Pengobatan

15 Pilihan Obat Nyeri Tulang di Apotek dan Alami

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Sep 8, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 6 menit
15 Pilihan Obat Nyeri Tulang di Apotek dan Alami

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Nyeri tulang adalah rasa nyeri yang berlebih pada satu atau lebih tulang, umumnya muncul setiap saat baik saat bergerak atau tidak.
  • Penyebab nyeri tulang meliputi cedera, kanker metastatik, kekurangan mineral, kanker tulang, infeksi, leukemia, hingga penyakit tertentu.
  • Obat nyeri tulang yang bisa didapatkan di apotek antara lain paracetamol, ibuprofen, hingga suplemen nutrisi. Sebaiknya konsultasikan lebih lanjut pada dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.
  • Ada sejumlah bahan alami yang disebut-sebut dapat membantu meredakan sakit tulang, yakni bunga dandelion, akar beluntas, akar sembung, hingga lengkuas.
  • Konsumsi jahe juga efektif merngatasi rematik dan osteoporosis. Minumlah wedang jahe hangat sebanyak 3 kali sehari agar lebih efektif khasiatnya.
  • Perbaiki juga pola hidup Anda sehari-hari, contohnya dengan aktif bergerak, terapi, dan mengubah posisi tidur. Hal ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan Anda.
  • Klik untuk mendapatkan obat tulang, tulang, dan sendi di rumah Anda melalui HDMall. Gratis ongkir ke seluruh Indonesia dan bisa COD.
  • Temukan dan booking ragam paket fisioterapi untuk mengatasi masalah tulang Anda di HDMall.

Nyeri tulang adalah rasa nyeri yang berlebih pada satu atau lebih tulang. Nyeri ini berbeda dengan nyeri otot dan sendi karena muncul setiap saat, baik saat bergerak atau tidak. Rasa nyeri tersebut biasanya terkait dengan penyakit yang memengaruhi fungsi atau struktur tulang. Penyebabnya pun macam-macam, mulai dari cedera hingga penyakit yang lebih parah seperti kanker.

Berangkat dari situ, pertanyaannya tentu satu: Adakah obat yang bisa meredakan gejala nyeri tulang secara efektif? 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kabar baiknya, nyeri tulang bukannya tidak bisa diatasi sama sekali. Bahkan rasa sakit ini bisa diredakan dengan menggunakan obat-obatan alami. 

Simak ulasan berikut untuk mengetahui obat-obat apa saja, sih, yang ampuh untuk meredakan nyeri tulang. Siapa tahu ada pilihan obat yang bisa dipertimbangkan untuk meredakan nyeri tulang yang selama ini mengganggu Anda.

A. Obat-obatan Kimiawi

1. Paracetamol

Paracetamol yang merupakan obat kimiawi yang sering digunakan untuk mengatasi demam dan nyeri ringan, seperti sakit kepala, nyeri haid, nyeri sendi, dan sakit gigi. Karena efektivitasnya dalam mengatasi rasa sakit, Paracetamol cukup membantu untuk meredakan nyeri tulang yang ringan.

2. Ibuprofen

Ibuprofen termasuk dalam obat anti-inflamasi non steroid. Obat ini berfungsi untuk meredakan rasa nyeri seperti nyeri tulang, nyeri haid, sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, atau arthritis. Selain meredakan nyeri, Ibuprofen dapat diandalkan untuk mengurangi proses peradangan pada tulang.

3. Suplemen Nutrisi

Penderita osteoporosis perlu meningkatkan kadar kalsium dan vitamin D dalam asupan harian mereka. Dokter biasanya akan memberi Anda suplemen nutrisi untuk mengatasi kekurangan mineral dalam tubuh.

Suplemen tersebut tersedia dalam bentuk cair, pil, atau tablet. Tentu saja ini bukanlah obat untuk meredakan nyeri, melainkan asupan untuk membangun kekuatan tulang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Otot, Tulang dan Sendi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 14
Ketiga obat nyeri tulang di atas dapat Anda dapatkan di apotek tanpa perlu resep dokter. Sementara, obat-obatan di bawah ini hanya bisa didapat dengan resep atau rekomendasi dokter.

4. Kodein

Kodein merupakan jenis obat golongan opiat yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai nyeri, diare, batuk, dan gangguan pada usus besar. Kodein juga bisa digunakan sebagai obat nyeri tulang parah dan biasanya dikombinasikan dengan paracetamol.

5. Obat antidepresan

Obat antidepresan digunakan apabila obat nyeri tulang yang diberikan sebelumnya tidak efektif untuk menghilangkan rasa nyeri. Intinya, obat ini digunakan untuk memanipulasi persepsi otak sehingga tidak merasakan nyeri pada tubuh.

Obat antidepresan yang biasanya diberikan dokter untuk penderita nyeri tulang adalah amitriptilin dengan dosis rendah.

6. Didronel

Didronel merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi osteoporosis pada wanita setelah menopause. Wanita yang telah menopause akan lebih rentan untuk terkena osteoporosis yang merupakan salah satu penyebab nyeri tulang.

Selain itu, didronel dapat digunakan untuk mengatasi gangguan regenerasi pada tulang (Paget's disease), memperbaiki kepadatan tulang dengan cepat, dan mencegah patah tulang.

7. Antibiotik

Antibiotik merupakan salah satu obat yang sering direkomendasikan untuk mengobati nyeri tulang yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Antibiotik berperan dalam membunuh bakteri-bakteri penyebab infeksi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Beberapa jenis antibiotik yang sering digunakan adalah ciprofloxacin, clindamycin, dan vankomisin.

Baca Juga: Jenis-jenis Golongan Antibiotik dan Fungsinya

8. Bifosfonat

Nyeri tulang akibat kanker tulang memang sulit diobati. Dokter biasanya memberikan biosfonat sebagai pengobatan selain kemoterapi dan radiasi. Terlebih, radiasi juga dapat meningkatkan nyeri tulang.

Bifosfonat adalah obat nyeri tulang yang dapat membantu mencegah kerusakan tulang dan meredakan nyeri pada penderita kanker tulang metastatik.

9. Operasi

Operasi mungkin diperlukan untuk mengangkat bagian tulang yang telah mati akibat infeksi. Pembedahan juga bisa dilakukan untuk mengatur ulang tulang yang patah dan menghilangkan jaringan tumor atau kanker.

Pembedahan rekonstruktif dapat dilakukan apabila terjadi kerusakan tulang yang parah sehingga persendian harus diganti.

Baca Juga: Apa Perbedaan Nyeri Tulang dan Nyeri Sendi?

B. Obat-obatan Alami

Daftar obat nyeri tulang di atas merupakan obat yang terbukti ampuh dan sering diresepkan oleh dokter. Beberapa obat-obatan alami di bawah ini memang bisa membantu. Yang perlu diperhatikan, tentu saja efektivitasnya dalam meredakan nyeri tulang masih memerlukan pembuktian lebih lanjut.

1. Bunga dandelion

Yak, betul. Bunga dandelion. Anda tidak salah baca. Bunga dandelion bisa digunakan untuk membantu meredakan nyeri tulang. Bunga yang menyerupai rumput liar ini dapat untuk tumbuh di mana saja sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah.

Bunga dandelion mengandung banyak kalsium yang mampu menjaga kesehatan tulang. Kalsium sangat berperan dalam mencegah pengeroposan dan membantu memadatkan tulang.

Cara menggunakan bunga dandelion sebagai obat nyeri tulang adalah:

  • Siapkan 10 gram daun dandelion;
  • Setelah itu, cuci bersih daun tersebut dan kukus selama 3 menit;
  • Kemudian, kunyah dan telan daun dandelion tersebut;
  • Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah pengobatan ini secara teratur sebanyak 3 kali sehari.

2. Jahe

Jahe merupakan obat alami yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya adalah nyeri tulang. Jahe sudah lama dikenal sebagai obat nyeri tulang yang juga efektif untuk mengatasi rematik dan osteoporosis.

Cara menggunakan jahe sebagai obat nyeri tulang adalah:

  • Anda dapat mencampurkan jahe ke dalam berbagai menu masakan;
  • Alternatif lainnya, yaitu dengan meminum wedang jahe hangat dengan sedikit gula. Minumlah wedang jahe tersebut sebanyak 3 kali sehari agar lebih efektif khasiatnya.

3. Lidah buaya

Lidah buaya selama ini dikenal sebagai tumbuhan yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut. Ternyata tumbuhan yang satu ini juga dapat digunakan sebagai obat nyeri tulang.

Hal tersebut dikarenakan lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat mengatasi penyakit rematik. Cara mengolah lidah buaya sebagai obat nyeri tulang adalah:

  • Ambil 1 buah lidah buaya;
  • Kemudian, cuci lidah buaya tersebut hingga bersih;
  • Lalu, belah menjadi dua bagian sampai bagian putihnya terlihat;
  • Ambil dagingnya atau bagian putih tersebut. Setelah itu, haluskan dengan blender atau juicer dengan tambahan 1 gelas air;
  • Minumlah jus lidah buaya sebanyak 1 kali sehari secara teratur.

Jika dikonsumsi secara teratur, lidah buaya dapat membantu meredakan nyeri tulang, meningkatkan sistem imun, dan mencegah terjadinya inflamasi (peradangan).

4. Akar beluntas

Selama ini banyak orang yang menggunakan akar beluntas sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit tulang. Akar beluntas dipercaya mampu meredakan nyeri tulang, rematik, sakit pinggang, dan nyeri sendi.

Cara menggunakan akar beluntas sebagai obat nyeri tulang adalah:

  • Siapkan akar beluntas yang sudah dikeringkan;
  • Cuci akar beluntas hingga bersih;
  • Rebus menggunakan segelas air dan tunggu hingga mendidih;
  • Minum air rebusan setiap hari untuk membantu meredakan nyeri tulang;

5. Lengkuas

Lengkuas juga dapat digunakan sebagai obat nyeri tulang. Bumbu dapur yang satu ini sudah sering digunakan untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan, termasuk nyeri tulang. Berikut cara menggunakan lengkuas sebagai obat nyeri tulang alami:

  • Siapkan 2 buah rimpang lengkuas dan cuci hingga bersih;
  • Kemudian, potong kecil-kecil rimpang lengkuas tersebut;
  • Parut potongan lengkuas tersebut dan peras menggunakan kain;
  • Air perasannya dapat digunakan sebagai miyak oles atau pijat;
  • Pijatlah bagian yang terasa nyeri dengan perlahan menggunakan sari lengkuas tersebut;
  • Lakukanlah sesering mungkin hingga rasa nyeri pada tulang menghilang.

6. Akar sembung

Manfaat akar sembung untuk meredakan nyeri tulang mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Terlebih, bagian daun akar sembunglah yang biasanya digunakan sebagai obat alami. 

Nah, sebelum menggunakan akar sembung sebagai obat nyeri tulang, catat baik-baik bahwa akar sembung biasanya dicampur dengan sejumlah bahan herbal lain supaya bisa bekerja dengan efektif. Perhatikan cara penggunaannya di bawah ini.

  • Siapkan 30 gram akar sembung dan 60 gram daun gandarusa, lalu cuci hingga bersih;
  • Potong kecil-kecil kedua bahan tersebut;
  • Rebuslah menggunakan 3 gelas air dan tunggu hingga mendidih;
  • Setelah mendidih, sisakan air rebusannya menjadi satu gelas saja;
  • Minumlah air rebusan tersebut pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

C. Pola hidup sehat

Selain obat kimia dan obat herbal yang telah disebutkan di atas, ada beberapa pola hidup bisa diterapkan untuk meredakan nyeri tulang. Kabar baiknya, pola hidup ini juga bisa mencegah serangan nyeri tulang datang kembali. Seperti apa, simak ulasan di bawah ini.

1. Aktif bergerak

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri tulang adalah dengan aktif bergerak. Jika tubuh tidak terbiasa untuk aktif bergerak, tulang akan terasa nyeri dan kaku sehingga saat digunakan bergerak justru semakin nyeri.

2. Terapi

Saat ini ada banyak sekali metode terapi yang dapat menyembuhkan nyeri tulang. Namun, Anda dapat melakukan terapi ala rumahan ini sendiri. 

  • Siapkan handuk lembut dan satu baskom air dingin;
  • Celupkan handuk tersebut pada air dingin yang sudah disediakan;
  • Tempelkan pada bagian yang terasa nyeri;
  • Lakukan terapi tersebut sesering mungkin hingga rasa nyeri pada tulang menghilang.

3. Ubah posisi tidur

Kebiasaan posisi tidur yang salah dapat menyebabkan tulang punggung terasa nyeri. Oleh sebab itu, penting untuk mengubah posisi tidur untuk mendukung penyembuhan Anda.

Untuk mendapatkan posisi tidur yang baik, Anda dapat tidur menyamping. Angkat kaki sedikit ke arah dada, lalu tempatkan bantal di antara kedua kaki Anda. Posisi tidur seperti ini dapat membantu mengembalikan bentuk tulang punggung pada posisi normalnya.

Sejumlah obat dan pola hidup di atas dapat membantu meredakan nyeri tulang. Nah, jika nyeri pada tulang tak kunjung reda, jangan tunda-tunda untuk memeriksakan diri ke dokter.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
A Joint Effort: A Provider's Guide To Orthopedic Pain Options. Drugs.com. (https://www.drugs.com/slideshow/orthopedic-pain-options-1258)
11 effective home remedies for arthritis. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324446.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app