Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Bekas Luka

Mencegah Luka Selangkangan Lecet

Makan makanan dan menjaga pola hidup sehat akan membuat Anda tetap sehat, yang akan meningkatkan sistem imun Anda dan membantu Anda melawan infeksi yang bisa menyebabkan lecet pada daerah selangkangan.
Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.046.666 orang

Lecet pada area genitalia adalah gejala kulit yang dapat disebabkan oleh banyak masalah kesehatan dan dapat terjadi pada semua bagian genitalia pria atau wanita.

Lecet biasanya berwarna kemerahan, bisa jadi gatal atau nyeri, dan bisa berupa benjolan atau luka.

Jika Anda mengalami lecet pada kulit yang tidak bisa Anda jelaskan, Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan.

Penyebab selangkangan lecet

Ada banyak alasan yang mungkin untuk lecet pada area genitalia, mulai dari infeksi yang bisa disembuhkan hingga infeksi menular seksual, alergi dan gangguan autoimun.

Beberapa penyebab yang paling umum dari lecet selangkangan adalah infeksi:

  • Jock itch, infeksi jamur, atau ringworm pada daerah selangkangan. Lecet tersebut kemerahan, gatal, dan bersisik, dan mungkin muncul nanah.
  • Lecet popok, infeksi jamur yang mempengaruhi bayi karena lingkungan yang hangat dan lembab dan biasanya terjadi karena mengonsumsi antibiotik. Lecet popok menyebabkan rasa gatal, kemerahan, bengkak dan keluarnya cairan putih dari vagina.
  • Infeksi jamur pada vagina, infeksi yang dialami oleh wanita dan biasanya terjadi karena meminum antibiotik. Infeksi jamur menyebabkan gatal, kemerahan, bengkak, dan keluarnya cairan putih dari vagina.
  • Molluscum contagiosum, infeksi virus yang mempengaruhi kulit dengan kenampakan seperti benjolan yang padat, terisolasi dan membulat. Molluscum contagiosum biasanya gatal dan terinflamasi.
  • Balanitis, inflamasi pada kulit atau kepala penis yang terjadi karena kehigienisan yang buruk. Balanitis menyebabkan kemerahan, rasa gatal, dan keluarnya cairan.

Infeksi parasit adalah penyebab lain lecet pada daerah genitalia:

  • Kutu pubis adalah serangga kecil. Kutu pubis bertelur pada daerah genitalia dan biasanya menyebar dari satu orang ke orang lain memalui kontak seksual. Kutu pubis biasanya terjadi pada remaja. Kutu pubis menyebabkan rasa gatal dan terkadang luka.
  • Kutu badan berbeda dengan kutu pubis dan biasanya lebih besar. Kutu badan hidup di pakaian dan pada kulit, dan meminum darah. Kutu badan menyebabkan rasa gatal dan lecet pada kulit.
  • Skabies adalah lecet pada kulit yang disebabkan oleh kutu yang sangat kecil. Kutu ini mesuk ke dalam kulit dan menyebabkan rasa gatal hebat, biasanya terjadi pada malam hari.

Alergi dan gangguan autoimun merupakan alasan lain terjadinya lecet genitalia:

  • Dermatitis kontak adalah tipe umum lecet yang disebabkan ketika kulit kontak dengan alergen atau dengan iritan seperti zat kimia. Lateks adalah alergen yang bisa menyebabkan lecet pada daerah genitalia kerena umum digunakan sebagai bahan dasar kondom.
  • Psoriasis adalah kondisi kulit yang umum. Penyebabnya masih tidak diketahui, tetapi dokter memperkirakan bahwa psoriasis adalah gangguan autoimun. Psoriasis bisa menyebabkan luka pada daerah genitalia.
  • Lichen planus merupakan kondisi kulit yang umum, tetapi juga menyebabkan lecet yang gatal. Dokter masih tidak mengetahui penyebab pastinya, tetapi diperkirakan karena alergen atau penyakit autoimun. Pada daerah genitalia, lichen planus dapat menyebabkan luka.
  • Arthritis reaktif, atau sindrom Reiter, adalah arthritis yang terjadi pada reaksi terhadap infeksi bakteri tertentu, seperti Chlamydia, Salmonella, atau Shigella. Chlamydia bisa menyebabkan keluarnya cairan dari genitalia.

Infeksi menular seksual, atau IMS, adalah kemungkinan penyebab lecet genitalia dan bisa termasuk antara lain:

  • Herpes genitalia, virus yang menghasilkan luka bernanah pada daerah genitalia
  • Kutil kelamin, disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV). Kutil kelamin berukuran kecil, berwarna seperti daging, dan mungkin menyebabkan gatal.
  • Sifilis, infeksi bakteri yang menyebar melalui kontak seksual. Sifilis menyebabkan lecet yang bisa ada di bagian tubuh mana saja. Lecet tidak semuanya menyebabkan gatal.

Pencegahan lecet pada selangkangan

Mencegah lecet pada selangkangan, terutama lecet yang masih terjadi, akan bergantung pada seberapa hebat penyebab lecet tersebut.

Untuk mencegah lecet yang disebabkan oleh infeksi menular seksual, Anda bisa:

  • Selalu gunakan kondom yang melindungi dari penyakit menular seksual
  • Lakukan metode seks aman lain
  • Minum obat untuk mengobati kondisi yang saat ini terjadi seperti herpes.

Untuk mencegah lecet dari reaksi alergi Anda bisa:

  • Meminum antihistamin ketika risiko meningkat
  • Menghindari substansi yang memicu reaksi

Makan makanan dan menjaga pola hidup sehat akan membuat Anda tetap sehat, yang akan meningkatkan sistem imun Anda dan membantu Anda melawan infeksi yang bisa menyebabkan lecet pada daerah selangkangan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Lecet di Paha yang Mengganggu
Lecet di Paha yang Mengganggu

Setelah membersihkan daerah tersebut, oleskan substansi. Jika daerah tersebut sangat sakit, bengkak, berdarah atau berkerak, penyedia kesehatan Anda mungkin merekomendasikan salep obat. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan sakit dan mempercepat proses penyembuhan.