Masalah Tidur - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Aug 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.012.069 orang

Kesulitan tidur adalah suatu kondisi ketika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari. Anda mungkin sulit memulai untuk tertidur, atau Anda mungkin terbangun beberapa kali sepanjang malam.


Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Kesulitan tidur dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Kurang tidur juga dapat menyebabkan Anda sering sakit kepala atau sulit berkonsentrasi.Kebanyakan orang mengalami kesulitan tidur di beberapa titik dalam kehidupan mereka.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) , hampir 30 persen orang dewasa di AS tidur enam jam atau kurang setiap malam. Beberapa orang mungkin merasa segar setelah hanya enam atau tujuh jam tidur.

Namun, kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar delapan jam tidur setiap malam untuk beristirahat dengan cukup.Tanda-tanda Anda mengalami kesulitan tidur adalah ketidakmampuan untuk fokus di siang hari, sering sakit kepala, lekas marah, kelelahan di siang hari, bangun terlalu dini, terjaga sepanjang malam, atau hanya tidur beberapa jam.

Anda juga mungkin merasa lemas di siang hari atau memiliki lingkaran hitam di bawah mata Anda.

Apa penyebab kesulitan tidur?

    Ada banyak kemungkinan penyebab terjadinya kesulitan tidur, termasuk pola tidur yang salah, pilihan gaya hidup, dan kondisi medis. Beberapa penyebab kecil mungkin dapat membaik dengan perawatan sendiri, sementara penyebab yang lain mungkin membutuhkan pertolongan medis.

    Penyebab sulit tidur mungkin termasuk penuaan, terlalu banyak aktivitas sebelum tidur (seperti menonton televisi, bermain video game, atau berolahraga), terlalu banyak mengkonsumsi kafein, gangguan kebisingan, kamar tidur yang tidak nyaman, atau perasaan senang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Tidur terlalu banyak di siang hari, kurang terpapar sinar matahari, sering buang air kecil, merasa nyeri pada bagian tubuh tertentu, jet lag, dan beberapa obat juga dapat menyebabkan kesulitan tidur.

Kurang tidur juga dapat terjadi pada bayi. Wajar jika bayi yang baru lahir akan bangun beberapa kali sepanjang malam. Namun, sebagian besar bayi akan memiliki siklus tidur yang normal setelah mereka berusia 6 bulan.

Jika bayi yang lebih tua menunjukkan tanda-tanda sulit tidur, itu mungkin tanda bahwa mereka sedang tumbuh gigi, sakit, lapar, atau terganggu oleh masalah pencernaan.Bagi banyak orang, stres, khawatir, depresi, atau jadwal kerja juga dapat mempengaruhi tidur mereka.

Sedangkan bagi sebagian yang lain, masalah tidur disebabkan oleh gangguan tidur seperti insomnia, sleep apnea, dan sindrom kaki gelisah.

Apa itu gangguan tidur?

Sleep apnea adalah suatu kondisi di mana ada penyumbatan saluran udara bagian atas. Sleep apnea kesulitan bernapas sepanjang malam yang dapat menyebabkan Anda tiba-tiba terbangun, seringkali seperti tersedak.

Sindrom kaki gelisah juga dapat memicu kesulitan tidur. Kondisi ini menyebabkan sensasi yang tidak nyaman di kaki Anda, seperti kesemutan atau sakit. Sensasi ini membuat kaki Anda sering bergerak saat istirahat, yang dapat mengganggu tidur Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Gangguan fase tidur yang tertunda adalah kondisi lain yang dapat mempengaruhi tidur Anda. Kondisi ini menyebabkan keterlambatan siklus 24 jam tidur dan terjaga.

Anda mungkin tidak merasa mengantuk atau tertidur sampai tengah malam. Siklus tidur ini membuat Anda lebih sulit untuk bangun di pagi hari dan menyebabkan kelelahan di siang hari.

Bagaimana mendiagnosis gangguan tidur?

Anda disarankan untuk pergi ke dokter jika Anda mengalami kesulitan tidur yang sedang berlangsung dan mempengaruhi kualitas hidup Anda. Dokter akan berusaha menemukan penyebab mendasar dari kesulitan tidur yang Anda alami dengan melakukan pemeriksaan fisik dan mengajukan beberapa pertanyaan tentang pola tidur Anda.

