Depakote: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Apr 14, 2019 Update terakhir: Agu 3, 2020 Waktu baca: 5 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Depakote adalah obat yang digunakan untuk mengobati gangguan kejang, kondisi kejiwaan tertentu (fase manic pada gangguan bipolar), dan untuk mencegah sakit kepala migrain. 
  • Depakote digunakan secara oral (melalui mulut) seperti yang diarahkan oleh dokter. Konsumsi bersamaan dengan makanan jika mengalami gangguan perut.
  • Jika Depakote digunakan untuk kejang, jangan berhenti meminumnya tanpa berkonsultasi dengan dokter. Hal ini justru bisa memperparah kondisi Anda.
  • Depakote tidak dianjurkan untuk digunakan selama kehamilan. Hal ini dikarenakan dapat membahayakan bayi yang belum lahir.
  • Depakote juga dapat masuk ke dalam ASI. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan Depakote saat menyusui.
  • Klik untuk mendapatkan Depakote atau obat saraf & otak lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Depakote adalah obat yang digunakan untuk mengobati gangguan kejang, kondisi kejiwaan tertentu (fase manic pada gangguan bipolar), dan untuk mencegah sakit kepala migrain. Obat ini bekerja dengan mengembalikan keseimbangan zat alami tertentu (neurotransmiter) di otak.

Cara menggunakan Depakote

Baca panduan obat dan, jika tersedia, brosur informasi pasien yang disediakan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai meminum divalproex sodium dan setiap kali Anda membeli isi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Dapatkan Obat Alergi Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 11

Depakote digunakan secara oral (melalui mulut) seperti yang diarahkan oleh dokter. Anda dapat mengonsumsinya bersamaan dengan makanan jika terjadi gangguan perut. 

Telan tablet secara utuh. Jangan menghancurkan atau mengunyah tablet, karena hal tersebut dapat mengiritasi mulut atau tenggorokan.

Dosis Depakote ditentukan berdasarkan usia, berat badan, kondisi medis, respons terhadap pengobatan, dan obat lain yang mungkin Anda pakai. Pastikan untuk memberi tahu dokter dan apoteker Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal). 

Obat ini perlu diminum secara teratur supaya tubuh dapat menyerap manfaatnya lebih banyak. Minum pada waktu yang sama setiap hari agar jumlah obat dalam darah Anda tetap alias tidak berubah.

Jika Depakote digunakan untuk kejang, jangan berhenti meminumnya tanpa berkonsultasi dengan dokter. Alih-alih menyembuhkan, berhenti minum obat secara tiba-tiba dapat memperparah kondisi Anda. Dosis Anda mungkin perlu dikurangi secara bertahap.

Divalproex sodium tidak mengurangi sakit kepala migrain akut. Oleh karena itu, sebaiknya minum obat lain sesuai anjuran dokter untuk serangan akut. Segera beri tahu dokter Anda jika kondisi Anda tidak membaik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Dapatkan Obat Alergi Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 11

Efek samping Depakote

Beberapa efek samping Depakote antara lain:

  • Diare
  • Pusing
  • Kantuk
  • Rambut rontok
  • Pandangan kabur atau ganda
  • Perubahan periode menstruasi
  • Telinga berdering
  • Gemetar (tremor)
  • Tubuh mendadak goyah
  • Perubahan berat badan

Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, segera hubungi dokter atau apoteker.

Anda mungkin akan jarang melihat sebagian tablet pada tinja Anda. Hal ini dapat terjadi jika Anda memiliki gangguan usus tertentu (seperti ileostomi atau radang usus, kolostomi). Segera hubungi dokter jika Anda menemukan sisa tablet pada tinja Anda.

Ingat bahwa dokter meresepkan Depakote karena menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

Beberapa orang yang menggunakan antikonvulsan untuk kondisi apa pun (seperti kejang, gangguan bipolar, nyeri) dapat mengalami depresi, usaha bunuh diri, atau masalah mental/mood lainnya. 

Segera hubungi dokter jika Anda atau keluarga/pengasuh Anda mendapati adanya perubahan drastis atau tiba-tiba dalam suasana hati, pikiran, atau perilaku Anda termasuk tanda-tanda depresi, pikiran/upaya bunuh diri, hingga pikiran tentang melukai diri sendiri.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Imboost merupakan suplemen yang digunakan untuk terapi suportif agar daya tahan tubuh meningkat dan memulihkan kondisi setelah sakit. Imboost mengandung Echinaceae dan Zinc Picolinate.

Imboost force tablet 4

Encephalopathy atau gangguan otak berat (kadang fatal) jarang terjadi, terutama pada pasien dengan gangguan metabolisme tertentu (gangguan siklus urea⎯gangguan penyakit genetik yang disebabkan adanya mutasi sel sehingga mengakibatkan kekurangan satu dari enam enzim pada siklus urea). 

Segera hubungi dokter jika Anda mengalami tubuh terasa lemah yang tidak dapat dijelaskan, muntah, atau perubahan kondisi mental/suasana hati yang tiba-tiba (seperti kebingungan).

