Tanda bahwa Proses Penyembuhan Luka Berhasil atau Tidak

Setiap luka melewati beberapa tahap penyembuhan. Luka kecil dan goresan biasanya sembuh lebih cepat dari luka besar seperti luka bakar, luka koreng, dan luka operasi. Cari tanda-tanda di bawah ini untuk memastikan luka Anda sembuh dengan benar:

Luka Mesti Ditutup atau Dibiarkan Terbuka
Luka Mesti Ditutup atau Dibiarkan Terbuka

Hal ini membuat Anda berpikir seakan-akan semua luka harus ditutup. Sayangnya, menutup luka yang seharusnya dibuka malah bisa menyebabkan lebih banyak bahaya daripada menjadi lebih baik.

Air Liur Bisa Sembuhkan Luka?
Air Liur Bisa Sembuhkan Luka?

Air liur manusia terbukti memiliki kandungan histatin. Histatin ini tidak hanya berfungsi sebagai zat antijamur, tapi juga memiliki fungsi untuk mempercepat penyembuhan luka.

Cara Membersihkan Luka Agar Tidak Infeksi
Cara Membersihkan Luka Agar Tidak Infeksi

Membersihkan luka merupakan suatu hal yang penting setelah anda mengalami kecelakaan. Beberapa jenis infeksi yang dimulai dari hal kecil dapat menyebabkan kematian. Lalu bagaimana cara yang benar untuk membersihkan luka agar tidak terjadi infeksi? Simak ulasannya di bawah ini!

Penyebab Keloid pada Kulit dan Cara Mencegah
Penyebab Keloid pada Kulit dan Cara Mencegah

Penyebab keloid ini bisa terjadi karena banyak jenis luka. Anda harus hati-hati dan segera melakukan penanganan agar tidak menimbulkan keloid. Ketika sudah terjadi keloid jangan hanya dibiarkan saja karena keloid tidak akan hilang begitu saja tanpa perawatan yang baik.

Mengatasi Keloid Bekas Luka dirumah
Mengatasi Keloid Bekas Luka dirumah

Awalnya, dokter mungkin merekomendasikan pengobatan yang lebih tidak invasif, seperti silicone pads, pemberian tekanan, atau suntikan, terutama jika luka keloid relatif baru terbentuk. Pengobatan ini memerlukan aplikasi yang sering dan hati-hati agar efektif, setidaknya memerlukan waktu tiga bulan untuk memberi efek.

Apa Itu Keloid dan Bagaimana Mengatasinya
Apa Itu Keloid dan Bagaimana Mengatasinya

Semua hal yang menyebabkan luka dapat menyebabkan keloid. Ini termasuk luka bakar, luka potongan, atau bahkan jerawat batu yang parah. Keloid juga dapat terjadi setelah Anda menindik bagian tubuh atau tato, atau mungkin melakukan operasi. Keloid terkadang muncul tiga bulan atau lebih setelah kulit Anda terluka.

Luka Lebih Cepat Sembuh Siang atau Malam

Luka bakar yang terjadi pada malam hari (seperti antara 8 malam hingga 8 pagi) membutuhkan waktu 60 persen lebih lama untuk secara efektif sembuh daripada cidera yang terjadi pada pagi hari: 28 hari untuk luka bakar yang didapatkan pada malam hari, dibandingkan dengan hanya 17 hari untuk luka bakar yang diterima antara 8 pagi hingga 8 malam).

Apakah Luka yang Terbuka Boleh Kena Air?

Air menyebabkan kulit membengkak yang dapat menghambat proses penyembuhan luka. Selain itu, mungkin ada bakteri yang terkontaminasi atau agen bakteri lain di dalam air sehingga luka bisa terinfeksi.

Lihat Lebih