Yang Harus Anda Ketahui Tentang Pilek pada Bayi Baru Lahir

Dipublish tanggal: Jul 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Yang Harus Anda Ketahui Tentang Pilek pada Bayi Baru Lahir

Semua bayi dilahirkan dengan kekebalan terhadap penyakit. Meski begitu, butuh waktu bagi sistem kekebalan baru mereka untuk sepenuhnya matang. Hal ini membuat bayi rentan terhadap infeksi virus, yang menyebabkan pilek.

Terdapat lebih dari 200 jenis virus yang dapat menyebabkan pilek. Untungnya, sebagian besar pilek yang didapat bayi Anda akan membantu meningkatkan kekebalan mereka. Meski begitu, pilek pertama dapat menjadi hal menakutkan bagi orang tua.

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Bayi dapat terserang flu pada usia berapa pun atau sepanjang tahun. Pilek pada bayi baru lahir tidak berbahaya, tetapi kondisi ini dapat dengan cepat meningkat menjadi kondisi yang seperti pneumonia. Hubungi dokter anak Anda bila bayi di bawah 2 atau 3 bulan mengalami demam. 

Gejala masuk angin pada bayi baru lahir

Hidung tersumbat atau berair mungkin menjadi petunjuk pertama bahwa bayi Anda terserang flu. Cairan yang keluar dari hidung umumya berwarna bening transparan, akan tetapi dapat berubah menjadi lebih kental dan berwarna hijau kekuningan selama beberapa hari. 

Hal Ini tergolong normal, dan bukan berarti flu bayi Anda bertambah parah.

Gejala lain yang dapat muncul, termasuk:

  • tidak dapat tenang
  • demam
  • batuk, terutama di malam hari
  • bersin
  • nafsu makan berkurang
  • kesulitan menyusui atau minum botol karena hidung tersumbat
  • kesulitan jatuh atau tertidur

Pilek pada bayi baru lahir memiliki beberapa gejala yang sama dengan penyakit lain, seperti flu, croup, pneumonia dan lainnya. 

Flu

Jika bayi Anda terserang flu, gejala yang dialami oleh bayi Anda dapat meliputi rasa kedinginan, muntah, dan diare. Selain itu, mereka mungkin juga memiliki gejala yang tidak bisa Anda lihat seperti sakit kepala, sakit otot atau tubuh, atau sakit tenggorokan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pneumonia

Pilek dapat berkembang menjadi pneumonia dengan cepat. Gejalanya meliputi:

  • getar
  • panas dingin
  • kulit memerah
  • berkeringat
  • demam tinggi
  • sakit perut atau sensitivitas
  • batuk memburuk
  • bernafas cepat atau sulit bernapas

Bayi Anda juga dapat mengembangkan warna kebiruan pada bibir. Bila kondisi ini terjadi, hal ini menandai bahwa bayi Anda tidak mendapatkan cukup oksigen dan harus segera dibawa ke rumah sakit.

Batuk Croup

Jika bayi Anda mengalami batuk croup, gejala yang sering disertai biasanya berupa kesulitan bernapas, suara serak, dan batuk menggonggong. Selain itu, bayi Anda dapat mengeluarkan bunyi bernafas yang terdengar seperti mengi.

Penyebab masuk angin pada bayi baru lahir

Nama lain untuk flu biasa adalah virus, infeksi saluran pernapasan atas. Jenis flu ini tidak disebabkan oleh infeksi bakteri dan tidak memerlukan antibiotik.

Sebagai langkah awal diagnosa, dokter Anda dapat mengambil tes darah, tes urin, atau tes swab kulit untuk menentukan apakah penyakit bayi Anda disebabkan oleh virus atau bakteri. Infeksi bakteri kadang berkembang sebagai komplikasi dari infeksi virus. Mereka juga dapat menyebabkan penyakit lainnya, seperti:

Pilek pada bayi baru merupakan hal yang mungkin terjadi. Bayi yang berada di sekitar anak-anak yang lebih besar, lebih cenderung terkena pilek. 

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Bayi yang disusui ASI memiliki lebih banyak sumber kekebalan dibandingkan bayi yang diberi susu formula secara eksklusif. Hal ini dikarenakan ASI memasok antibodi, sel darah putih, dan enzim untuk bayi Anda. Agen-agen ini melindungi mereka dari infeksi. 

Bayi yang menerima ASI memiliki semua, atau sebagian kekebalan dari sang ibu terhadap penyakit yang dideritanya. Namun, ini tidak berarti bahwa bayi yang disusui sepenuhnya kebal dari pilek.

Kapan harus ke dokter ?

Seorang bayi di bawah 2 atau 3 bulan harus diperiksa oleh dokter jika mereka menderita pilek. 

Demam adalah salah satu cara tubuh bayi bekerja untuk melawan penyakit. Meski begitu, apabila bayi Anda memiliki demam 38 ° C atau lebih tinggi , segera konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Anda juga harus menghubungi dokter jika bayi Anda berusia antara 3 dan 6 bulan, dan mengalami demam 39 ° C atau lebih tinggi.

Awasi semua gejala yang dialami bayi Anda. Segera konsultasikan pada dokter jika menemui salah satu gejala berikut ini:

  • ruam
  • muntah
  • diare
  • batuk persisten
  • tangisan aneh yang terdengar tidak biasa
  • kesulitan bernafas
  • lendir berwarna hijau tebal atau lendir berdarah dari hidung atau mulut
  • demam selama lebih dari 5 hingga 7 hari
  • tanda ketidaknyamanan fisik atau rasa sakit lainnya di tubuh
  • tanda-tanda dehidrasi, seperti tidak mengompol popok sebanyak biasanya
  • penolakan untuk menyusui 
  • kebiruan di sekitar kuku atau bibir

20 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
314 labeling of drug preparations containing salicylates. Electronic Code of Federal Regulations. https://www.ecfr.gov/cgi-bin/text-idx?SID=76be002fc0488562bf61609b21a6b11e&mc=true&node=se21.4.201_1314&rgn=div8.
Sullivan JE, et al. Clinical report — Fever and antipyretic use in children. Pediatrics. 2011;127:580. Reaffirmed July 2016.
AAP Committee on Infectious Diseases. Recommendations for prevention and control of influenza in children, 2017-2018. Pediatrics. 2017;140:e20172550.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app