Mana Yang Lebih Sehat? Selai Kacang Atau Susu Cokelat?

Jika dibandingan dengan susu cokelat, sebenarnya manfaat tidak jauh beda. Susu coklat mengandung laktosa, gula alami yang ditemukan dalam susu dan produk susu lainnya.
Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mana Yang Lebih Sehat? Selai Kacang Atau Susu Cokelat?

Semua orang mengetahui bahwa susu sangat berguna bagi tulang. Susu kaya akan kalsium dan vitamin yang penting bagi pertumbuhan tulang terutama pada anak-anak dan memperkuat tulang pada orang dewasa. 

Tidak hanya bagi tulang, susu juga ada yang diperkaya akan protein yang dikhususkan bagi pembentukan otot para binaraga. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Lain halnya selai kacang. Banyak orang menyukai selai kacang karena rasanya yang enak, selai kacang cocok dijadikan pendamping pada sajian roti. Banyak produk selai kacang yang menawarkan kelezatan dan rasa yang enak dan membuat ketagihan. 

Dinilai dari sisi kesehatan, susu dan selai sama-sama memiliki komposisi kesehatan yang memadai bagi tubuh kita. Namun komposisi tersebut berbeda-beda sesuai dengan selera dan jenis produk yang akan disajikan. 

Mengenai selai kacang

Selai kacang adalah sajian favorit semua orang. Meskipun rasanya enak, banyak orang bertanya-tanya tentang manfaat kesehatan dari selai kacang.

Selai kacang mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan jantung seseorang dan meningkatkan kadar gula darah.

Selai kacang juga bisa dijadikan sebagai program diet atau bagi mereka yang sedang menambah berat badan selama latihan beban atau binaragawan. 

Apa saja nutrisi dalam selai kacang?

Selai kacang memberikan jumlah protein yang baik, bersama dengan vitamin dan mineral penting, seperti magnesium, kalium, dan zat besi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Dalam dua sendok sajian selai kacang mengandung:

  1. 7 gram protein 
  2. 57 mg magnesium 
  3. 100 mg fosfor 
  4. 1 mg zat besi 
  5. 4.3 mg niasin 
  6. 0,17 g vitamin B-6 

Meskipun selai kacang cukup kaya protein, kandungannya rendah dalam asam amino metionin esensial.

Protein legum jauh lebih rendah dalam metionin dan sistein dibandingkan dengan protein hewani.

Konsumsi terlalu banyak selai kacang tidak akan membangun kadar protein yang baik di dalam tubuh karena selai kacang rendah akan metionin. 

Di sisi lain, asupan metionin yang rendah juga telah dinilai memiliki beberapa manfaat kesehatan. 

Manfaat selai kacang

Manfaat selai kacang diantaranya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

1. Menurunkan berat badan 

Penelitian menunjukkan mengonsumsi selai kacang atau bahan kacang lainnya terbukti menurunkan berat badan. Tetapi ini harus diimbangi dengan diet sehari-hari di luar asupan selai. 

2. Meningkatkan kesehatan jantung 

Selai kacang kaya akan nutrisi seperti kandungan asam lemak Monounsaturated (MUFA), polyunsaturated (PUFA), niasin, dan magnesium. Dan vitamin E

Proporsi lemak tak jenuh (PUFA dan MUFA) terhadap lemak jenuh dalam makanan memainkan peran yang sangat penting dalam kesehatan jantung. 

Asupan kacang yang tinggi mungkin memiliki kaitan dengan berkurangnya risiko kematian akibat penyakit jantung atau penyebab lainnya. 

3. Menurunkan resiko kelainan payudara

Mengonsumsi selai kacang, terutama sejak usia muda, dapat mengurangi risiko kanker payudara mulai usia 30 tahun. 

Nutrisi dalam susu cokelat

Susu coklat adalah susu yang biasanya dicampurkan cokelat dan gula.

Ini sering dipromosikan sebagai cara yang bagus untuk pulih dari latihan dan alternatif yang baik untuk susu sapi biasa ketika mencoba meningkatkan asupan kalsium dan vitamin D anak-anak.

Susu coklat umumnya dibuat dengan mencampurkan susu sapi dengan kakao dan pemanis seperti gula atau sirup jagung fruktosa tinggi.

Susu cokelat lebih kaya karbohidrat dan kalori daripada susu tetapi sebaliknya mengandung tingkat nutrisi yang sama. 1 cangkir susu coklat mengandung

  1. 8 gram protein 
  2. 11 gram glukosa
  3. 6 gram lemak 
  4. 25% vitamin D
  5. 1% zat besi
  6. 10% kalsium 
  7. 100 mg potasium 

Manfaat utama susu cokelat 

Keuntungan yang didapat dari konsumsi susu cokeat diantaranya:

1. Penting bagi tulang 

Kalsium dalam susu mudah diserap. alasan utama mengapa susu secara konsisten dikaitkan dengan perkembangan tulang yang kuat pada anak-anak dan remaja. 

Susu juga kaya protein dan fosfor, serta sering diperkaya dengan vitamin D - yang semuanya merupakan nutrisi tambahan yang penting untuk membangun dan memelihara tulang dan gigi yang kuat

2. Memulihkan stamina setelah berolahraga

Susu coklat dapat membantu otot Anda pulih setelah latihan yang melelahkan.

Susu protein kaya karbohidrat dan protein sangat efektif untuk mengisi kembali gula, cairan, dan elektrolit yang hilang selama berolahraga. 

Ini menjadi alasan mengapa susu coklat sering dipromosikan sebagai minuman pemulihan yang baik setelah berolahraga. 

3. Menambah stamina 

Dengan jumlah vitamin dan mineral yang baik seperti vitamin C, susu coklat dapat memberikan asupanyang diperlukan sistem kekebalan tubuh untuk melindungi dari infeksi dan penyakit.

Manakah yang lebih sehat

Selai kacang meski pun baik, beberapa orang memiliki toleransi terhadap makanan tersebut karena beberapa orang memiliki alergi kacang-kacangan. Jadi ini dapat menimbulkan reaksi alergi yang tidak diinginkan. 

Selai kacang bisa menjadi pilihan sehat ketika orang menikmatinya sebagai bagian dari diet seimbang. Selai kacang kaya akan beberapa nutrisi, termasuk protein dan magnesium, yang dapat membantu melindungi jantung dan mengatur gula darah dan berat badan.

Jika dibandingan dengan susu cokelat, sebenarnya manfaat tidak jauh beda. Susu coklat mengandung laktosa, gula alami yang ditemukan dalam susu dan produk susu lainnya.

Banyak orang tidak dapat mencerna laktosa atau intoleransi laktosa yag menimbulkan gangguan perut seperti, kram, atau diare setiap kali mengonsumsi susu. 

Selain itu, beberapa orang alergi terhadap susu atau mengalami sembelit kronis saat mengonsumsinya. Terutama pada anak-anak. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Chocolate Milk: Nutrition, Calories, Benefits, and Downsides. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/chocolate-milk)
Is peanut butter good for you? Health benefits and nutrition. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323781.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app