Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Sering Buang Air Kecil - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: NOV 16, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 1.498.938 orang

Setiap orang pasti mengetahui bahwa manusia membutuhkan banyak asupan cairan dalam sehari, seperti minum air putih. Tetapi, tahukah Anda bahwa banyak meminum air dapat membuat Anda sering buang air kecil? Tahukah Anda dalam sehari berapa kali sehari normalnya seseorang buang air kecil?

Perlu Anda ketahui bahwasannya tubuh manusia sebagian besar (60% pada orang dewasa) terdiri atas air. Tuhan menciptakan tubuh kita sedemikian rupa sehingga memiliki kemampuan untuk mengatur keseimbangan cairan pada tubuh kita.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Tubuh mengatur banyaknya air yang harus keluar-masuk untuk menciptakan keseimbangan cairan dalam tubuh kita.

Jika Anda merasa kehausan, maka pasti Anda membutuhkan cairan. Hal tersebut dikenal dengan istilah Dehidrasi. Sehingga Anda perlu mengisi cairan kembali misalnya dengan minum air putih.

Tetapi sebaliknya, jika cairan dalam tubuh Anda berlebih, maka tubuh Anda akan membuang kelebihan cairan tersebut misalnya melalui urine atau air kencing Anda.

Normalnya, setiap orang akan buang air kecil empat hingga delapan kali sehari. Disebut sering buang air kecil apabila Anda setidaknya lebih dari delapan kali sehari atau lebih dari sekali bangun di malam hari untuk buang air kecil.

Namun, pada beberapa orang dengan kondisi tertentu, angka ini mungkin saja lebih atau kurang. Misalnya pada anak-anak yang punya ukuran kantung kemih yang lebih kecil, maka mereka akan buang air kecil lebih sering daripada orang dewasa.

Buang air kecil melebihi frekuensi normal untuk waktu yang lama dapat mengindikasikan berbagai kondisi medis tertentu.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apakah yang menyebabkan terlalu sering buang air kecil?

Berikut penjelasan soal penyebab mengapa Anda sering atau jarang buang air kecil. 

  • Infeksi saluran kemih
    Ketika saluran kemih atau kantung kemih Anda mengalami infeksi, Anda akan sering ingin buang air kecil. Bahkan, kadang-kadang ini disertai dengan rasa sakit. Pasalnya, kantung kemih yang terinfeksi tidak bisa bekerja secara maksimal dalam menampung air kencing dalam jumlah banyak. 

  • Diabetes
    Bagi Anda penderita Diabetes, Anda akan sering buang air kecil. Ini sering kali terjadi karena penderita diabetes memiliki dorongan minum yang tinggi akibat tingginya gula darah. Karena banyak minum, maka tubuh berusaha mengeluarkan cairan yang berlebih.
  • Namun, terkadang saat menyaring darah, gula ikut tersaring dan menarik air lebih banyak.
  • Gangguan Kelenjar Prostat
    Bagi orang dengan gangguan Kelenjar Prostat, Anda akan merasa sulit untuk buang air kecil walaupun rasa ingin buang air sering muncul. Hal ini terjadi karena pembengkakan prostat dapat menekan dan menutup saluran kemih.

  • Kandung Kemih Overaktif (Overactive Bladder)
    Ketika Anda menderita Overactive Bladder (OAB), Anda akan merasakan desakan tiba-tiba untuk buang air kecil karena kandung kemih yang berkonstraksi tidak normal. Ini akan memicu seringnya Anda buang air kecil dalam sehari. 

  • Kehamilan
    Biasanya kehamilan membuat wanita lebih sering buang air kecil. Pasalnya, rahim yang membesar karena pertumbuhan bayi dalam kandungan bisa menekan kantung kemih. Karena itu, kantung kemih jadi lebih sempit sehingga Anda harus lebih sering ke toilet.

  • Trauma Persalinan
    Trauma pada saat Persalinan Pervaginam (Persalinan Normal) juga dapat menyebabkan kerusakan pada saluran kemih Anda.
  • Stroke atau penyakit neurologis lainnya
    Kerusakan saraf yang menyuplai kandung kemih dapat menyebabkan masalah pada fungsi kandung kemih, termasuk desakan untuk sering dan tiba-tiba ingin buang air kecil.

  • Kanker kandung kemih
    Tumor mendesak saluran kemih atau menyebabkan pendarahan di kandung kemih sehingga dapat menyebabkan lebih sering buang air kecil.

