Deteksi Ciri-Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening

Dipublish tanggal: Jul 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Deteksi Ciri-Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening

Salah satu bagian dari sistem pertahanan tubuh manusia adalah kelenjar getah bening. Kelenjar ini memiliki bentuk bulat dengan ukuran sekitar 1 cm dan berperan sebagai penyaring cairan limfa. 

Selain itu, kelenjar ini juga mempunyai fungsi yang hampir sama dengan darah, yaitu mengaliri bagian organ tubuh yang lain. Kelenjar getah bening terdapat diseluruh tubuh Anda dan tidak dapat diraba. Tetapi, kelenjar bening yang berada di area seperti leher, ketiak, sela paha, dan bawa dagu dapat diraba. 

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Meskipun tidak terasa nyeri dan tidak membesar, kelenjar getah bening dapat menjadi berbahaya apabila mengalami gangguan. Gangguan yang terjadi pada kelenjar getah bening dapat menyebabkan kanker

Kanker kelenjar getah bening adalah salah satu jenis kanker ganas yang menyerang sistem sirkulasi yang berfungsi mengalirkan limfa atau getah bening dalam tubuh. 

Sistem ini disebut juga dengan sistem limfatik yang merupakan bagian penting dari sistem pertahanan tubuh yang berperan membuat pertahanan untuk melawan infeksi maupun kanker. 

Kanker getah bening disebabkan oleh infeksi dari berbagai organisme, seperti bakteri, virus, protozoa, riketsia atau jamur. Virus yang menyerang seperti Varicella Zoster (virus yang menyebabkan cacar air), HIV (virus yang menular pada penderita AIDS), Herpes Simplex (virus yang menyebabkan penyakit herpes, dan virus flu yang menyebabkan influenza). Infeksi akan tersebar ke kelenjar getah bening melalui infeksi kulit, telinga, hidung, atau amat. 

Untuk mewaspadai kanker kelenjar getah bening, ada baiknya Anda mengetahui gejala kanker ini agar dapat mengetahui cara pencegahannya. Semakin tinggi stadium kanker yang dialami, maka akan sulit juga pengobatannya. 

Oleh karena itu, dengan mengetahui gejalanya, Anda dapat melakukan pengobatan dengan cepat pula. Gejala umum kanker kelenjar getah bening meliputi: 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Gejala diatas bisa saja berbeda yang apa yang dialami oleh penderita karena terdapat beberapa jenis kanker kelenjar getah bening, yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin. Berikut ini gejala kanker kelenjar getah bening tergantung pada jenisnya. 

Ciri -ciri kanker kelenjar getah bening Hodgkin

Tetaplah waspada akan kanker kelenjar getah bening. Mungkin Anda merasa bahwa Anda berada dalam kesehatan sehat, namun bisa saja Anda mengalami beberapa gejala, seperti kelenjar getah bening yang membesar pada leher, ketiak atau selangkangan; demam yang disertai kedinginan dan menggigil, rasa lelah yang berlebihan tanpa alasan yang jelas; berat badan berkurang 5 hingga 10 persen setiap bulan; kehilangan selera makan; muncul ruam dan gatal-gatal yang menimbulkan benjolan pada kulit; sensitif terhadap alkohol. 

Untuk gejala yang terakhir, seseorang yang terdeteksi mengalami kanker kelenjar getah bening akan merasa sakit setelah mengkonsumsi alkohol. 

Ciri -ciri kanker kelenjar getah bening non-Hodgkin

Kanker getah bening non-Hodgkin ditandai dengan adanya pembengkakan kelenjar getah bening di beberapa bagian tubuh seperti leher, ketiak dan selangkangan; pembengkakan di perut yang disertai rasa sakit; menurunnya nafsu makan; nyeri dada; sesak napas atau batuk; demam; berkeringat di malam hari; dan kekurangan sel darah merah

Saat kanker kelenjar getah bening memasuki stadium awal, sel kanker akan menimbulkan bengkak atau benjolan yang terdapat di bagian leher, ketiak dan pangkal paha, Apabila Anda mengalami beberapa gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan dan mendapat penanganan sebelum mengakibatkan hal-hal yang lebih buruk. 

Seringkali, penderita kanker getah bening tidak menunjukkan gejala atau ciri-ciri yang khas, sehingga penting untuk melakukan pemeriksaan. Untuk mengetahui kanker kelenjar getah bening, pemeriksaan medis biasanya dilakukan dengan metode eksisional ataupun insisional biopsi. Selain itu, tes darah juga dapat dilakukan yang bertujuan untuk mengetahui jumlah sel darah putih

Dengan belum ditemukannya obat yang dinyatakan efektif dan mampu untuk mengobati kanker kelenjar getah bening, maka sangat penting untuk mengenali ciri-ciri kanker getah bening agar segera mendapatkan pengobatan yang tepat. Anda akan menjalani operasi yang menyakitkan apabila terdapat sel kanker getah bening dalam tubuh Anda. 

43 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Superficial Glandular Tuberculosis. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1962129/)
Lymphoma: Definition, Diagnosis, Symptoms, Causes, and Treatment. Healthline. (https://www.healthline.com/health/lymphoma)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app