Daftar Penyakit Gangguan Metabolisme dan Cara Mengatasinya

Dipublish tanggal: Jul 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 16, 2019 Waktu baca: 2 menit
Daftar Penyakit Gangguan Metabolisme dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana tubuh bisa bergerak? Mulai dari berjalan, berlari, duduk, dan sebagainya. Pernahkah pula Anda penasaran mengapa setiap orang dianjurkan makan tiga kali sehari? Lalu, kemanakah makanan tersebut akan diolah dalam tubuh? Mungkinkah tubuh Anda mengalami kekurangan energi? 

Bagaimanakah hal tersebut dapat terjadi? Ya, jawabannya tidak lain adalah karena tubuh melakukan metabolisme. Proses metabolisme ini penting bagi tubuh, sehingga harus dijaga. Lalu, apa yang terjadi ketika metabolisme tubuh mengalami gangguan? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Mengenal Istilah Metabolisme

Tahukah Anda definisi dari metabolisme? Metabolisme merupakan suatu proses kimia dalam tubuh yang diawali dari penyerapan nutrisi dari makanan, pemecahan zat makanan dengan bantuan enzim, hingga pengedaran hasil pemecahan zat makanan ke seluruh tubuh sebagai sumber energi untuk dapat beraktivitas.Proses ini disebut dengan katabolisme.

Perlu Anda tahu, seluruh nutrisi yang diperoleh dari hasil pemecahan tersebut tidak seluruhnya diedarkan ke tubuh. Melainkan, ada sebagian yang disimpan sebagai energi, dan sebagian lainnya digunakan untuk memelihara sel. Proses ini disebut dengan anabolisme.

Bagaimana Gangguan Metabolisme Tubuh Dapat Terjadi?

Ada berbagai penyebab mengapa gangguan metabolisme ini dapat terjadi. Biasanya, hal ini terjadi karena kurangnya salah satu hormon, dan enzim, faktor keturunan, hingga konsumsi makanan tertentu. 

Gangguan metabolisme ini juga bisa terjadi akibat mutasi gen yang diturunkan seperti anemia sel sabit dan cystic fibrosis yang ditemukan pada keturunan gen etnis tertentu.

Berbagai Jenis Penyakit Metabolisme Tubuh

ð  Diabetes merupakan salah satu penyakit metabolisme tubuh yang sering dijumpai. Terdapat dua jenis diabetes yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes terjadi karena kurangnya hormon insulin dalam tubuh sehingga memicu gangguan pada organ lain seperti ginjal, jantung, pembuluh darah, hingga penglihatan.

ð  Penyakit gaucher’s merupakan suatu kondisi saat tubuh tidak mampu memecah lemak jenis tertentu sehingga mengumpul di limpa, hati, hingga sumsum tulang belakang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

ð  Malabsorpsi glukosa dan galaktosa merupakan kondisi dimana ada masalah terkait transportasi glukosa dan galaktosa sehingga menyebabkan diare dan dehidrasi parah. Namun, Anda dapat mengatasi penyakit ini dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung glukosa, sukrosa, maupun laktosa.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Ketika kondisi sistem metabolisme tubuh Anda normal, maka proses pembakaran lemak dapat berlangsung lebih cepat. Disamping itu, berat badan juga akan berkurang lebih cepat. Berikut ini trik yang dapat Anda coba!

Minum Lebih Banyak Air Putih

Tentu Anda sudah tidak asing lagi bahwa komposisi tubuh manusia hampir sebagian besar terdiri dari air. Nah, apabila kadar air dalam tubuh tidak dipenuhi dengan cukup, akan berdampak pada sel-sel yang mengalami dehidrasi. Apabila hal ini terjadi, maka tingkat metabolisme pun akan menurun pula. 

Sebab, kebutuhan cairan untuk proses penyerapan makanan ke dalam sel sangat minim dan berkurang. Nah, untuk menghindarinya, pastikan untuk minum lebih banyak air putih setiap hari supaya terhindar dari dehidrasi.

Penuhi Makanan yang Kaya Kalsium

Ketahuilah, kalsium sangat penting untuk jalannya metabolisme dalam tubuh. Artinya, apabila kebutuhan kalsium berkurang, maka tingkat metabolisme juga akan menurun. Peran kalsium ini sangat penting khususnya untuk pelepasan hormon, yang berguna untuk memicu proses metabolisme berlangsung lebih cepat.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai penyakit gangguan metabolisme dan langkah efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat demi kondisi kesehatan yang lebih baik!

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Nutrition and Metabolism Disorders. Healthline. (https://www.healthline.com/health/nutrition-metabolism-disorders)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app