Segera cari bantuan medis jika Anda mengalami efek samping yang sangat serius, termasuk:

  • Nyeri dada
  • Pendarahan atau memar tidak jelas
  • Detak jantung cepat, lambat, tidak teratur
  • Pembengkakan tangan atau kaki
  • Gerakan mata yang tidak terkendali (nystagmus)
  • Merasakan dingin atau menggigil
  • Pernapasan cepat
  • Kehilangan kesadaran.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera hubungi bantuan medis jika Anda mengalami gejala reaksi alergi serius, termasuk:

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda menemukan efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Depakote

Interaksi obat dapat mengubah cara kerja obat Anda atau meningkatkan risiko Anda terkena efek samping yang serius. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/nonresep dan produk herbal) dan beri tahukan dengan dokter dan apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Beberapa produk yang dapat berinteraksi dengan Depakote termasuk: 

  • Antidepresan tertentu (misalnya, amitriptyline, nortriptyline, fenelzin)
  • Antibiotik tertentu (carbapenems seperti doripenem, imipenem)
  • Mefloquine
  • Orlistat
  • Obat lain untuk kejang (misalnya,ethosuximide, lamotrigine, phenytoin, rufinamide, topiramate)
  • Rifampin
  • Warfarin
  • Vorinostat
  • Zidovudine

Aspirin dosis rendah, seperti yang diresepkan oleh dokter Anda untuk alasan medis tertentu seperti serangan jantung atau pencegahan stroke (biasanya dosis yang diberikan sekitar 81-325 miligram per hari), harus dilanjutkan. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda jika Anda menggunakan aspirin karena alasan apa pun.

Beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda menggunakan produk lain yang menyebabkan kantuk termasuk alkohol, ganja, antihistamin (seperti cetirizine atau diphenhydramine), obat-obatan untuk tidur atau kecemasan (seperti alprazolam atau zolpidem), pelemas otot (seperti carisoprodol atau cyclobenzaprine), dan narkotika penghilang rasa sakit (seperti codeine atau hydrocodon).

Periksa label pada semua obat Anda (seperti alergi atau produk batuk-pilek) karena dapat mengandung bahan yang menyebabkan kantuk. Tanyakan apoteker Anda tentang menggunakan produk-produk itu dengan aman.

Depakote dapat memengaruhi tes laboratorium tertentu (misal tes pemeriksaan jumlah keton dalam urin). Pastikan petugas laboratorium dan dokter Anda tahu Anda menggunakan obat ini.

Perhatian

Sebelum mengonsumsi divalproex sodium, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi pada obat tersebut; atau pada asam valproat atau natrium valproat; atau jika Anda memiliki alergi lain. 

Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Diskusikan dengan apoteker Anda untuk keterangan lebih lanjut.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat medis Anda, terutama yang berkaitan dengan: penyakit hati, pankreatitis, gangguan metabolisme tertentu (seperti gangguan siklus urea, sindrom Alpers-Huttenlocher), penyalahgunaan alkohol, masalah pendarahan, penyakit otak (demensia), penyakit ginjal, kekurangan air (dehidrasi), gizi buruk.

Untuk mengurangi kemungkinan luka, memar, atau terluka, gunakan benda tajam dengan hati-hati seperti pisau cukur dan pemotong kuku. Hindari juga kegiatan seperti olahraga yang membutuhkan kontak fisik.

Sebelum menjalani operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal).

Obat ini bisa membuat Anda pusing atau mengantuk atau mengaburkan penglihatan Anda. Alkohol atau ganja bisa membuat Anda lebih pusing atau mengantuk. 

Hindari mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan apa pun yang membutuhkan kewaspadaan tinggi atau penglihatan yang jelas sampai Anda dapat melakukannya dengan aman. Batasi konsumsi minuman beralkohol. Diskusikan dengan dokter Anda jika Anda menggunakan ganja.

Orang dewasa yang lebih tua mungkin lebih sensitif terhadap efek samping obat ini, terutama kantuk, pusing, tidak stabil, atau tremor. Mengantuk, pusing, tidak stabil dapat meningkatkan risiko jatuh.

Depakote tidak dianjurkan untuk digunakan selama kehamilan. Hal ini dikarenakan dapat membahayakan bayi yang belum lahir.

Depakote juga dapat masuk ke dalam ASI. Meskipun belum ada laporan tentang kerusakan pada bayi yang menyusui, berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Penyimpanan obat Depakote

Simpan pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan obat dari jangkauan anak anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan, kecuali diperintahkan untuk melakukannya. Buang produk ini dengan benar ketika kadaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. 

Artikel terkait:


16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Bowden, Charles & Brugger, A & Swann, Alan & Calabrese, J & Janicak, Philip & Petty, F & Dilsaver, Steven & Rush, Augustus & Small, Joyce. (1994). Efficacy of divalproex vs lithium and placebo in the treatment of mania. The Depakote Mania Study Group. JAMA : the journal of the American Medical Association. 271. 918-24. 10.1001/jama.271.12.918.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/15078212_Efficacy_of_divalproex_vs_lithium_and_placebo_in_the_treatment_of_mania_The_Depakote_Mania_Study_Group)
Ginat, Daniel. (2015). Valproic Acid (Sodium Valproate, Depakote). 219-221. 10.1007/978-3-319-12715-6_28.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/283861397_Valproic_Acid_Sodium_Valproate_Depakote)
Depakote Drug Profile and Side Effects. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/depakote-drug-profile-379830)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app