HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Kesehatan Fisik

Mengenal Fungsi dan Masalah yang Paling Sering Terjadi Pada Tulang Rusuk

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Apr 21, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mengenal Fungsi dan Masalah yang Paling Sering Terjadi Pada Tulang Rusuk

Setiap orang memiliki kerangka yang tersusun dari banyak tulang. Tulang-tulang berfungsi untuk memberikan struktur tubuh, alat gerak, melindungi organ-organ internal, dan banyak lagi.  Tubuh manusia dewasa terdiri atas 206 tulang. Jika Anda pernah melihat kerangka nyata atau fosil di museum, Anda mungkin berpikir bahwa semua tulang adalah benda mati. 

Meskipun tulang di museum kering, keras, atau rapuh, tulang di tubuh Anda berbeda. Tulang-tulang yang membentuk kerangka Anda semuanya adalah benda hidup yang dapat tumbuh dan berubah sepanjang waktu seperti bagian tubuh Anda yang lain.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Mengenal Struktur Anatomi Tulang Rusuk

Tubuh manusia normal memiliki 12 pasang tulang rusuk. Walaupun ada beberapa orang mungkin dilahirkan dengan satu atau tulang rusuk tambahan, dan beberapa orang mungkin memiliki jumlah yang lebih sedikit.

Semua 12 pasang tulang rusuk menempel pada tulang belakang, di mana mereka menempel pada vertebra toraks. Tujuh pasang tulang rusuk pertama menempel di depan sternum, tulang kuat yang berada di tengah dada Anda yang berfungsi untuk menahan tulang rusuk itu di tempatnya. 

Lima pasang tulang rusuk yang tersisa tidak menempel langsung ke tulang dada. Tiga dari lima tulang rusuk yang tersisa, berikatan dengan tulang rawan dan menempel pada tulang dada. 

Sedangkan dua pasang yang terakhir disebut tulang rusuk mengambang karena tidak terhubung dengan tulang dada atau tulang rusuk di atasnya. Tapi jangan khawatir, tulang rusuk ini tidak akan pernah bisa melayang. Seperti tulang rusuk lainnya, tulang rusuk tersebut melekat erat ke tulang belakang.

Apa Fungsi Utama Tulang Rusuk?

Jantung, paru-paru, dan hati adalah organ internal yang sangat penting, dan tulang rusuk berfungsi untuk menjaga organ internal agar tetap aman. Tulang rusuk bertindak seperti sangkar tulang di sekitar dada. Anda dapat merasakan bagian bawah sangkar ini dengan meraba sepanjang sisi dan depan tubuh Anda, beberapa centimeter di bawah jantung Anda. 

Jika Anda bernapas dalam-dalam, Anda juga dapat dengan mudah merasakan tulang rusuk tepat di depan tubuh Anda. Beberapa orang yang kurus bahkan dapat melihat beberapa tulang rusuk dibawah kulit mereka.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Masalah Kesehatan yang Paling Sering Terjadi Pada Tulang Rusuk

1. Trauma

Cedera akibat trauma yang berhubungan dengan olahraga dan lainnya dapat menyebabkan tulang rusuk memar atau patah. Trauma dada akibat jatuh, tabrakan lalu lintas, dan kontak yang berhubungan dengan olahraga adalah penyebab paling umum dari cedera tulang rusuk. Jenis cedera yang dapat terjadi pada tulang rusuk meliputi:

Nyeri tulang rusuk akibat cedera dapat didiagnosis dengan X-ray untuk mengetahui secara pasti lokasi patah tulang yang terjadi. Sedangkan MRI dan metode pemindaian lainnya dapat mendeteksi kerusakan jaringan lunak secara lebih spesifik.

2. Costochondritis

Costochondritis atau sindrom Tietze adalah masalah umum lain pada tulang rusuk. Kondisi ini ditandai dengan peradangan tulang rawan tulang rusuk. Kondisi ini biasanya terjadi di tulang rawan yang bergabung dengan tulang rusuk atas ke sternum, daerah yang disebut sendi costosternal.

Nyeri tulang rusuk karena costochondritis berkisar dari ringan hingga berat. Gejalanya meliputi nyeri tekan dan nyeri saat menyentuh area dada. Kasus yang parah dapat menyebabkan rasa sakit yang menjalar ke anggota tubuh, atau rasa sakit yang mengganggu kehidupan sehari-hari. 

Beberapa kasus costochondritis sembuh tanpa perawatan, sementara yang lain memerlukan intervensi medis.

3. Kanker

Kanker paru-paru adalah salah satu kanker paling umum di dunia. Salah satu gejala kanker paru-paru adalah nyeri tulang rusuk atau nyeri dada yang semakin memburuk saat bernafas dalam, batuk, atau tertawa. Gejala lain yang harus diwaspadai termasuk batuk darah atau dahak, sesak napas, dan mengi.

Prospek untuk kanker paru-paru lebih buruk daripada bentuk kanker lainnya dan merupakan penyebab utama kematian akibat kanker di antara pria dan wanita. Orang-orang dengan kanker paru-paru stadium awal memiliki peluang yang lebih baik untuk disembuhkan, sehingga penting untuk melakukan intervensi sejak dini.

Kanker paru-paru metastatik, atau kanker yang dimulai di satu daerah dan menyebar ke paru-paru, adalah kondisi yang mengancam jiwa. Kondisi ini juga sering menyebabkan rasa sakit di tulang rusuk atau dada.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What are the consequences of a broken rib?. WebMD. (https://www.webmd.com/a-to-z-guides/qa/what-are-the-consequences-of-a-broken-rib)
6 possible causes of rib cage pain. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/318115.php)
Uneven Rib Cage: Causes & Treatments. Healthline. (https://www.healthline.com/health/uneven-rib-cage)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app