HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Uropati Obstruktif Unilateral Akut - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Apr 30, 2019 Update terakhir: Mei 13, 2020 Waktu baca: 3 menit

Uropati obstruktif adalah penyumbatan yang dapat mencegah urin keluar dari ginjal. Ketika penyumbatan terjadi secara tiba-tiba dan hanya mengenai satu ginjal, maka kondisi tersebut disebut juga dengan uropati obstruktif unilateral akut.

Penyumbatan biasanya terjadi di salah satu ureter Anda. Ureter adalah saluran yang dapat membuat urin mengalir dari ginjal ke kandung kemih Anda. Uropati obstruktif unilateral akut merupakan suatu kondisi yang jarang terjadi, umumnya penyumbatan ini hanya mempengaruhi 1 dari setiap 1.000 orang d dunia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Apa yang Menyebabkan Uropati Obstruktif Unilateral Akut?

Penyebab yang paling sering dari uropati obstruktif unilateral akut adalah batu ginjal. Batu ginjal merupakan deposit mineral yang kecil dan keras. Batu tersebut terbentuk di ginjal dan dapat membuat penyumbatan di mana saja di sepanjang saluran kemih dari ginjal sampai ke uretra

Kondisi inilah yang menyebabkan penumpukan urin di ginjal, yang pada akhirnya akan menyebabkan peningkatan tekanan di ginjal dan dapat merusak ginjal.

Penyebab lain yang jarang terjadi dari uropati obstruktif unilateral akut termasuk:

  • Cedera
  • Kanker tertentu yang mempengaruhi ureter atau bagian tubuh yang dekat dengan ureter (seperti kandung kemih, usus besar, leher rahim, atau rahim)
  • Jaringan parut di dalam ureter

Tanda dan Gejala Uropati Obstruktif Unilateral Akut

Uropati obstruktif unilateral akut dapat menyebabkan masalah saat buang air kecil. Anda mungkin masih mengeluarkan jumlah urin yang normal karena hanya satu ginjal yang terpengaruh. Urin Anda mungkin memiliki penampilan yang tidak biasa, seperti warna kecoklatan.

Uropati obstruktif unilateral akut dapat menyebabkan rasa nyeri pada bagian-bagian tubuh tertentu, biasanya hanya terjadi jika obstruksi disebabkan oleh batu. Anda mungkin mengalami rasa nyeri di daerah punggung atau perut. Rasa sakit juga bisa menyebar ke daerah paha dan selangkangan Anda.

Gejala lain dari kondisi ini termasuk:

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cefspan 100mg cap 1

Bagaimana Cara Mencegah terjadinya Uropati Obstruktif Unilateral Akut?

Karena batu ginjal merupakan penyebab tersering dari kasus uropati obstruktif unilateral akut, mencegah pembentukan batu ginjal dapat menurunkan risiko terjadinya penyumbatan:

  • Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena batu ginjal dengan meminum enam hingga delapan gelas air setiap hari. Dokter Anda mungkin akan merekomendasikan lebih banyak lagi jika Anda memiliki riwayat batu ginjal.
  • Perhatikan berapa banyak makanan asin yang Anda makan. Terlalu banyak natrium dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal.
  • Anda juga mungkin ingin mengetahui berapa banyak kandungan oksalat yang Anda makan. Oksalat adalah asam organik yang ditemukan dalam buah bit, rhubarb, bayam, blackberry, produk kedelai, dan banyak lagi. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung oksalat juga dapat membantu.

Bagaimana Cara Mengobati Uropati Obstruktif Unilateral Akut?

Diagnosa

Diagnosis uropati obstruktif unilateral akut meliputi pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.

Pemeriksaan fisik

Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memeriksa tekanan darah tinggi dan nyeri tekan di daerah ginjal.

Tes pencitraan

Tes pencitraan dapat membantu dokter menemukan diagnosis yang lebih akurat. Dokter akan mencari penyumbatan di ureter atau pembengkakan di ginjal Anda. Tes yang mungkin digunakan meliputi:

  • CT scan abdominal
  • USG perut
  • Pyelogram intravena

Pemeriksaan lainnya

Dokter Anda mungkin akan melakukan pemeriksaan tambahan, seperti:

  • Scan ginjal, yang melibatkan menyuntikkan sejumlah kecil bahan radioaktif ke dalam vena di lengan Anda yang bergerak ke ginjal Anda dan memungkinkan dokter untuk mengukur fungsi masing-masing ginjal
  • urinalisis, untuk memeriksa tanda-tanda masalah ginjal dan infeksi saluran kemih
  • panel metabolisme dasar, yang terdiri dari tes darah yang memungkinkan dokter Anda memeriksa fungsi ginjal Anda

Pengobatan Uropati Obstruktif Unilateral Akut

Mengobati uropati obstruktif unilateral akut dapat dilakukan dengan cara mengurangi penyumbatan dan menghilangkan gejala yang ditimbulkannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cefspan 100mg cap 1

Pengobatan jangka pendek

Dokter Anda mungkin akan meletakkan stent di ureter Anda untuk membuat bantuan sementara. Stent adalah tabung kecil yang dimasukkan ke dalam ureter Anda untuk membuka dan membiarkan urin tersebut lewat melalui ureter. 

Jika Anda memiliki infeksi saluran kemih, dokter Anda dapat meresepkan obat antibiotik untuk mengobatinya.

Pengobatan jangka panjang

Dokter perlu mengobati kondisi yang mendasari yang menyebabkan terjadinya penyumbatan. Pengobatan ini mungkin termasuk dengan tindakan pembedahan untuk mengangkat atau memecahkan batu ginjal atau untuk mengurangi jaringan parut di ureter. 

Pengobatan atau pembedahan juga dapat digunakan untuk mengobati pembesaran prostat.

Jika Anda memiliki kasus uropati obstruktif unilateral akut yang parah, Anda mungkin perlu melakukan tindakan pengangkatan ginjal. Kondisi ini biasanya dilakukan ketika terdapat infeksi yang serius atau ketika fungsi ginjal Anda sangat terganggu.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Obstructive uropathy - Symptoms, diagnosis and treatment. BMJ Best Practice. (https://bestpractice.bmj.com/topics/en-us/643)
Chronic unilateral obstructive uropathy. University of Florida Health. (https://ufhealth.org/chronic-unilateral-obstructive-uropathy)
Acute Unilateral Obstructive Uropathy. Healthline. (https://www.healthline.com/health/acute-unilateral-obstructive-uropathy)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app