  • Minum terlalu banyak
    Mengonsumsi lebih banyak cairan daripada kebutuhan tubuh Anda juga dapat menyebabkan tubuh lebih sering buang air kecil.

  • Pemanis buatan, alkohol, kafein dan makanan lainnya
    Alkohol dan kafein dapat menyebabkan buang air kecil lebih sering. Minuman berkarbonasi dan pemanis buatan (seperti Splenda atau Equal) diketahui mengiritasi kandung kemih, sehingga menyebabkan lebih sering buang air kecil.

Bagaimana mengenali tanda bahwa anda memiliki gangguan buang air kecil?

Meskipun ada banyak penyebab sering buang air kecil, gejala umumnya sebenarnya sama, yaitu buang air kecil lebih dari delapan kali selama sehari atau lebih dari satu kali dalam semalam.  

Kapan Anda harus mendapatkan perawatan medis karena terlalu sering buang air kecil?

Segeralah pergi ke dokter dan mendapatkan perawatan medis jika gejala atau tanda berikut sering terjadi:

  • Demam
  • Sakit perut
  • Nyeri punggung atau samping
  • Air kencing berdarah, gelap, atau keruh
  • Muntah
  • Panas dingin
  • Meningkatnya nafsu makan atau rasa haus yang berlebihan
  • Kelelahan
  • Nyeri saat buang air kecil atau ejakulasi

Jika keluhan sering buang air kecil sudah mulai mengganggu gaya hidup Anda, konsultasikan dengan dokter Anda.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apa saja pengobatan pada sering buang air kecil?

Pengobatan untuk sering buang air kecil tergantung pada penyebab yang mendasari, diantaranya:

  • Infeksi Saluran Kemih
    Dokter Anda mungkin akan meresepkan antibiotik. Sebiknya Anda juga minum banyak air putih.

  • Diabetes
    Ketika kadar gula darah menjadi sangat tinggi, sering buang air kecil sering menjadi salah satu gejala pertama. Perawatan untuk sering buang air kecil pada Anda yang menderita Diabetes harus dengan manajemen gula darah yang ketat.

  • Masalah Prostat
    Masalah dengan Prostat biasanya ditangani oleh spesialis yang disebut ahli urologi. Ada dua jenis obat yang umum diresepkan untuk pembesaran prostat: 5ARI (5-Alpha-Reductase Inhibitor), yang mengurangi tingkat hormon yang menyebabkan prostat tumbuh.
  • Dan Alfa Blocker, yang mengendurkan sel otot polos, termasuk kandung kemih. Pembedahan juga bisa menjadi solusi untuk Anda dalam mengatasi masalah prostat.
  • Kehamilan
    Sering buang air kecil sering menyertai kehamilan. Mungkin tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mengurangi sering buang air kecil, terutama di masa kehamilan.
  • Sebaiknya Anda mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti teh, soda atau kopi, namun jangan mengurangi asupan cairan secara keseluruhan, karena penting untuk tetap menjaga kecukupan cairan saat hamil.

  • Stroke atau penyakit neurologis lainnya
    Tergantung pada penyebabnya, frekuensi kencing dapat diobati dengan obat atau terapi perilaku, seperti melatih kembali kandung kemih.|

  • Kanker Kandung Kemih
    Pengobatan untuk Kanker Kandung Kemih harus diarahkan oleh seorang ahli urologi. Ini mungkin melibatkan operasi, kemoterapi dan radiasi.

  • Sindrom Kandung Kemih Overaktif
    Pengobatan lini pertama untuk Sindrom Kandung Kemih yang terlalu aktif biasanya melibatkan pelatihan kembali kandung kemih. Perawatan juga dapat berupa pemberian obat-obatan.

  • Pemanis buatan, alkohol, kafein, dan makanan lainnya
    Hindari makanan dan minuman yang mengiritasi kandung kemih Anda atau minuman yang dapat membuat Anda terus merasa ingin buang air kecil.

Tindak lanjut apa yang mungkin diperlukan setelah pengobatan pada keluhan sering buang air kecil anda?

Masalah lanjutan pada keluhan sering buang air kecil harus dievaluasi oleh dokter Anda dan mungkin seorang spesialis saluran kemih. Jika obat-obatan direkomendasikan, ikuti instruksi yang diberikan oleh dokter Anda.

Laporkan masalah atau efek samping dari obat ke dokter Anda. Jika Anda disarankan untuk melakukan pelatihan kandung kemih atau memodifikasi diet Anda atau perubahan perilaku lainnya, ikuti semua instruksi dari dokter Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit