Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kesehatan Fisik

Tubuh Kelebihan Kalsium? Inilah Tanda-Tandanya!

Update terakhir: NOV 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.332.772 orang

Manusia harus banyak mengkonsumsi kalsium,karena kalsium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh, terutama untuk kesehatan tulang dan gigi.

Kekurangan kalsium terkait dengan risiko pengeroposan tulang. Kadar kalsium dalam darah juga dikontrol untuk mendukung kerja saraf,otot,dan jantung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Lalu, apa yang dapat terjadi bila tubuh ini kelebihan kalsium? Kondisi kelebihan kalsium, disebut hiperkalsemia,akan tetapi ini jarang terjadi. Namun bila ini terjadi, banyak resiko yang bisa membahayakan bagi tubuh. Berikut ini adalah gejala hiperkalsemia. 

Berapa kebutuhan kalsium untuk wanita hamil?

Kebutuhan kalsium dalam tubuh manusia berbeda beda tergantung usia. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013, pada anak usia 10-18 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 1200 mg per hari. Kemudian,kebutuhan kalsium akan menurun pada umur 19 – 29 menjadi 1100 mg per hari. 

Dan untuk orang pada yang lebih dari 29 tahun hanya membutuhkan 1000 mg per hari. Meski begitu, batas kebutuhan kalsium harian maksimum bagi orang dewasa dan anak di atas usia 1 tahun pada umumnya adalah 2.500 mg per hari.

Kebutuhan kalsium akan meningkat pada wanita yang sedang mengandung. Hal ini dikarenakan selain untuk ibu, asupan kalsium saat hamil juga diperuntukan oleh janin. Kebutuhan Kalsium untuk wanita yang sedang mengandung meningkat 200 mg per hari. 

Jadi, jika Anda hamil di usia 25 tahun, kebutuhan kalsium Anda per hari menjadi 1300 mg. Sedangkan, jika Anda hamil pada usia 18 tahun, kebutuhan kalsium Anda akan lebih besar, yaitu sebesar 1400 mg per hari.

Dan begitu, Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kalsium lebih dari 500 mg pada satu waktu. Ini dapat meningkatkan risiko hiperkalsemia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Apa itu Hiperkalsemia?

Hiperkalsemia adalah kondisi di mana tubuh mengkonsumsi kalsium melebihi dari batas normalnya. Kelebihan mengkonsumsi kalsium ini akan dibuang melalui lewat urin atau feses. 

Namun, tak menutup kemungkinan bila kita mengkonsumsi kalsium melebihi batas akan berakibat fatal bagi diri kita. Kadar kalsium yang sangat tinggi bisa mengancam nyawa.

Penyebab terbesar dari penyakit hiperkalsemia adalah hiperparatiroidisme yaitu kadar kalsium dalam darah yang diatur oleh kelenjar paratiroid. Ketika kelenjar paratiroid menjadi terlalu aktif dan melepaskan terlalu banyak hormon paratiroid, maka kadar kalsium dalam darah akan meningkat. 

Penyebab dari meningkatnya kadar kalsium dalam darah antara lainnya adalah penyakit paru dan kanker, efek samping obat-obatan, dan konsumsi suplemen yang berlebihan.

Hiperkalsemia dapat mengganggu fungsi ginjal dan menyebabkan penderitanya mengalami  batu ginjal, serta dapat mengganggu kinerja jantung dan otak

Fungsi dari ginjal yang menurun karena kelebihan kalsium dapat menyebabkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi, zinc, magnesium, dan fosfat menjadi terganggu. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Padahal, mineral-mineral tersebut sangat penting dalam menunjang fungsi normal tubuh.Hiperkalsemia juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan, mual, muntah, dan sembelit.hal ini dilansirkan oleh Mayo Clinic,

Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa kelebihan asupan kalsium dapat meningkatkan risiko kanker prostat dan penyakit jantung. Namun,untuk penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami kemungkinan hubungan ini.

Gejala dan tanda apa saja yang terjadi pada Hiperkalsemia?

Gejala hiperkalemia dapat kita pelajari dari keseharian kita.Gejala hiperkalemia dapat dibagi menjadi yang ringan dan berat,bila anda tidak menampakkan gejala berarti nyata jika Anda memiliki hiperkalemia ringan. Semakin berat kasusnya, semakin tampak jelas gejala yang dirasakan.

Berikut gejala yang dapat di timbul jika tubuh memiliki kelebihan kalsium seperti sakit kepala,mudah kelelahan, haus yang berlebihan, buang air kecil yang berlebihan,mual dan muntah,sakit perut, nafsu makan yang menurun, dehidrasi, nyeri pada tulang dan otot, berat badan menurun, detak jantung abnormal dan apabila kasus hiperkalemia berat dapat mengakibatkan Koma.

Memilih pengobatan Hiperkalsemia

Anda mungkin tidak perlu khawatir bila kasus hiperkalemia ringan, tergantung apa penyebabnya. Namun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan penyebab dasarnya dan untuk memonitor perkembangan selanjutnya.

Risiko gangguan kesehatan yang ditimbulkan dari kelebihan kalsium harus tetap mengikuti nasehat dokter untuk upaya tindak lanjutnya. Kadar kalsium yang sedikit dapat mengakibatkan batu ginjal dan kerusakan ginjal seiring berjalannya waktu bila tidak dikonsultasikan oleh dokter.

Bila kasusnya terlanjur berat,Mungkin Anda membutuhkan perawatan di rumah sakit untuk mengembalikan kadar kalsium Anda ke normal. Pengobatan juga bertujuan untuk mencegah kerusakan pada tulang dan ginjal Anda.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini
hiperkalsemia adalah kelebihan kalsium hiperkalsemia