Ciri-ciri Kanker Payudara yang Sudah Menyebar ke Tulang,

Pada sebagian besar kasus, kanker payudara metastatik mempengaruhi tulang, paru-paru, otak, atau hati. Oleh karena itu gejalanya akan tergantung pada lokasi dimana sel kanker menyebar.
Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ciri-ciri Kanker Payudara yang Sudah Menyebar ke Tulang,

Sesuai dengan stadiumnya, kanker payudara bisa mengalami metastasis, yang artinya jaringan kanker yang awalnya tumbuh di payudara, dapat menyebar dari payudara ke bagian tubuh lain. 

Kanker payudara yang mengalami metastasis adalah kanker payudara stadium 4. Gejala dan pengobatan untuk stadium kanker payudara ini berbeda dengan stadium sebelumnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Gejala kanker payudara metastasis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, gejala kanker payudara yang telah mengalami metastasis berbeda dengan kanker payudara stadium awal.

Hal ini disebabkan karena jaringan kanker yang telah menyebar ke organ lain dapat mempengaruhi sistem tubuh lainnya, serta jaringan payudara yang terkena. Pada sebagian besar kasus, kanker payudara metastatik mempengaruhi tulang, paru-paru, otak, atau hati. Oleh karena itu gejalanya akan tergantung pada lokasi dimana sel kanker menyebar.

Gejala kanker payudara yang sudah metastasis ke Tulang

Tulang adalah tempat paling umum di mana sel-sel kanker payudara bermetastasis. Pada lebih dari separuh wanita yang menderita kanker payudara stadium 4, tulang adalah situs metastasis pertama. 

Meskipun kanker payudara dapat menyebar ke tulang mana saja, bagian tulang yang paling sering menjadi tempat metastasis kanker payudara adalah tulang rusuk, tulang belakang, tulang panggul, dan tulang panjang di lengan dan kaki.

Rasa nyeri yang sangat hebat dan muncul secara tiba-tiba adalah salah satu gejala kanker yang paling umum dan menandakan bahwa kanker telah menyebar ke tulang. 

Pada tahap awal, rasa nyeri akan berlangsung hilang timbul, namun seiring berjalannya waktu, rasa nyeri akan menetap. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Mungkin sulit untuk membedakan antara nyeri akibat metastasis tulang dan nyeri akibat peradangan sendi atau nyeri akibat cedera ber olahraga. 

Biasanya rasa nyeri yang ditimbulkan oleh kanker tulang adalah nyeri yang menetap atau bahkan bertambah parah ketika Anda beristirahat atau berbaring. 

Jika Anda mengalami nyeri dengan karakteristik seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut.

Selain nyeri dengan karakteristik yang khas, beberapa gejala yang dapat ditimbulkan oleh metastasis kanker meliputi :

  • Rasa sakit yang tiba-tiba, sakit parah dan ketidakmampuan untuk bergerak, yang bisa menjadi tanda patah tulang.
  • Nyeri di punggung atau leher; mati rasa atau kelemahan di sebagian area tubuh; atau kesulitan buang air kecil atau buang air besar. Gejala-gejala tersebut dapat disebabkan oleh kompresi medula spinalis, karena kanker menyebar ke tulang belakang dan menyebabkan gangguan pada medulla spinalis yang merupakan saraf yang mengendalikan berbagai fungsi tubuh.
  •  Kelelahan, kelemahan, mual, kehilangan nafsu makan, dan / atau dehidrasi, yang semuanya dapat menunjukkan tingkat kalsium yang sangat tinggi dalam darah karena kerusakan tulang.
  • Hiperkalsemia. Tingginya kadar kalsium dalam darah dapat disebabkan oleh pemecahan sel tulang oleh sel kanker. Walaupun kalsium adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh tubuh, namun kadar kalsium dalam darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan beberapa masalah. Seperti :
  • Sembelit
  • Kelelahan
  • Rasa haus yang ekstrem
  • Kelemahan otot

Pada kasus yang parah, hiperkalsemia yang tidak diobati dapat menyebabkan:

Segera periksakan diri Anda ke dokter jika Anda memiliki gejala yang menunjukkan hiperkalsemia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Pengobatan

Sangat penting untuk mengatasi masalah tulang apalagi jika disebabkan oleh metastasis kanker. Perawatan kanker seperti terapi hormon dapat menyebabkan tulang keropos

Faktanya, obat-obatan yang digunakan untuk metastasis tulang (bifosfonat) sekarang sedang dipertimbangkan bahkan bagi mereka yang menderita kanker payudara stadium awal sebagai cara untuk memperkuat tulang dan mencegah terjadinya metastasis tulang.

Sejumlah perawatan berbeda tersedia untuk metastasis tulang. 

Pilihan yang terbaik untuk Anda tergantung pada sejumlah faktor, seperti jumlah dan lokasi tulang yang terpengaruh, keberadaan metastasis lain, dan kondisi kesehatan secara umum.

Perawatan kanker tulang metastasis secara umum mirip seperti perawatan kanker pada umumnya. Perawatan kanker dapat dilakukan dengan kemoterapi, terapi hormon, dan obat-obatan.

Perawatan kanker stadium akhir

Ketika seseorang dengan kanker payudara metastasis (stadium 4 atau tahap akhir) biasanya pendekatan pengobatan berfokus pada perawatan paliatif.

Tujuan perawatan paliatif adalah untuk meningkatkan kualitas hidup. 

Perawatan paliatif membantu seseorang mengatasi gejala akhir kehidupan dan fokus pada kenyamanan fisik, emosional, dan spiritual serta kesejahteraan pasien dan orang yang mereka cintai

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Metastatic breast cancer: Overview. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK361001/)
Metastatic Breast Cancer Treatment & Prognosis. Johns Hopkins Medicine. (https://www.hopkinsmedicine.org/breast_center/breast_cancers_other_conditions/metastatic_breast_cancer.html)
Could You Have Metastatic Breast Cancer? Symptoms & Diagnosis. WebMD. (https://www.webmd.com/breast-cancer/metastatic-breast-cancer-symptoms-diagnosis#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app