Tonka Bean: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jun 25, 2019 Update terakhir: Jan 19, 2020 Tinjau pada Sep 16, 2019 Waktu baca: 2 menit

Tonka bean (Coumarouna odorata) merupakan biji hitam yang berasal dari pohon Tonka asal Amerika Tengah dan Selatan keluarga dari kacang-kacangan. Tonka bean memiliki aroma yang khas, yaitu manis seperti vanilla dan caramel. Aromanya yang manis tersebut dihasilkan oleh bagian pahit dalam bijinya yang disebut kumarin.

Zat kimia kumarin pada tonka bean memiliki jumlah kandungan yang sangat tinggi, biasanya digunakan sebagai perasa dan pewangi dalam produk makanan, minuman, bahkan sampai produk kosmetik untuk kecantikan. Tetapi kegunaan tonka bean bukan hanya berguna pada bidang industri makanan dan kecantikan saja.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Tonka bean dalam bidang kesehatan digunakan sebagai tonik untuk meningkatkan hasrat seksual dan mengobati beberapa penyakit seperti mual, kram, batuk,sesak, hingga penyakit kronis yaitu TBC.

Tonka bean mengandung sekitar 45% minyak dari berat keringnya. Minyaknya berwarna kuning, Anda dapat mendapatkannya setelah merendam tonka bean selama 1-2 hari. Beberapa orang menggunakan minyak atsiri tonka bean ini untuk mendapatkan berbagai macam manfaat didalamnya.

Manfaat penggunaan Tonka Bean

Sebagai antiseptic

Tonka bean secara tradisional digunakan di Amerika Serikat digunakan untuk antiseptic sampai saat ini. Minyak tonka bean dapat mengobati luka, memar, rematik, sakit telinga, sampai gigitan ular.

Mengobati batuk dan asma

Tonka bean memiliki sifat anti spasmodic yang dapat digunakan untuk mengobati batuk dan juga asma. Tonka bean memberikan sinyal pada tubuh untuk meningkatkan jumlah sekresi dalam tubuh.

Tonka bean  bekerja sebagai ekspektoran yang mendorong infeksius keluar dari tubuh melalui lendir, dan membantu melancarkan saluran pada paru-paru untuk membersihkan dahak dan mengatasi asma. 

Mencegah pembekuan darah

Tonka bean memiliki sifat antikoagulan yang terdapat zat untuk mencegah pembekuan darah. Salah satu obat allopathic telah menggunakan tonka bean untuk untuk pengencer darah, seperti Warfarin mengandung ekstrak tonka bean.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Mengusir serangga

Kandungan kumarin yang tinggi dalam tonka bean berperan sebagai insektisida dan pengusir serangga dan hama seperti nyamuk, kutu dan lainnya. Beberapa penelitian telah membuktikan zat kumarin dapat digunakan sebagai pestisida alami yang dapat mengurangi jumlah serangga dan melindungi tanaman tetap aman.  

Penghilang rasa sakit

Tonka bean memiliki sifat analgesic yang dapat memberikan penghilang rasa sakit secara alami, khususnya setelah melakukan operasi. Selain itu, dapat digunakan untuk meredakan  sakit punggung kronis, sakit dan tegang otot, bahkan menghilangkan rasa sakit homeopati.

Menenangkan otak

Tonka bean dapat memberikan relaksasi pada otak Anda dengan cara meningkatkan produksi hormon serotonin di otak secara alami tanpa obat. Selain itu, tonka bean dapat menyembuhkan Anda dari insomnia.

Mengontrol tekanan darah

Tonka bean dapat mencegah kehilangan darah, meningkatkan resistensi pembuluh darah, dan mengontrol suhu tubuh saat panas.

Karena dapat mengontrol tekanan darah, mencegah kerusakan pada pembuluh darah di otak, terutama pecah dan menyempitnya pembuluh darah otak yang dapat memblokir pasokan darah ke arteri yang mengarah ke otak Anda yang memicu penyakit stroke terjadi lebih cepat.

Efek samping penggunaan Tonka Bean

Tonka bean tidak aman dikonsumsi secara langsung, penggunaan tonka bean harus berbentuk ekstrak atau minyak esensial. Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan seperti mual, muntah, diare, pusing, insomnia, dan masalah hati.

Ibu hamil dan menyusui tidak diperbolehkan menggunakan tonka bean karena dapat membahayakan. Dosis penggunaan yang tinggi dapat menyebabkan masalah serius, bahkan kematian.

Penderita penyakit hati tidak diperbolehkan menggunakan tonka bean karena kandungan kumarin yang tinggi dapat memperburuk penyakit hati tersebut.


2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tonka Bean Uses, Benefits & Dosage. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/tonka-bean.html)
Tonka Bean: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-687/tonka-bean)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app