Dislokasi Pergelangan - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 23, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 304.262 orang

Dislokasi adalah cedera pada persendian yaitu sebagai tempat mana dua atau lebih tulang bersatu atau adanya tarikan pada kedua antar tulang dari posisi normalnya. Cedera berat  diantara tulang dapat merusak dan melumpuhkan sendi Anda.

Ada 8 tulang kecil di pergelangan tangan yang disebut skafoid, bulan sabit, triquetrum, pisiform, trapezium, trapesium, kapit dan bengkok Ketidakstabilan Carpal mewakili sekitar 7% hingga 10% dari semua cedera yang dilaporkan pada tulang karpal. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Mayoritas ketidakstabilan karpal berpusat di sekitar tengah pergelangan tangan. Cedera berkembang secara berurutan tergantung pada tingkat keparahannya, dari ketidakstabilan scapholunate ke dislokasi bulan sabit. Pergelangan tangan yang mengalami dislokasi ini disebabkan karena jatuh atau adanya riwayat trauma.

Jenis Dislokasi Pergelangan Tangan

Ada beberapa jenis dislokasi pergelangan tangan. Diantaranya: -Dislokasi anterior lunate. Tulang lunak yang berputar tanpa mempengaruhi tulang pergelangan -Dislokasi perilunate. Dislokasi Jenis ini melibatkan tulang bulan sabit dan tiga ligamen di sekitarnya. -Fraktur Galeazzi. 

Dislokasi Jenis ini melibatkan patah tulang jari-jari Anda dan dislokasi sendi radioulnar -Fraktur monteggia. Dislokasi ini disebabkan pada ulna dan dislokasi ujung jari

Apa yang menyebabkan Dislokasi Pergelangan?

Trauma atau cedera menjadi penyebab utama pada hampir semua kasus dislkokasi terutama dislokasi pergelangan. Sumber trauma itu berupa :

  • Dislokasi pergelangan akibat cedera olahraga seperti tabrakan atau benturan,
  • Disokasi akibat olahraga dengan dominasi lengan seperti tenis, basket, kiper sepak bola.
  • Cedera akibat beban berat atau olahraga beban seperti atlet binaraga
  • Riwayat cedera pada pergelangan akibat terkilir
  • Cedera akibat pekerjaan

Apa gejala yang ditimbulkan pada Dislokasi Pergelangan?

  • Gejala utama dari pergelangan tangan yang terkilir atau dislokasi adalah rasa sakit yang hebat yang biasanya terasa memburuk menggerakkan pergelangan tangan Anda ke atas dan ke bawah atau dari sisi ke sisi. Anda mungkin juga merasakan sakit di lengan Anda. Anda juga dapat memperhatikan hal-hal berikut di sekitar pergelangan tangan Anda:
  • Pembengkakan
  • Lunak
  • Kelemahan
  • perubahan warna atau memar
  • Jika tulang lunate Anda terlibat, itu mungkin  dapat menekan saraf di pergelangan tangan yang menyebabkan kesemutan atau mati rasa di jari-jari Anda.

Bagaimana cara mencegah terjadinya Dislokasi Pergelangan?

Menjaga keamanan diri dari cedera atau kecelakaan yang terjadi secara tidak langsung dapat menjadi pedoman sebagai pencegahan dislokasi. Pencegahan dengan melakukan pemanasan sebelum berolahraga, menata barang-barang berat yang ingin kita bawa, serta merawat cedera yang telah terjadi.

Jika Anda pikir Anda memiliki semacam cedera pergelangan tangan anad perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan menggerakkan pergelangan tangan dan menilai adanya rasa nyeri. membantu mereka menentukan ligamen dan tulang mana yang mungkin terlibat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Dokter Anda akan menilai kerusakan yang terjadi pada saraf, pembuluh darah, dan tendon pergelangan tangan. Dokter juga akan melakukan rontgen tangan untuk menentukan diagnosis.

Bagaimana cara mengobati Dislokasi Pergelangan?

Terapi pada dislokasi pergelangn terdiri dari 2 jenis:

    • Terapi bedah
    • Terapi nonbedah
    • Terapi fisik

    Dislokasi biasanya membutuhkan intervensi bedah. Cedera tersebut dapat menyebabkan kerusakan permanen dan perlu mencari pertolongan medis jika Anda merasa pergelangan tangan Anda terkilir atau menemukan gejala seperti memar, bengkak, kemerahan, dan nyeri. 

    Setelah operasi, dokter juga akan mamberikan terapi intervensi berupa pemasangan gips atau brace.

    Operasi mungkin membutuhkan waktu enam bulan hingga satu tahun untuk pulih sepenuhnya. Terlepas dari jenis perawatan yang Anda terima, Anda harus melakukan terapi fisik atau fisioterapi untuk memulihkan kembali kekuatan dan fleksibilitas di pergelangan tangan Anda. 

    Saat Anda pulih, cobalah untuk menghindari tekanan pada pergelangan tangan Anda jika memungkinkan.

    Latihan dan Pemulihan Setelah gips dilepas, latihan pemulihan atau fisioterapi juga menjadi fisioterapi. Cara Ini adalah bagian penting dari proses pemulihan karena pergelangan tangan Anda cenderung kaku karena trauma cedera dan masa imobilisasi. 

    FIsioterapi ini dapat memfokuskan diri pada pergelangan anda serta dapat memulihkan rentang gerak dan kemudian membangun proprioception dan stabilitas.

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
    Submit