Kesehatan Fisik

Ada 5 Langkah Mujarab Mengatasi Bronkitis Kronis

Kondisi penyakit yang sering muncul dan sembuh dalam waktu yang lama menjadi masalah utama yang sering mengganggu penderita bronchitis kronis dalam kegiatan sehari-harinya. Untuk meringankan kondisi tersebut, terdapat beberapa cara sederhana dan mudah untuk dilakukan yang berguna bagi penderita bronkitis kronis, seperti:
Dipublish tanggal: Sep 17, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Bronkitis kronis adalah kondisi ketika terjadi peradangan di saluran bronkus di dalam paru-paru. Jenis peradangan ini masuk dalam klasifikasi  kondisi kronis. 

Hal tersebut disebabkan karena umum bronkitis kronis terjadi dalam jangka waktu yang lama, serta sering datang dan pergi secara tiba-tiba dalam hitungan bulan atau tahun.

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Paratusin merupakan obat untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertain batuk. Beli obat ini GRATIS* ongkir ke seluruh Indonesia.

Paratusin tablet 3

Gejala awal yang sering dialami oleh penderita bronkitis adalah sering mengalami batuk berdahak, sesak napas, dan dada terasa sesak

Apabila kondisi peradangan semakin parah dan berat, penderita akan mulai mengalami gejala tambahan seperti demam, kelelahan, dan gangguan pernapasan karena hidung tersumbat

Gejala yang muncul akibat penyakit bronkitis kronis ini seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga Anda perlu mengetahui cara-cara yang tepat untuk membantu meringankan gejala yang timbul akibat bronkitis kronis.

Beragam cara mengatasi bronkitis kronis

Kondisi penyakit yang sering muncul dan sembuh dalam waktu yang lama menjadi masalah utama yang sering mengganggu penderita bronchitis kronis dalam kegiatan sehari-harinya. 

Untuk meringankan kondisi tersebut, terdapat beberapa cara sederhana dan mudah untuk dilakukan yang berguna bagi penderita bronkitis kronis, seperti:

1. Menghentikan kebiasaan merokok

Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa 9 dari 10 orang yang mengidap penyakit bronkitis kronis adalah orang yang seringkali terpapar oleh asap rokok yang mereka hisap sendiri (perokok aktif) dan perokok pasif. 

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Paratusin merupakan obat untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertain batuk. Beli obat ini GRATIS* ongkir ke seluruh Indonesia.

Paratusin tablet 3

Perokok aktif yang mengalami batuk yang tidak sembuh dalam jangka waktu lama (kronis), gejala tersebut dapat mengindikasikan bahwa paru-paru mengalami kerusakan. Perokok aktif perlu mewaspadai bahwa kemungkinan untuk menyembuhkan kerusakan yang terjadi  secara total akan lebih sulit dilakukan.

2. Berolahraga secara teratur

Dengan berolahraga, Anda dapat memperkuat otot-otot tubuh, selain itu Anda juga telah melakukan latihan pernapasan yang baik. Apabila Anda ingin memperbaiki kualitas paru-paru, maka Anda dapat melakukan olahraga khusus yang meliputi program rehabilitasi paru-paru. 

Dalam program ini, Anda akan melakukan fisioterapi yang sangat berguna untuk kesehatan paru-paru. Untuk mendapatkan program ini Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter atau rumah sakit yang menawarkan program tersebut.

3. Menjaga kelembaban ruangan

Suhu dan kelembaban ruangan menjadi hal yang sangat sensitif bagi penderita bronkitis kronis. Apabila dalam kondisi ruangan yang tidak tepat, penderita akan mengalami sesak napas yang mungkin saja menyiksa. 

Cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan menggunakan pelembab ruangan atau humidifier, terutama di kamar tidur. Anda juga perlu rajin membersihkan alat tersebut secara rutin sehingga udara tidak tercemar oleh kotoran.

4. Mengupayakan waktu untuk istirahat yang cukup

Bagi para penderita bronkitis, dapat diakui bahwa aktivitas bernapas membutuhkan banyak tenaga. Penderita bronkitis bahkan dapat menghabiskan energi 10 kali lipat lebih tinggi apabila dibandingkan dengan orang yang memiliki paru-paru sehat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Oleh karena itu, penderita bronkitis kronis dianjurkan untuk mendapatkan lebih banyak istirahat, pola makan yang sehat dan memenuhi kebutuhan tubuh supaya tetap merasa sehat, bertenaga dan terhindar dari kehabisan energi dan kelelahan.

5. Menjaga berat badan supaya tetap ideal

Orang yang memiliki kondisi tubuh dengan berat badan berlebih atau obesitas seringkali kesulitan untuk bergerak, melakukan aktivitas tertentu seperti berolahraga, dan bernapas hingga berujung pada sesak napas. Badan yang terlalu kurus juga tidak dianjurkan bagi penderita bronkitis kronis. 

Sehingga, Anda perlu memperhatikan pola makan yang baik dan ideal, dengan melibatkan konsumsi makanan sehat, seperti buah, sayur, biji-bijian atau kacang-kacangan, daging rendah lemak, ikan, ayam, susu dan produk olahannya, serta melakukan olahraga secara rutin dan teratur namun tidak berlebihan.

Penderita bronkitis kronis memiliki kekurangan pada sistem pernapasannya, sehingga tidak akan tahan terhadap polusi baik yang berasal dari asap maupun debu. Anda perlu menghindari kondisi polusi tersebut dengan menggunakan masker penutup. 

Pola hidup sehat juga perlu dijaga dengan disertai kondisi lingkungan, terutama kamar yang bersih dari debu dan kotoran yang ada. 

Apabila Anda semakin merasa keluhan yang terus menerus bertambah buruk atau tidak kunjung sembuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari, maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.


9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Chronic Bronchitis: Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment. WebMD. (https://www.webmd.com/lung/copd/copd-chronic-bronchitis)
Bronchitis: Definition, causes, symptoms, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/8888.php)
Blahd, W. Web MD (2016). What Helps You Feel Better When You Have Bronchitis? (https://www.webmd.com/lung/understanding-bronchitis-basics)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app