Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kesehatan Fisik

Kenali Gejala Flu Dini

Update terakhir: NOV 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 949.620 orang

Kenali Gejala Flu Dini

Mendeteksi gejala awal flu dapat mencegah penyebaran virus dan mungkin membantu Anda mengobati penyakitnya sebelum menjadi lebih buruk. Gejala awal dapat meliputi:

  • kelelahan
  • tubuh terasa sakit dan menggigil
  • batuk
  • sakit tenggorokan
  • demam
  • masalah pencernaan

Ada juga gejala flu dini yang unik untuk anak-anak. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang semua gejala ini dan bagaimana Anda dapat menemukan penanganan awal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Kelelahan mendadak atau berlebihan

Hari-hari yang lebih pendek dan berkurangnya sinar matahari dapat membuat Anda merasa lelah, tetapi ada perbedaan antara kelelahan dan mengalami kelelahan ekstrem.

Tiba-tiba, kelelahan yang berlebihan adalah salah satu tanda awal flu, dan mungkin muncul sebelum gejala lainnya. Kelelahan juga merupakan gejala dari flu biasa, tetapi biasanya lebih parah dengan flu.

Kelemahan dan kelelahan yang ekstrem dapat mengganggu aktivitas normal Anda, jadi penting bagi Anda untuk membatasi aktivitas dan membiarkan tubuh beristirahat. Istirahat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu Anda melawan virus.

Tubuh terasa sakit dan kedinginan

Sakit badan dan kedinginan juga merupakan gejala flu biasa.

Jika Anda terserang virus flu, Anda mungkin keliru menyalahkan sakit tubuh pada hal lain. Sakit tubuh dapat bermanifestasi di mana saja di tubuh, terutama di kepala, punggung, dan kaki.

Menggigil juga dapat menyertai sakit tubuh dan flu dapat menyebabkan menggigil bahkan sebelum demam berkembang.

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Berfungsi melindungi sistem pencernaan & memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan saat diare, konstipasi, dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Gunakan selimut hangat dapat meningkatkan suhu tubuh dan mengurangi rasa kedinginan. Jika Anda memiliki sakit tubuh, Anda dapat minum obat penghilang rasa sakit, seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil, Motrin).

Batuk

Batuk yang terus-menerus dapat mengindikasikan penyakit awal dan mungkin merupakan tanda peringatan flu. Virus flu juga dapat menyebabkan batuk dengan mengi dan sesak dada. Anda mungkin batuk berdahak atau lendir, tetapi ini jarang terjadi pada tahap awal flu.

Jika Anda memiliki masalah pernapasan, seperti asma atau emfisema, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. Juga, hubungi dokter jika Anda melihat dahak berwarna. Komplikasi flu dapat termasuk bronkitis dan pneumonia.

Minum obat batuk atau obat sirup untuk menenangkan batuk. Selalu tutupi batuk Anda untuk mencegah penyebaran infeksi.

Sakit tenggorokan

Batuk terkait flu dapat dengan cepat menyebabkan sakit tenggorokan. Beberapa virus sebenarnya dapat menyebabkan tenggorokan bengkak tanpa batuk.

Pada tahap awal flu, tenggorokan Anda mungkin terasa gatal dan iritasi. Anda mungkin juga merasakan sensasi sakit ketika menelan makanan atau minuman. Jika Anda menderita sakit tenggorokan, kemungkinan akan semakin parah saat virus berkembang.

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Sediakan teh, sup ayam, dan cairan hangat yang bebas kafein untuk membantu Anda meringankan gejala. Anda juga bisa berkumur dengan air hangat, 1 sendok garam, dan 1/2 sendok soda kue untuk meringankan gejala sakit tenggorokan.

Demam

Demam adalah tanda bahwa tubuh Anda melawan infeksi. Demam terkait flu biasanya 100˚F (38˚C) atau lebih tinggi.

Sementara demam adalah gejala umum pada tahap awal flu, tidak semua orang dengan flu akan mengalami demam. Juga, Anda mungkin mengalami kedinginan dengan atau tanpa demam saat virus berjalan dengan sendirinya.

Acetaminophen dan ibuprofen keduanya merupakan penurun demam yang efektif, tetapi obat-obatan ini tidak dapat menyembuhkan virus.

Masalah pencernaan

Gejala flu dini dapat meluas di bawah kepala, tenggorokan, dan dada. Beberapa jenis virus dapat menyebabkan diare, mual, sakit perut, atau muntah.

Dehidrasi adalah komplikasi berbahaya dari diare dan muntah. Untuk menghindari dehidrasi, minumlah cairan secukupnya.

Gejala flu pada anak-anak

Virus flu juga menyebabkan gejala-gejala di atas pada anak-anak. Namun, anak Anda mungkin memiliki gejala lain yang memerlukan perhatian medis, termasuk:

  • tidak minum cukup cairan
  • menangis tanpa air mata
  • tidak bangun atau berinteraksi
  • tidak bisa makan
  • mengalami demam dengan ruam
  • mengalami kesulitan buang air kecil

Gejala darurat

Flu adalah penyakit progresif yang berarti bahwa gejalanya akan memburuk sebelum membaik. Tidak semua orang merespons hal yang sama terhadap virus. Kesehatan Anda secara keseluruhan dapat menentukan tingkat keparahan gejala Anda. Virus flu bisa ringan atau berat.

Cari perawatan medis segera jika Anda memiliki gejala berikut:

  • sakit dada
  • kesulitan bernafas
  • kulit dan bibir kebiruan
  • dehidrasi parah
  • pusing dan kebingungan
  • demam berulang
  • batuk memburuk

Pencegahan

Mendapatkan suntikan flu setiap tahun adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri sendiri. Vaksin flu direkomendasikan untuk semua orang yang berusia 6 bulan ke atas, termasuk wanita hamil.

Berikut adalah beberapa langkah pencegahan lainnya:

  • Hindari kontak dekat dengan orang sakit.
  • Tetap di rumah jika Anda sakit, terutama jika Anda demam.
  • Tutupi batuk Anda untuk melindungi orang lain.
  • Cuci tangan.
  • Batasi seberapa sering Anda menyentuh mulut atau hidung.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit