Kenali Penyebab Nyeri Tulang Ekor (Coccydynia)

Dipublish tanggal: Jul 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kenali Penyebab Nyeri Tulang Ekor (Coccydynia)

Coccydynia adalah rasa sakit yang dirasakan pada tulang ekor. Coccyx atau tulang ekor adalah tulang terakhir di bagian bawah tulang belakang (tulang ekor). 

Jika tulang ekor mengalami trauma atau terjadi peregangan tulang ekor atau otot dan ligamen di sekitarnya, Anda akan mengalami sensasi nyeri pada tulang ekor.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Dalam kebanyakan kasus, rasa sakit akan membaik selama beberapa minggu atau bulan, tetapi kadang-kadang rasa sakit bisa bertahan lebih lama dan akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan kegiatan setiap hari.

8 penyebab nyeri pada tulang ekor

Coccydynia terjadi ketika coccyx, atau jaringan di sekitarnya rusak. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan di pangkal tulang belakang Anda, terutama ketika duduk. 

Tulang ekor dapat rusak dengan berbagai cara, meskipun dalam kebanyakan kasus penyebabnya tidak dapat diidentifikasi.

Berikut adalah 8 penyebab utama coccydynia :

Melahirkan adalah salah satu penyebab coccydynia yang paling umum. Tulang ekor menjadi lebih fleksibel menjelang akhir masa kehamilan. Sehingga memungkinkan tulang ekor Anda, dan bagian tulang belakang di atasnya, menekuk sebagai persiapan jalan lahir ketika Anda melahirkan.

Kadang-kadang persalinan dapat menyebabkan otot dan ligamen (jaringan melar yang menghubungkan tulang) di sekitar tulang ekor Anda meregang berlebihan, sehingga dapat menyebabkan coccydynia.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1
  • Trauma

Benturan keras pada pangkal tulang belakang bisa menyebabkan trauma pada tulang ekor. Trauma pada tulang ekor bisa disebabkan akibat tendangan yang tidak disengaja saat melakukan olahraga kontak, atau terjatuh dengan posisi terduduk.

Dalam kebanyakan kasus, cedera tulang ekor biasanya hanya ditandai dengan luka memar yang parah. Tetapi pada cedera yang lebih parah, mungkin terjadi dislokasi (pergeseran) atau bahkan retak (fraktur).

  • Cedera akibat regangan berulang

Anda bisa menderita coccydynia jika Anda secara teratur menjalani olahraga seperti bersepeda atau mendayung. Hal ini disebabkan karena posisi tubuh yang terus condong ke depan dan meregangkan pangkal tulang belakang Anda.

Jika gerakan ini dilakukan berulang kali, otot dan ligamen di sekitar tulang ekor Anda bisa menjadi tegang dan meregang. Peregangan otot dan ligamen dapat menyebabkan kerusakan otot dan ligamen secara permanen. 

Jika hal ini terjadi, otot-otot tidak lagi dapat menahan tulang ekor Anda pada posisi yang benar, sehingga menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

  • Postur tubuh yang buruk

Duduk dalam posisi canggung untuk jangka waktu yang lama, seperti di tempat kerja atau saat mengemudi, dapat memberi terlalu banyak tekanan pada tulang ekor. Hal ini menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang akan bertambah buruk semakin lama Anda berada pada posisi ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29
  • Kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat memberikan tekanan berlebih pada tulang ekor Anda saat Anda duduk. Kondisi ini dapat menyebabkan coccydynia atau memperburuk coccydynia yang ada.

Anda juga dapat menderita coccydynia jika Anda sangat langsing. Jika ini masalahnya, Anda mungkin tidak memiliki cukup lemak pantat untuk mencegah tulang ekor Anda menggosok jaringan yang mengelilinginya.

Anda dapat menggunakan kalkulator indeks massa tubuh (IMT) untuk mengetahui apakah Anda memiliki berat badan yang sehat menurut tinggi badan Anda.

  • Penuaan

Seiring bertambahnya usia, bantalan tulang rawan (jaringan yang keras dan lentur) yang membantu menahan tulang ekor bisa rusak. Tulang yang membentuk tulang ekor juga bisa menjadi lebih rapat. 

Kondisi ini dapat memberikan lebih banyak tekanan pada tulang ekor, sehingga menyebabkan rasa sakit.

  • Infeksi

Pada kondisi yang jarang terjadi, infeksi dapat terjadi di pangkal tulang belakang atau jaringan lunak dan menyebabkan coccydynia, seperti abses pilonidal (kumpulan nanah yang biasanya berkembang di celah bokong).

Penyebab coccydynia yang kurang umum adalah kanker. Kanker yang menimbulkan nyeri pada tulang belakang bisa berasal dari kanker tulang atau kanker yang dimulai di tempat lain di dalam tubuh dan kemudian menyebar ke tulang (kanker metastasis).

Kapan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter?

Coccydynia biasanya akan membaik dengan sendirinya setelah beberapa minggu dengan beberapa perawatan sederhana. Namun Anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika : 

  • rasa sakit tidak membaik dalam beberapa minggu
  • perawatan di rumah sederhana tidak menghilangkan rasa sakit
  • rasa sakit yang sangat parah
  • mengalami pendarahan, demam atau rasa sakit yang menyebar dari tulang ekor

Dokter umum biasanya akan melakukan pemeriksaan skrining untuk memeriksa penyebab nyeri yang lebih serius, seperti infeksi atau patah tulang.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tailbone Pain (Coccydynia): Causes, Symptoms & Treatment. Cleveland Clinic. (https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10436-coccydynia-tailbone-pain)
Coccydynia (tailbone pain) - Causes. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/tailbone-pain-coccydynia/causes/)
Coccydynia: An Overview of the Anatomy, Etiology, and Treatment of Coccyx Pain. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3963058/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app