Saat berkonsultasi dengan dokter, pastikan untuk memberi tahu dokter Anda tentang penggunaan obat-obatan dan suplemen herbal yang Anda gunakan. Beberapa obat dan suplemen menyebabkan stimulasi berlebih dan dapat mengganggu tidur Anda jika dikonsumsi terlalu dekat dengan jam tidur.

Anda juga harus memberitahu dokter jika Anda mengalami masalah lain, seperti depresi, kecemasan, atau menderita penyakit kronis. Faktor-faktor ini juga dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Untuk menentukan penyebab kesulitan tidur, dokter Anda mungkin menyarankan Anda membuat buku harian tidur.

Anda harus mencatat aktivitas sepanjang hari dan kebiasaan tidur Anda, seperti kapan Anda tidur, waktu Anda bangun, jumlah makanan dan minuman yang Anda konsumsi, suasana hati Anda, obat apa pun yang Anda minum, tingkat aktivitas Anda, dan kualitas tidur Anda.

Membuat catatan tidur dapat membantu dokter untuk menentukan kebiasaan yang dapat memicu masalah tidur.

Jika dokter mencurigai Anda menderita sleep apnea, sindrom kaki gelisah, atau gangguan tidur lainnya, mereka mungkin akan menjadwalkan tes studi tidur. Untuk tes ini, Anda akan diminta untuk dirawat di rumah sakit.

Seorang dokter spesialis yang menangani masalah mengenai tidur akan mengamati Anda sepanjang malam. Tekanan darah, detak jantung, pernapasan, kadar oksigen, dan gelombang otak Anda akan dimonitor untuk melihat setiap kemungkinan yang menjadi tanda-tanda gangguan tidur.

Apa pilihan perawatan untuk mengatasi gangguan tidur?

Perawatan untuk mengatasi gangguan tidur Anda tergantung pada penyebabnya. Dalam beberapa kasus, pengobatan di rumah atau perubahan gaya hidup sederhana dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Anda mungkin diminta untuk menghindari kafein dan alkohol selama setidaknya delapan jam sebelum tidur. Batasi waktu tidur siang hari hingga 30 menit. Jaga kamar tidur Anda gelap dan sejuk.

Hindari aktivitas yang merangsang sebelum tidur dan berikan waktu tujuh hingga delapan jam untuk tidur setiap malam. Mendengarkan musik yang menenangkan dan mandi air panas sebelum tidur juga dapat membantu. Pertahankan jadwal tidur yang teratur.

Anda juga dapat membeli beberapa alat bantu tidur tanpa resep. Namun, alat bantu tidur dapat menyebabkan kantuk di siang hari jika Anda tidak tidur selama tujuh atau delapan jam penuh.

Jangan gunakan produk ini setiap hari, karena dapat menyebabkan ketergantungan. Ingatlah untuk selalu membaca petunjuknya dengan seksama dan minum obat sesuai petunjuk.Jika kondisi medis atau gangguan tidur menyebabkan masalah bagi Anda, Anda perlu penanganan khusus untuk kondisi yang mendasarinya.

Sebagai contoh, jika gangguan tidur yang Anda derita disebabkan oleh gangguan kecemasan atau depresi, dokter mungkin akan meresepkan obat anti kecemasan atau antidepresan untuk membantu Anda mengatasi kekhawatiran, stres, dan perasaan putus asa.

Apa komplikasi yang terkait dengan Gangguan Tidur?

Jika tidak diobati, masalah tidur kronis dapat sangat mempengaruhi kualitas hidup Anda. Konsentrasi Anda saat mengemudi dapat berkurang, yang meningkatkan risiko kecelakaan.

Kualitas tidur yang buruk juga dapat mengurangi tingkat kinerja Anda saat bekerja atau di sekolah. Masalah tidur yang berkepanjangan juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, dan dapat membuat Anda sering sakit.

Ditinjau secara medis oleh Tyler Walker, MD pada 22 Maret 2016 - Ditulis oleh Valencia Higuera

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit