10 Cara Untuk Mencegah Terjadinya Batu Ginjal

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
10 Cara Untuk Mencegah Terjadinya Batu Ginjal

Terjadinya pengkristalan asam urat menjadi batu ginjal merupakan masalah kesehatan yang sangat bisa dicegah dengan penyesuaian gaya hidup yang dilakukan sedini mungkin. Bahkan, saat batu ginjal sudah terlanjur dialami sekalipun. 

Cara Mencegah Batu Ginjal

  1. Minum banyak air, terutama bagi Anda yang tinggal di daerah tropis seperti di Indonesia. Keringat yang banyak keluar membuat tubuh banyak kehilangan cairan tubuh sehingga tidak banyak air seni yang dibuang dari dalam tubuh. Karena menumpuk di dalam tubuh, mineral penyebab batu ginjal lalu mengendap di dalam nephron ginjal dan saluran kencing. Minum banyak air dapat mencegah mengendapnya mineral di dalam ginjal dan menstimulasi buang air kecil.
  2. Minum minuman yang menyehatkan, seperti air kelapa dan air perasan lemon yang murni. Di dalam air kelapa, terdapat 94% kandungan air yang baik untuk mencegah batu ginjal karena kandungan mineral seperti potasiummagnesium dan mangan. Sementara itu, air lemon sendiri mengandung asam citric yang bisa membantu mencegah pengkristalan mineral kalsium dalam ginjal.
  3. Pilihlah makanan yang baik untuk tubuh Anda, terutama untuk ginjal. Konsumsi makanan yang mengandung oksalat, seperti yang ada di dalam kacang-kacangan, biji-bijian, legumes, cokelat dan minuman seperti teh. Konsumsi sayuran seperti bayam, akar bit dan ubi jalar. 
  4. Konsumsi lebih banyak makanan dan minuman berbahan dasar susu. Menurut penelitian, mengonsumsi 3 hingga 4 sajian yogurt atau susu rendah lemak atau bebas lemak dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal karena kekayaan kalsiumnya yang membantu mengikat oksalat dari makanan lain.
  5. Batasi konsumsi makanan laut dan daging-dagingan karena banyaknya kandungan purin di dalamnya. Tingginya kadar purin dapat meningkatkan produksi asam urat dan menyebabkan penumpukannya di dalam ginjal membatu.
  6. Kurangi konsumsi garam dengan menakar garam serta asupan sodium yang diterima tubuh setiap harinya. Kadar sodium yang tinggi dapat menyebabkan pelepasan kalsium di dalam urin yang berlebihan. Kalsium ini dapat menempel pada oksalat, menyebabkan pembentukan batu ginjal.
  7. Jaga berat badan tetap ideal. Menderita kelebihan berat badan juga memperbesar risiko mengalami batu ginjal. Kurangi kelebihan berat badan dengan diet dan olahraga secara seimbang, jangan melakukan diet kilat yang ekstrem karena dapat terjadi malnutrisi.
  8. Kenali seberapa tingginya risiko Anda mengalami batu ginjal, yang mungkin disebabkan oleh konsumsi obat-obat macam protease inhibitrs, antiobiotik serta obat-obatan pencahar. Riwayat pernah mengalami batu ginjal juga dapat membuat Anda lebih berisiko kembali mengalami batu ginjal.
  9. Jangan menahan keluarnya air seni terlalu lama. Jika muncul dorongan ingin buang air kecil, segeralah kosongkan kandung kemih agar tidak terjadi pengendapan dan air seni yang keluar menjadi tidak tuntas. Menahan diri untuk tidak buang air kecil dapat menyebabkan akumulasi dan kristalisasi yang berlangsung dari waktu ke waktu sehingga batu ginjal terbentuk. 
  10. Hindari kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok. Kontrol hormonal dalam tubuh dapat terganggu akibat dua kebiasaan buruk tersebut dan akhirnya mulai mempengaruhi fungsi ginjal.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
8 Natural Remedies to Fight Kidney Stones at Home. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/kidney-stone-remedies)
The kidney stone diet: Foods to include and avoid. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319382.php)
Kidney Stone Prevention: How To Prevent Kidney Stones. WebMD. (https://www.webmd.com/kidney-stones/understanding-kidney-stones-prevention)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app