Herpes Genital - Tanda, Penyebab, Gejala, Cara Mengobati

Dipublish tanggal: Mar 4, 2019 Update terakhir: Nov 7, 2020 Tinjau pada Agu 5, 2019 Waktu baca: 3 menit

Pernahkah Anda mendengar penyakit herpes genital ? Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang sekitar kelamin seseorang dimana dapat menyerang bagi setiap pria maupun. Selain itu, penyakit ini juga dapat menular dengan mudah sehingga Anda perlu waspada.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena bagi Anda yang yang belum mengetahui tentang penyakit ini maka Anda dapat mengetahui tentang jenis penyakit yang menyerang sekitar kelamin ini. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui berbagai faktor yang menyebabkan penyakit ini.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apa Itu penyakit Herpes Genital?

Herpes genital merupakan sebuah infeksi yang dengan mudah menular secara seksual pada seorang pria maupun wanita serta biasanya dapat menyebar melalui hubungan seks oral dengan orang yang terinfeksi. 

Penyakit kelamin ini juga dapat ditularkan kepada bayi yang baru saja lahir pada saat kehamilan jika ibu dari yang bayi tersebut memiliki penyakit tersebut di area kemaluannya.

Penyakit herpes genital ini dapat menyebabkan rasa gatal maupun luka di sekitar daerah genital milik Anda. Selain itu, datangnya penyakit ini tidak memiliki tanda-tanda maupun berbagai gejala sebelumnya. Jika seseorang terinfeksi penyakit kelamin ini maka seseorang yang terinfeksi penyakit ini dapat menular kepada orang lain jika tidak ada luka yang terlihat sama sekali.

Bahkan, hingga saat ini obat untuk menyembuhkan penyakit yang menyerang di daerah kelamin ini sendiri belum ditemukan. Akan tetapi, ada berbagai macam obat-obatan yang dapat membantu seorang penderita penyakit herpes genital untuk meringankan dan juga mengurangi resiko terjadinya penularan atau infeksi penyakit ini kepada orang lain.

Anda dapat konsultasi kepada dokter untuk dapat dibuatkan resep obat antiviral (acyclovir) yang berbentuk pil atau salep yang nantinya mampu mempercepat penyembuhan peradangan

Untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan maka Anda juga dapat meminta kepada dokter untuk meresepkan obat pereda nyeri. Apabila kambuh maka dapat diberikan acyclovir, valcyclovir maupun famciclovir.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kulit via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 6

Faktor Penyebab Herpes Genital

Secara spesifik penyebab penyakit kelamin ini disebabkan oleh virus yang bernama herpes simplex virus-2 (HSV-2) meskipun herpes simplex virus-1 (HSV-1) ini merupakan sebab terbanyak yang menyebabkan penyakit kelamin ini. Virus seperti ini mampu menyebar dengan mudah melalui pasangan yang sudah terinfeksi dimana ia tidak memiliki luka apapun.

Ada dua jenis virus yang menyebabkan penyakit kelamin yakni yang pertama ialah herpes simplex virus-1 (HSV-1). Virus jenis ini menyebabkan luka dingin di sekitar mulut. Virus ini dapat dengan mudah menyebar melalui kontak antar kulit walaupun dapat menyebar ke area genital yang Anda miliki selama seks oral. Kekambuhan dari virus ini lebih jarang dibandingkan  herpes simplex virus-2 (HSV-2).

Virus yang kedua ialah HSV atau herpes simplex virus-2. Virus dengan tipe ini dapat menyebar melalui kontak seksual maupun kontak dari kulit ke kulit. Virus HSV-2 ini merupakan virus yang sangat umum dan menjadi penyebab utama dari penyakit kelamin ini baik Anda terbuka maupun tidak.

Dikarenakan virus ini dapat mati secara cepat di luar tubuh manusia makan bukan hal yang tidak mungkin jika virus ini dapat tersebar dengan cara lain. Cara lain virus ini menyebar ialah melalui kontak dengan berbagai peralatan atau benda yang telah dipakai oleh orang yang telah terinfeksi seperti handuk, selimut maupun berbagai benda yang lain.

Selain itu, penyakit ini dapat menyebabkan kekambuhan. Kekambuhan yang terjadi biasanya disebabkan oleh beberapa hal diantaranya seseorang yang sedang mengalami stres, menjalani pembedahan, menstruasi dan juga melakukan hubungan secara seksual yang berlebihan hingga menyebabkan kelelahan.  

Pencegahan dan Penanganan

Nah, untuk mencegah penyakit kelamin ini maka Anda melakukan berbagai hal seperti jangan melakukan sebuah hubungan seksual dengan seseorang yang memiliki peradangan di daerah kemaluannya, saat melakukan hubungan seksual maka ada baiknya selalu gunakan kondom dan juga lakukan pembatasan jumlah pasangan seksual yang Anda miliki.

Selain dengan melakukan berbagai hal tersebut, Anda juga bisa mengonsumsi obat antiviral. Obat antiviral ini tentunya dapat membantu Anda untuk mengurangi penyebaran virus HSV ini supaya tidak menular kepada orang lain meskipun tidak mengeliminasi resiko.


12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
WebMD (2018). 10 Ways to Reduce the Risk for Genital Herpes (https://www.webmd.com/genital-herpes/reduce-risk)

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app