Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Acyclovir: Obat Untuk Mencegah Infeksi Virus

Update terakhir: OCT 16, 2019 Tinjau pada OCT 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.699.225 orang

Kenali Lebih Lanjut Penggunaan Obat Acyclovir

Banyak obat-obat yang dapat diperjualbelikan secara bebas di apotek tetapi ada beberapa obat yang termasuk obat keras yang membutuhkan resep dokter seperti obat antibiotik, antivirus, obat penahan nyeri dan lain-lain. Salah satu obat keras yang membutuhkan resep dokter tersebut yaitu obat antivirus (Acyclovir). 

Obat acyclovir dapat ditemukan dalam berbagai bentuk seperti salep, sirup, dan tablet/kapsul dan biasa digunakan untuk mengobati infeksi virus herpes simplex atau varicella zoster yang dapat menimbulkan ruam kemerahan, gelembung berisi air, dan rasa perih pada kulit atau kelamin. Pada artikel ini akan dibahas mengenai penggunaan obat acylovir yang diminum (Tablet atau kapsul).

Mengenai Acyclovir Oral 

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet dan sirop

Kandungan:

Antivirus

Penggunaan yang tepat untuk Acyclovir Oral

Obat acyclovir biasa digunakan pada penyakit yang disebabkan oleh virus Herpes simplex virus (HSV) Types 1 and 2, varicella-zoster virus (VZV) yang mengenai kulit atau mukosa kelamin. 

Acyclovir juga diberikan sebagai pencegahan infeksi virus pada pasien-pasien dengan gangguan imunitas sebelum operasi transplantasi jantung atau sumsum tulang belakang. Adapun tanda gejala pasien dengan infeksi virus tersebut yaitu munculnya ruam kemerahan, lecet, disertai perih dan munculnya gelembung berisi air pada kulit tubuh atau di kelamin.

Apakah Acyclovir aman untuk ibu hamil ?

Acyclovir termasuk dalam kategori B yang berarti cukup aman untuk dikonsumsi ibu hamil

Pasien apa saja yang tidak diperbolehkan meminum acyclovir ?

Acyclovir tidak boleh diberikan pada pasien yang memiliki riwayat alergi pada saat meminum acyclovir atau antivirus lainnya (valacyclovir).

Bagaimana dosis pemberian acyclovir ?

Acyclovir termasuk obat dapat diberikan dengan resep dokter. Minum obat acyclovir setelah makan untuk mengurangi efek mual, biasanya diminum 2-5 kali perhari tergantung dari saran yang diberikan dokter. Dosis obat ini diberikan sesuai kondisi klinis dan respon pengobatan, serta pada anak-anak berdasarkan berat badan. Obat ini bekerja secara baik jika jumlah obat dalam tubuh tetap dalam kadar konstan, sehingga minumlah obat ini berdasarkan interval yang telah ditentukan. 

Sebagai contoh, jika dokter memberi resep acyclovir 5x800mg, maka minumlah obat ini dengan interval tiap 4 jam. Jika pasien ragu untuk konsisten meminum acyclovir dengan jarak interval tersebut, dokter dapat mempertimbangkan pemberian valacyclovir yang diberikan 2-3 kali perhari, dengan pertimbangan ketersediaan obat dan harga yang lebih mahal dibandingkan acyclovir.

Berikut merupakan dosis-dosis acyclovir sesuai dengan jenis infeksi virusnya :

  • Dosis dewasa pada pengobatan Herpes simplex 200 mg 5 kali sehari tiap 4 jam selama 5 hari.
  • Pasien herpes simplex dengan gangguan imuno-compromised 200 mg 4 kali sehari setiap 6 jam.  
  • Dosis pada pasien Herpes zoster 800 mg 5 kali sehari tiap 4 jam selama 7 hari. 
  • Pasien Herpes zoster dengan gangguan ginjal yang sangat parah (CrCl 10 mL/mn) 200 mg dua kali sehari tiap 12 jam. Herpes zoster dengan gangguan ginjal yang parah  800 mg dua kali sehari tiap 12 jam. 
  • Herpes zoster dengan gangguan ginjal yang ringan (CrCl 10-25 mL/mn) 800 mg 3 kali sehari
  • Dosis anak-anak dengan herpes simplex yaitu jika >2 tahun disamakan dengan dosis dewasa, jika kurang <2 yr ½ dari dosis dewasa.

Efek Samping Acyclovir Oral

Sebagian besar orang tidak mengeluhkan efek samping serius setelah konsumsi acyclovir, adapun efek samping yang dapat muncul setelah meminum obat acyclovir yaitu sakit kepala, diare, mual, dan muntah

Hubungi dokter segera jika ditemukan efek samping serius seperti pusing, gangguan ginjal (perubahan jumlah urine yang dihasilkan, nyeri pinggang), perubahan mental (halusinasi, agitasi dan kebingungan),dan tanda alergi obat (kulit tubuh atau kelamin mengelupas, gatal, bengkak seluruh tubuh, sesak napas)

Interaksi Acyclovir Oral

Pada pasien-pasien yang konsumsi obat probenecid dan cimetidine harus memberitahu dokter mengenai konsumsi obat tersebut karena penggunaan obat tersebut dapat meningkatkan kadar konsentrasi acyclovir dalam plasma darah. 

Pasien yang konsumsi ciclosporin dan tacrolimus juga dapat meningkatkan efek gangguan ginjal saat konsumsi berbarengan dengan acyclovir.

Perhatian

Pada pasien-pasien yang memiliki riwayat gagal ginjal atau liver harus mendapat perhatian khusus dalam konsumsi obat ini. Oleh sebab itu, pasien-pasien ini harus memberitahu dokter tentang riwayat penyakitnya sehingga pemberian dosis akan dibedakan dibanding pasien yang lain. 

Pasien dengan gangguan ginjal juga harus memperhatikan asupan minumannya agar membantu mengurangi efek kerusakan ginjal yang diakibatkan acyclovir.

 


Referensi

Allen H., Patient (2016). Aciclovir for viral infections.

Allen, H. Patient (2015). Aciclovir Cream.

Drugs (2017). Acyclovir Topical.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp