Kehamilan

7 Tips Cara Untuk Mengurangi Stres Saat Hamil

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Mar 2, 2020 Waktu baca: 2 menit
7 Tips Cara Untuk Mengurangi Stres Saat Hamil

Mendekati persalinan, biasanya ibu hamil mengalami stres. Anda tidak perlu khawatir, karena kecil kemungkinannya stres ini dapat menyebabkan kelainan pada bayi yang sedang dikandung. Namun, hati-hati, stres bisa berbahaya jika terjadi terus menerus. Ini menandakan hormon stres kortisol Anda berada pada level yang tinggi sehingga berpotensi menembus plasenta hingga mempengaruhi balok-balok pembangun DNA perkembangan emosional janin. Anda tentu tidak mau hal ini terjadi, bukan? Karena itu, berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres selama kehamilan.

7 Cara Kurangi Stres Saat Hamil

1. Banyaklah beristirahat dan fokus saja pada kehamilan Anda

Jika Anda merasa banyak beristirahat artinya Anda membuang-buang waktu dan Anda merasa tidak nyaman, buang jauh-jauh pikiran tersebut. Anda berhak menikmati setiap momen kehamilan Anda dan sibukkan diri Anda untuk bercakap-cakap dengan janin dan selalu utamakan apa yang dirasakan oleh tubuh, karena memang tubuh Anda sedang bekerja keras untuk menyuplai nutrisi yang diperlukan oleh janin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

2. Utarakan apa yang menyebabkan terjadinya stres

Mungkin itu karena kekhawatiran Anda tentang kesehatan janin, atau mungkin Anda memiliki masalah pribadi yang sulit dihadapi sendiri, utarakan hal ini karena Anda membutuhkan dukungan agar Anda tidak tertekan. Utarakan pada pasangan,  dokter yang merawat Anda atau sahabat dan orangtua Anda. 

3. Banyaklah mengonsumsi makanan bernutrisi

Makanan yang baik dan menyehatkan tidak hanya akan menutrisi tubuh, namun juga dapat memperbaiki mood Anda, terutama konsumsi makanan kaya akan omega-3. Omega-3 dapat ditemukan di dalam minyak ikan atau makanan laut yang dapat membantu mengurangi depresi jika dikonsumsi sebanyak dua porsi dalam seminggu. Ikan yang dapat jadi pilihan meliputi salmon, tuna, makarel, sarden, pilchards dan ikan trout. 

4. Banyaklah bergerak dan berolahraga

Berolahraga aktif selama hamil adalah kegiatan yang aman dan baik untuk dilakukan, serta sangat dianjurkan. Olahraga seperti berenang sangat baik karena gerakannya yang lembut namun tetap membentuk tubuh. Berjalanlah setidaknya selama 20 menit setiap harinya.

5. Fokus pada persiapan persalinan

Ikutlah kelas-kelas bersalin dan habiskan waktu untuk berbincang dan berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang akan menangani persalinan Anda agar membantu Anda merasa lebih percaya diri soal melahirkan dan lebih tenang.

6. Persiapkan keluarga Anda

Dengan datangnya anggota keluarga baru, Anda pasti akan menjadi lebih sibuk dari sebelumnya. Pastikan Anda melakukan persiapan sebelum anggota baru ini tiba, dan jadikan persiapan ini sebagai kegiatan pengalih pikiran Anda yang tertekan menghadapi persalinan. Rencanakan keuangan Anda bersama pasangan jika hal ini juga menjadi sumber rasa tertekan Anda. Anda dapat berinvestasi pada barang-barang bekas seperti boks bayi atau stroller yang seringkali masih ada dalam kondisi yang baik. Ingatlah, semuanya akan baik-baik saja.

7. Lakukan terapi untuk meredakan stres

Terapi seperti pijat dapat membantu Anda lebih rileks. Anda dan pasangan bahkan dapat mempelajari cara melakukan pijat bagi Anda yang sedang mengandung agar bisa lebih rileks. Gunakan minyak aromaterapi untuk membantu Anda lebih rileks karena aromanya. Konsultasikan terlebih dahulu keamanan minyak aromaterapi bagi ibu hamil dengan dokter Anda sebelum menggunakannya. Anda dapat pula menjalani pijat refleksi.

Banyaklah berinteraksi, temukan cara untuk membuat Anda merasa tenang dan bahagia. Anda dapat menonton film lucu atau berbelanja untuk menghadiahi diri Anda sendiri dengan hal yang pantas Anda dapatkan. Lakukan perawatan tubuh, entah itu di salon atau dengan melakukan spa sendiri di rumah. Selamat menikmati kehamilan Anda.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stress Can Shorten A Pregnancy And Result In Fewer Boys Being Born. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/239042.php)
Less Stress During Pregnancy, Healthier For Mom and Baby. WebMD. (https://www.webmd.com/parenting/features/less-stress-for-healthier-mom-baby)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app