Makanan dan Diet Sehat

Makanan-Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Saat Flu

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 2 menit
Makanan-Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Saat Flu

Makanan untuk Melawan Flu

Bingung menentukan makanan yang baik dikonsumsi saat flu mendera? Sepuluh makanan berikut dapat membantu Anda untuk melawan flu :

Es Popsicle

Sebuah es krim popsicle dipercaya dapat menenangkan sakit pada tenggorokan Anda. Makanan ini juga dapat membantu Anda tetap terhidrasi, yang merupakan kunci ketika berjuang melawan flu. Mendapatkan cairan yang cukup dapat menjaga lendir tipis dan membantu mengurangi kemacetan. Carilah es loli yang terbuat dari 100 persen jus buah untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi penting dan tidak air gula. Buah seperti apel, anggur, atau stroberi sangat baik sebagai paduan.

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Sandwich Kalkun

Kalkun merupakan sumber protein dengan lemak yang baik, dan penting guna nutrisi padat. Meskipun Anda tidak menyukainya, memakan sandwich berisi kalkun dapat memberikan energy tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Tambahkan saus kegemaran untuk mendapatkan rasa yang menakjubkan.

Jus Sayuran

Membuat salad dan memakannya mungkin menjadi hal terakhir yang anda pilih saat proses penyembuhan flu. Coba ganti pilihan tersebut dengan segelas jus sayuran sodium rendah, maka Anda akan merasa tingkat kekebalan tubuh meningkat dan menjaga diri dari dehidrasi. Jika ingin yang lebih manis, jus buah murni dapat menjadi pilihan yang menyenangkan.

Sup Ayam

Terdapat beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa sup ini bergizi dan mampu membantu penyembuhan influenza. Penelitian menunjukkan  bahwa sup ayam mampu meningkatkan kemampuan silia (rambut-rambut halus pada hidung) untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus.

Bawang putih

Jika Anda suka, bawang putih dapatmenjadipilihan yang baik untuk membumbui makanan seperti sup. Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan kekebalan, merangsang dan dapat memberikan sedikit lega dari mampetnya hidung Anda.

Jahe

Sakit perut? Mual? Diare? Jahe adalah obat rumahan yangsering digunakanuntuk menenangkan penyakit flu. Beberapa penelitian menunjukkan jahe membantu untuk memerangi peradangan. Cobalah menambahkan jahe segar parut ke dalam makanan lain, atau sekedar olah jahe dengan air hangat.

Teh Panas

Teh hijau dan teh hitam menawarkan antioksidan guna melawan penyakit. Bahkan hanya dengan menghirup uapnya saja, mampet hidung dapat terasa ringan dengan segera. Tambahkan sesendok madu dan perasan lemon untuk membantu meredakan keseluruhan sakit tenggorokan Anda.

Pisang

Diiris, atau ditumbuk, pisang dapat dengan mudah dicerna oleh perut. Pisang dapat menjadi makanan pengganjal jika merasakan gejala seperti mual, muntah, dan diare, yang sering terjadi pada anak-anak dengan flu.

Roti Panggang

Roti dapat menjadi makanan pengganti disaat Anda sedang berjuang melawan penyakit. Roti panggang sangat nikmat disajikan dengan sup ayam dan dijamin dapat menahan lapar yang tertahan.

Minuman Pengganti Sarapan

Jika selera makan Andatelah kembali, untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi dan kalori yang tepat. Carilah minuman dengan setidaknya dengan 6gram protein rendah gula. Rasa stroberi dan cokelat semakin membuat Anda mendapatkan vitamin, nutrisi, dan kalori yang lebih.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What to eat when you have the flu: A recovery guide. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326306.php)
What to Eat When You Have the Flu and What to Avoid. Healthline. (https://www.healthline.com/health/what-to-eat-when-you-have-the-flu)
10 Foods to Eat When You Have the Flu. WebMD. (https://www.webmd.com/cold-and-flu/ss/slideshow-flu-foods)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app