ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

5 Tanda Anda Kemungkinan Terkena Kanker Ginjal

Dipublish tanggal: Jan 31, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 19, 2020 Waktu baca: 2 menit
5 Tanda Anda Kemungkinan Terkena Kanker Ginjal

Kanker ginjal merupakan kondisi saat sel-sel ginjal tumbuh dan berkembang secara abnormal hingga membentuk tumor. Karena letaknya jauh di dalam tubuh, cukup sulit untuk mengetahui gejala kanker ginjal bila hanya dengan melihat secara fisik atau dari luarnya saja. Bahkan kalau diperhatikan, gejala kanker ginjal mirip seperti infeksi saluran kencing (ISK) hingga gagal ginjal. Lalu, bagaimana cara mengetahuinya?

Berbagai tanda dan gejala kanker ginjal

Hampir semua kasus kanker ginjal muncul pertama kali di lapisan tabung (tubulus) ginjal. Sayangnya, kanker ini jarang sekali yang menimbulkan gejala di awal-awal kemunculannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Ciri-ciri kanker ginjal biasanya baru ditemukan melalui pemeriksaan yang justru ditujukan untuk alasan lain, misalnya memastikan gejala infeksi saluran kencing atau gagal ginjal.

Perhatikan, berikut 5 gejala kanker ginjal yang paling umum, yaitu:

1. Kencing berdarah

Hematuria atau kencing berdarah merupakan salah satu ciri-ciri kanker ginjal, tapi sering disalahartikan. Menurut Kidney Cancer Association, 40-50% orang akan mengalami hal ini saat terkena kanker ginjal.

Darah dalam urine bisa mengubah warna air kencing menjadi kecokelatan hingga kemerahan. Namun, ini juga bisa menjadi gejala infeksi ginjal atau kandung kemih, gagal ginjal, atau kista sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Kencing Berdarah yang Anda Alami

2. Sakit pinggang bawah

Semakin bertambahnya usia, setiap orang akan lebih sering mengalami sakit pinggang terutama bagian bawah. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh cedera muskuloskeletal atau degenerasi diskus yang rentan terjadi karena faktor usia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Namun, Anda perlu waspada jika sakit pinggang bawah tak kunjung membaik atau semakin parah. Sekitar 41% penderita kanker ginjal melaporkan gejala ini. 

Sensasi nyeri pinggang akibat kanker ginjal berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang mengalami nyeri ringan, tapi ada juga yang merasa seperti ditusuk di salah satu sisi pinggang dekat rusuk.

3. Muncul benjolan di sekitar perut

Massa atau benjolan yang muncul di bagian perut, pinggang, atau punggung bisa menjadi salah satu gejala kanker ginjal. Benjolan ini biasanya terasa keras, tebal, dan menonjol di bawah kulit.

Sayangnya, benjolan tanda kanker ginjal ini sulit dirasakan di awal-awal kemunculannya. Penderita pun mungkin tidak melihat atau merasakan benjolannya sebelum disertai gejala lain.

4. Anemia dan kelelahan

Kelelahan merupakan gejala umum dari semua jenis kanker, terutama selama pengobatan. Kelelahan akibat kanker berbeda dengan rasa lelah yang menghampiri saat Anda kurang tidur atau banyak beraktivitas.

Sekitar 21% penderita kanker ginjal juga mengalami anemia. Hal ini terjadi karena ginjal semestinya bertugas memberikan sinyal bagi tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Namun, karena adanya kanker yang tumbuh di ginjal, maka proses pembentukan sel darah merah jadi kacau sehingga memicu anemia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

5. Berat badan turun tiba-tiba

Ganasnya pertumbuhan tumor di ginjal bisa membuat berat badan turun secara tiba-tiba dan cukup drastis. Penderita juga akan kehilangan nafsu makan, sehingga berat badannya terus menurun.

Baca Selengkapnya: Berat Badan Turun Tanpa Sebab? Cek Gejala Ini

Bila tidak segera ditangani, sel-sel kanker yang semula muncul di ginjal dapat menyebar hingga ke bagian tubuh lainnya. Di tahap ini biasanya akan muncul gejala lainnya berupa:

Setiap penderita dapat mengalami keparahan gejala yang berbeda-beda, tergantung sejauh mana penyebaran kankernya. Maka itu, waspadai berbagai gejala kanker ginjal di atas dan segera periksakan diri ke dokter guna memastikan penyebabnya.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
American Cancer Society. Kidney Cancer Signs and Symptoms. (https://www.cancer.org/cancer/kidney-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-and-symptoms.html). 1 Februari 2020.
WebMD. Understanding Kidney Cancer. (https://www.webmd.com/cancer/understanding-kidney-cancer#1). 14 Maret 2019.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app