Bronkitis Alergi - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 24, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.009.630 orang

Bronkitis alergi merupakan peradangan pada bronkus yang disebabkan oleh alergen, atau sesuatu yang Anda alergi. Iritasi jalan napas, seperti serbuk sari, debu, dan jamur, dapat memicu munculnya gejala

Merokok merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan bronkitis alergi. Gejala bronkitis alergi biasanya dapat berlangsung lama atau terus berulang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Bronkitis alergi yang berlangsung lebih dari tiga bulan sering disebut bronkitis kronis. Kondisi ini merupakan jenis dari penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Bronkitis kronis paling sering disebabkan oleh masalah merokok

Penyebab Bronkitis Alergi

Merokok adalah penyebab paling sering dari bronkitis alergi. Ketika Anda menghirup asap rokok, maka asap tersebut dapat mengiritasi lapisan saluran udara Anda dan membuat paru-paru Anda menghasilkan lendir yang berlebih.

Penyebab lain bronkitis kronis meliputi:

  • Polusi udara
  • Asap kimia
  • Debu
  • Serbuk sari

Tanda dan gejala Bronkitis Alergi

Gejala bronkitis alergi meliputi:

  • Batuk berlendir
  • Mengi
  • Sesak
  • Kelelahan

Bronkitis alergi juga dapat menyebabkan komplikasi. Misalnya, infeksi paru-paru, seperti pneumonia. Dalam kasus yang parah, pneumonia dapat menyebabkan infeksi dalam aliran darah yang disebut septicemia. Kondisi seperti septicemia seringkali dapat mengancam jiwa.

Cara mencegah Bronkitis Alergi

Cara terbaik untuk mencegah bronkitis alergi adalah dengan berhenti merokok. Menghentikan kebiasaan merokok juga akan melindungi Anda dari penyakit lain, seperti kanker dan penyakit jantung

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Minta dokter untuk merekomendasikan cara untuk berhenti merokok, seperti menggunakan obat-obatan yang dapat mengurangi keinginan untuk merokok.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan paru-paru Anda:

  • Jika Anda bekerja di lingkungan yang mengandung bahan kimia atau beracun, pastikan area tersebut berventilasi dengan baik.
  • Jika ventilasinya buruk, gunakan respirator. Perangkat dapat membersihkan udara sebelum masuk ke paru-paru Anda.
  • Jangan gunakan semprotan kimia seperti cat, semprotan rambut, pembersih rumah tangga, atau semprotan serangga di dalam ruangan. Jika Anda harus menggunakan produk-produk tersebut, buka jendela atau gunakan di area terbuka yang berventilasi baik seperti garasi terbuka. Anda juga bisa mengenakan masker saat menyemprot untuk melindungi paru-paru Anda.
  • Kenakan masker setiap kali Anda bekerja di halaman sehingga Anda tidak menghirup debu, serbuk sari, dan bahan iritan lainnya.

Cara mengobati Bronkitis Alergi

Diagnosa  

Seorang dokter akan mendiagnosis bronkitis alergi berdasarkan beberapa faktor. Dokter akan melihat riwayat medis orang tersebut, serta melakukan pemeriksaan fisik, biasanya dokter akan mengajukan pertanyaan untuk menentukan berapa lama gejala tersebut telah muncul.

Dokter mungkin akan menggunakan rontgen dada untuk menyingkirkan beberapa penyebab lain masalah pernapasan, seperti pneumonia. Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan darah untuk membantu menentukan apakah terdapat infeksi atau tidak.

Seseorang dengan bronkitis alergi juga dapat menerima pemeriksaan fungsi paru. Pemeriksaan ini melibatkan alat khusus yang disebut spirometer. Alat tersebut dapat mengukur seberapa banyak udara yang bisa dikeluarkan seseorang, dan seberapa cepat. 

Pemeriksaan dengan spirometer dapat membantu dokter untuk mengidentifikasi adanya penyakit paru-paru, seperti asma dan bronkitis alergi.

Pengobatan

Dokter Anda mungkin akan meresepkan atau merekomendasikan satu atau lebih dari pengobatan untuk membuka saluran pernapasan Anda dan membantu Anda bernafas lebih mudah. Pengobatan tersebut termasuk:

Bronkodilator

Obat Bronkodilator dapat membantu mengendurkan otot di sekitar saluran pernapasan. Anda dapat menghirup obat melalui alat yang disebut inhaler.

Obat Bronkodilator kerja singkat memiliki efek kerja obat yang cepat. Contoh-contoh bronkodilator kerja singkat meliputi:

  • ipratropium (Atrovent)
  • albuterol (Proventil HFA, ProAir, Ventolin HFA)
  • levalbuterol (Xopenex)

Obat Bronkodilator kerja lama dapat bekerja lebih lambat, tetapi efeknya berlangsung selama 12 hingga 24 jam. Obat-obatan ini termasuk:

  • tiotropium (Spiriva)
  • salmeterol (Serevent)
  • formoterol (Foradil)

Steroid

Obat Steroid dapat menurunkan peradangan di dalam saluran pernapasan Anda. Contoh obat steroid termasuk:

  • budesonide (Pulmicort)
  • fluticasone (Flovent, Arnuity Ellipta)
  • mometason (Asmanex)

Anda dapat menggunakan obat steroid bersamaan dengan bronkodilator yang bekerja lama.

Terapi oksigen

Terapi oksigen dapat digunakan untuk membantu Anda bernafas.

Mukolitik

Obat mukolitik adalah obat yang dapat mengencerkan lendir. Orang dapat menggunakan mukolitik baik secara oral atau melalui nebulizer. Nebulizer adalah alat yang mengubah obat cair menjadi aerosol.

Pelembab ruangan

Untuk membantu Anda bernapas di malam hari, Anda bisa menyalakan alat pelembab udara. Udara yang lembab atau hangat dapat membantu mengencerkan lendir di saluran pernapasan Anda. Cuci alat pelembab udara secara teratur untuk mencegah tumbuhnya bakteri atau kuman-kuman lain.


Referensi

American Lung Association (2018). Acute Bronchitis.

Family Doctor (2013). Cough Medicine: Understanding Your OTC Options.

Felson, S. WebMD (2017). Bronchitis.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit