Kehamilan

7 Jenis Buah Yang Sangat Dianjurkan Untuk Ibu Hamil Muda

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
7 Jenis Buah Yang Sangat Dianjurkan Untuk Ibu Hamil Muda

Saat masih dalam kandungan, kesehatan serta tumbuh-kembang janin sangat tergantung dari apa yang bunda makan. Salah satu jenis makanan sehat yang dianjurkan adalah buah, namun tak semua buah itu baik. Pilihlah buah untuk ibu hamil muda yang memang kaya nutrisi.

Percaya atau tidak, apa yang bunda makan ketika hamil muda akan memengaruhi pola makan si kecil juga nantinya. Sebuah hasil studi menyebutkan anak yang ibunya hobi makan junk food selagi hamil dulu, cenderung ‘kecanduan’ makanan tinggi lemak maupun gula.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Hasil riset lain menjumpai, janin yang tidak memperoleh nutrisi memadai akan mengalami perubahan permanen pada sisi psikologis maupun metabolismenya. Perubahan ini membuat si kecil rawan terserang penyakit di kemudian hari.

Karenanya, selain mengandung kalori yang dibutuhkan, makanan yang dikonsumsi ibu hamil muda sebaiknya juga padat nutrisi, seperti buah atau sayur-sayuran. Semakin beragam jenis buah maupun sayur yang dikonsumsi, maka kian bervariasi pula vitamin, mineral, maupun serat yang diperoleh ibu beserta janinnya.

Bonus lainnya adalah, buah serta sayur juga ampuh mencegah konstipasi, salah satu gejala yang sering dialami ibu hamil. Seperti dijelaskan disini: Penyebab Susah BAB Saat Hamil dan Tips Mengatasinya

Lebih spesifik, mari kita lihat buah apa saja yang masuk ke dalam daftar 7 buah untuk ibu hamil muda yang sangat dianjurkan. Berikut ketujuh jenis buah yang baik untuk ibu hamil muda:

1. Jeruk

Jeruk kaya kandungan airnya sehingga bisa membuat tubuh bunda tetap terhidrasi. Selain itu, jeruk juga tinggi folat, jenis vitamin B yang efektif untuk mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan.

Tentu saja buah satu ini juga sarat vitamin C yang merupakan antioksidan penting untuk mencegah kerusakan sel. Vitamin C pulalah yang membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

2. Mangga

Buah untuk ibu hamil muda berikutnya adalah mangga. Menariknya, secangkir saja potongan mangga sudah memenuhi 100% kebutuhan harian tubuh akan vitamin C.

Di samping itu, mangga juga sarat vitamin A. Riset menunjukkan kekurangan vitamin A saat kelahiran bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan risiko komplikasi seperti diare maupun infeksi pernafasan.

3. Alpukat

Tentu saja alpukat tak boleh sampai terlupakan dalam daftar buah untuk ibu hamil muda. Dibanding buah lainnya, alpukat mengandung lebih banyak folat. Tak hanya itu, buah ini juga kaya vitamin C, B, K, serat, kolin, magnesium, maupun potasium.

Alpukat juga sarat zat besi. Beberapa bunda membuktikan kalau alpukat ampuh meredakan mual (kemungkinan besar karena kandungan potasium dan magnesiumnya). Potasium juga efektif meredakan kram kaki yang merupakan salah satu gejala kehamilan. Kaki kram memang seringkali diasosiasikan dengan defisiensi potasium dan magnesium.

Selain itu, kolin juga sangat penting untuk perkembangan otak dan saraf anak. Kekurangan kolin digadang-gadang bisa membuat bayi lahir cacat atau mengalami gangguan memori permanen.

Baca: Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil : Mencegah Cacat Lahir, dll

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

4. Lemon

Mengisap lemon atau minum air/ jus lemon ternyata dapat meredakan gejala mual yang dirasakan oleh kebanyakan ibu hamil muda di trimester pertama. Lemon tak hanya tinggi vitamin C, namun buah bercita rasa asam satu ini juga efektif untuk menyembuhkan konstipasi.

Akan tetapi karena sifat asamnya mampu mengikis email gigi, maka berkumurlah segera setelah mengonsumsinya.

5. Pisang

Sumber andalan potasium lainnya terdapat dalam buah pisang. Lebih dari itu, pisang juga sarat vitamin B6, C, serta serat. Nah, berbicara masalah serat, maka tidak diragukan lagi jika buah ini sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Faktanya, 50% ibu hamil memang mengalami konstipasi ketika mengandung, di antara penyebabnya yaitu:

  • Tekanan rahim pada saluran pencernaan.
  • Kekhawatiran.
  • Kegelisahan.
  • Kurang serat.
  • Efek samping zat besi dalam vitamin kehamilan.

Nah jika bunda termasuk salah satunya, maka rutinlah mengonsumsi pisang. Ditambah lagi, sebuah riset yang membuktikan bahwa vitamin B6 dapat meredakan mual dan muntah saat hamil muda.

Pilihlah pisang matang, karena yang mentah dilarang. Baca: 11 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

6. Berry

Buah untuk ibu hamil muda selanjutnya adalah aneka berry yang sarat karbohidrat, vitamin C, serat, maupun folat. Di samping itu, berry juga kaya fitonutrien seperti flavonoid dan antosianin.

Bunda yang tidak mengalami diabetes gestasional diimbau mengisi 50-60% piringnya dengan karbohidrat setiap hari. Nutrisi ini penting karena dapat memberikan energi pada bunda. Selain itu, karbohidrat juga mudah disalurkan pada janin melalui plasenta sehingga ia memperoleh gizi yang diperlukannya.

Tapi soal jenis karbohidratnya, pilih yang kompleks seperti berry. Hindari mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat sederhana seperti donat, kue, dan roti karena cepat sekali membuat kadar gula darah melonjak tinggi.

7. Apel

Walau disebut terakhir, namun apel tak kalah bergizinya dari buah untuk ibu hamil muda lainnya. Selain tinggi serat, apel sarat akan vitamin A, C, dan potasium.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Thorax menyimpulkan anak-anak yang ibunya rajin makan apel saat hamil dulu, berisiko lebih kecil menderita asma atau alergi. Sepertinya memang terbukti kalau sebutir apel sehari dapat menjauhkan bunda (dan si kecil nantinya) dari dokter.

Sekarang, silahkan bunda pilih, mana diantara ketujuh daftar buah untuk ibu hamil muda di atas yang paling bunda sukai. Jadi, sudahkah bunda makan buah hari ini?!

28 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zeisel, S. H. (2006). Choline: Critical role during fetal development and dietary requirements in adults. Annual Review of Nutrition, 26, 229-250 (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2441939/)
Willers, S. M., Devereux, G., Seaton, A. (2007, September). Maternal food consumption during pregnancy and asthma, respiratory and atopic symptoms in 5-year-old children. Thorax, 62(9), 773-779 (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2117307/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app