta tentang karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Pasalnya, sekitar 45-65% kebutuhan kalori dalam tubuh diperoleh dari karbohidrat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Sayangnya, banyak orang yang menghindari konsumsi karbohidrat saat sedang diet. Ini karena karbohidrat disebut-sebut sebagai dalang penyebab berat badan cepat naik dan menggagalkan usaha diet. 

Faktanya, mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah sedikit justru berbahaya bagi kesehatan. Hal ini malah bisa membuat tubuh cepat lelah, sakit kepala, dan kekebalan tubuh akan berkurang.

Jadi bagi Anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan, sebenarnya tidak perlu menghindari makanan sumber karbohidrat. Asupan karbohidrat justru akan bermanfaat untuk memberikan energi pada tubuh, sehingga Anda semakin aktif dalam beraktivitas. 

Agar tidak lagi termakan mitos, berikut beberapa fakta mengenai karbohidrat yang perlu Anda ketahui:

1. Tidak semua karbohidrat sama

Banyak orang yang beranggapan bahwa mengonsumsi karbohidrat dapat menyebabkan risiko diabetes dan obesitas. Padahal, karbohidrat merupakan sumber energi utama yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas. 

Karbohidrat juga mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh agar tetap sehat. Jadi, tidak semua karbohidrat harus dihindari, ya!

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Yang perlu dihindari adalah jenis karbohidrat olahan, contohnya roti putih, kue kering, pancake, hingga mi instan. Karbohidrat olahan biasanya mengandung tambahan gula, lemak, dan bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

2. Makan karbohidrat tidak membuat gemuk

Faktanya, karbohidrat sebenarnya tidak membuat badan menjadi gemuk. Karbohidrat kompleks justru mengandung banyak serat yang dicerna lebih lama oleh tubuh, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

Hal ini tentu mematahkan mitos yang mengatakan bahwa mengonsumsi karbohidrat bisa menaikkan berat badan secara dratis.

3. Makan karbohidrat tidak mengganggu pencernaan

Banyak orang mengira bahwa mengonsumsi karbohidrat dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Padahal, karbohidrat justru kaya akan serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Gangguan pencernaan lebih disebabkan oleh gluten, yaitu jenis protein yang ditemukan pada tepung atau jenis gandum lain. Contoh makanan yang mengandung gluten meliputi roti, mi, pasta, biskuit, crackers, hingga kue.

4. Karbohidrat tidak bikin ngantuk

Tidak sedikit orang yang sarapan dengan sedikit nasi karena takut mengantuk saat di sekolah atau kantor. Hal ini ternyata cuma mitos, lho!

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Justru, karbohidrat akan menghasilkan gula yang dapat meningkatkan kekuatan otak. Tak lagi bikin ngantuk, Anda justru bisa lebih fokus dan berenergi untuk beraktivitas seharian.

Baca Juga: Penyebab Munculnya Rasa Mengantuk Setelah Makan

5. Karbohidrat bermanfaat bagi jantung

Kandungan serat dalam karbohidrat sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kandungan serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Apa saja makanan yang mengandung tinggi karbohidrat?

Nah, sekarang Anda tak perlu ragu lagi untuk menghindari konsumsi makanan sumber karbohidrat. Berikut beberapa jenis makanan tinggi karbohidrat yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Ubi jalar

Selain mengandung karbohidrat sehat, ubi jalar juga kaya akan vitamin A. Ada juga kandungan serat pada ubi jalar yang dapat menyehatkan jantung dan menurunkan risiko diabetes.

Baca Juga: Fakta Dibalik Sehatnya Kentang dan Ubi Jalar, Mana Sumber Karbohidrat Terbaik?

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan serat, protein, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh. 

Bagi Anda yang sedang diet, kacang-kacangan bisa jadi pilihan terbaik karena mengandung lemak tak jenuh. Jadi, Anda bisa ngemil dengan sehat tanpa bikin badan gemuk.

3. Buah bit

Tiga buah bit mengandung karbohidrat sehat sekitar 23 gram. Buah bit juga kaya akan antioksidan yang mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler

Tak hanya itu, kandungan nitrat pada buah bit bermanfaat untuk meningkatkan performa fisik, sehingga tubuh lebih siap dalam melakukan segala aktivitas.

4. Pisang

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung karbohidrat sehat sekitar 26 gram. Pisang juga mengandung pati yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus dan menurunkan gula darah

Ada juga kandungan serat dalam pisang yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain tubuh sehat, BAB pun jadi lancar setelah makan pisang.

Baca Selengkapnya: Selain Nasi Putih, Ternyata 8 Jenis Karbohidrat Ini Lebih Menyehatkan

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Cek Fakta Lengkap Diet Karbohidrat dan Cara Melakukannya
Cek Fakta Lengkap Diet Karbohidrat dan Cara Melakukannya

Asupan karbohidrat saat diet karbohidrat sebaiknya dibatasi hingga 60 sampai 130 gram. Jumlah karbohidrat ini mengandung kalori sebanyak 240 sampai 520 kalori. Jangan mengurangi asupan karbohidrat hingga kurang dari 60 gram per harinya.