7 Jenis Makanan yang Baik Untuk Penderita Anemia

Dipublish tanggal: Agu 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
7 Jenis Makanan yang Baik Untuk Penderita Anemia

Anemia adalah suatu kondisi medis ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah. Kondisi ini disebabkan oleh kehilangan darah, penghancuran sel darah merah, atau ketidakmampuan tubuh untuk membuat cukup sel darah merah.

Ada banyak jenis anemia. Salah satu jenis anemia yang paling umum adalah anemia defisiensi besi. Sel darah merah mengandung protein yang disebut hemoglobin. Hemoglobin berisi zat besi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tanpa zat besi yang cukup, tubuh Anda tidak dapat membuat hemoglobin yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah yang cukup untuk mengantarkan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh.

Kekurangan folat dan vitamin B12 juga dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk membuat sel darah merah. Jika tubuh Anda tidak dapat memproses vitamin B12 dengan benar, Anda mungkin mengalami anemia pernisiosa

Pola makan yang kaya akan zat besi dan vitamin B sangat penting jika Anda menderita anemia. Untuk lebih jelasnya, mari di simak artikel yang satu ini :

Rencana diet Anemia

Rencana perawatan anemia biasanya meliputi perubahan pola makan. Rencana diet terbaik untuk anemia meliputi makanan yang kaya akan zat besi dan vitamin lain yang penting untuk menjaga kadar hemoglobin dan produksi sel darah merah. 

Selain itu, makanan yang membantu tubuh Anda menyerap zat besi dengan lebih baik juga sangat penting untuk mencegah terjadinya anemia.

Ada dua jenis zat besi dalam makanan: zat besi heme dan zat besi non-heme. Zat besi heme ditemukan dalam daging, unggas, dan makanan laut. Zat besi non-heme ditemukan dalam makanan nabati dan makanan yang diperkaya zat besi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tubuh Anda dapat menyerap kedua jenis heme ini, tetapi tubuh lebih mudah menyerap zat besi heme.

Meskipun penanganan anemia tergantung pada kondisi spesifik masing-masing individu, secara umum seseorang membutuhkan 150 hingga 200 miligram zat besi setiap hari. 

Sulit untuk mendapatkan asupan zat besi sebanyak ini jika hanya mengandalkan makanan yang Anda makan setiap hari. Anda mungkin juga perlu mengkonsumsi suplemen zat besi untuk memenuhi kebutuhan zat besi Anda.

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak asupan zat besi dan membantu melawan anemia defisiensi besi:

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau, terutama yang berdaun gelap, adalah salah satu sumber zat besi non heme terbaik. Contohnya :

  • bayam
  • kubis
  • sejenis sawi

Beberapa sayuran hijau juga mengandung asam folat. Diet rendah asam folat dapat menyebabkan anemia defisiensi folat. Buah jeruk, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah sumber folat yang baik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sayuran hijau juga mengandung vitamin C yang dapat membantu tubuh Anda menyerap zat besi. Mengkonsumsi sayuran hijau dengan makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, paprika merah, dan stroberi, dapat meningkatkan penyerapan zat besi. 

Beberapa sayuran hijau adalah sumber zat besi dan vitamin C yang baik.

  • Daging dan unggas

Semua daging dan unggas mengandung zat besi heme. Daging merah adalah sumber zat besi heme terbaik. Unggas dan ayam memiliki jumlah zat besi heme yang lebih rendah. 

Mengonsumsi daging atau unggas dengan makanan besi nonheme, seperti sayuran hijau, dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

  • Hati

Banyak orang menghindari mengkonsumsi daging organ, tetapi mereka adalah sumber zat besi yang hebat. Hati bisa dibilang merupakan daging organ yang paling kaya akan zat besi dan folat. Beberapa daging organ lain yang kaya zat besi adalah jantung, ginjal, dan lidah sapi.

  • Makanan Laut

Beberapa makanan laut menyediakan zat besi heme. Kerang seperti tiram, kerang, dan udang adalah beberapa sumber makanan laut yang baik. Kebanyakan ikan mengandung zat besi yang cukup tinggi.

  • Kacang

Kacang adalah sumber zat besi yang baik untuk vegetarian dan pemakan daging. Mereka juga murah dan serbaguna. Beberapa jenis kacang yang me  ngandung tinggi zat besi meliputi :

  • kacang merah
  • buncis
  • kedelai
  • kacang polong bermata hitam
  • kacang pinto
  • kacang hitam
  • kacang polong
  • kacang lima
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Banyak jenis kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber zat besi yang baik. Beberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijian yang mengandung zat besi adalah:

  • biji labu
  • kacang mete
  • kacang pistasio
  • biji rami
  • kacang pinus
  • biji bunga matahari

Tidak ada makanan yang bisa menyembuhkan anemia. 

Tetapi mengkonsumsi makanan sehat secara keseluruhan yang kaya akan sayuran hijau gelap, kacang-kacangan dan biji-bijian, makanan laut, dan sumber protein hewani seperti daging dapat membantu Anda mendapatkan zat besi yang Anda butuhkan untuk mengelola dan mencegah terjadinya anemia.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Anemia: Best Diet Plan. Healthline. (https://www.healthline.com/health/best-diet-plan-for-anemia)
Diet plan for anemia: Best meals and foods for boosting iron. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322336.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Mana Yang Lebih Sehat? Selai Kacang Atau Susu Cokelat?
Mana Yang Lebih Sehat? Selai Kacang Atau Susu Cokelat?

Jika dibandingan dengan susu cokelat, sebenarnya manfaat tidak jauh beda. Susu coklat mengandung laktosa, gula alami yang ditemukan dalam susu dan produk susu lainnya.

Cara Meningkatkan Kepadatan Tulang
Cara Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kepadatan tulang dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti nutrisi, olahraga, usia, jenis kelamin, hormon, dan lain-lain. Berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan kepadatan tulang :

Buka di app