Kebiasaan Sehat

5 Cara Cepat Mengeluarkan Dahak Secara Alami

Dipublish tanggal: Jul 11, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
5 Cara Cepat Mengeluarkan Dahak Secara Alami

Alami batuk berdahak memang bukan suatu kondisi yang membahayakan. Namun tetap saja, dahak yang tersangkut di tenggorokan kadang bikin tenggorokan jadi gatal hingga menyebabkan suara serak. Lantas, adakah cara mengeluarkan dahak dengan cepat tanpa obat? Tenang, artikel berikut ini punya jawabannya.

Cara mengeluarkan dahak dengan cepat

Dahak adalah jenis lendir yang diproduksi di paru-paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Sebetulnya, lendir ini merupakan hal normal karena justru berfungsi untuk menangkap debu, alergen, atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang membuat produksi lendir jadi berlebihan, biasanya karena pilek, flu, alergi, hingga iritasi pada paru-paru. Rasanya tentu tidak nyaman, apalagi kalau dahak menumpuk di tenggorokan dan susah dikeluarkan.

Tenang, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan dahak dengan cepat dan alami, yaitu:

1. Minum air hangat

Banyak minum air putih, terutama iar hangat, dapat membantu merilekskan otot-otot tenggorokan dan melancarkan aliran dahak. Ketika Anda batuk, lendir akan lebih mudah terdorong dan keluar dari tenggorokan.

Selain dengan air putih, Anda juga bisa mengonsumsi sup ayam atau air kaldu untuk mengeluarkan dahak dengan cepat. Bahkan, makanan dan minuman ini juga ampuh meredakan batuk, sakit tenggorokan, hingga demam.

Baca Selengkapnya: 25 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh dan Kesehatan

2. Kumur air garam

Kalau ingin mengeluarkan dahak dengan cepat, cobalah kumur air garam secara rutin. Cara ini terbukti mampu mengeluarkan lendir yang tersangkut di tenggorokan. Bahkan, kandungan garamnya juga dapat membunuh bakteri penyebab penyakit dan menenangkan sakit tenggorokan.

Cara kumur air garam untuk mengeluarkan dahak yang benar adalah sebagai berikut:

  • Siapkan segelas air hangat, lalu masukkan setengah sampai seperempat sendok teh garam. Aduk rata.
  • Kumur-kumur dengan air garam sambil sedikit mendongakkan kepala. 
  • Lakukan selama 30-60 detik dan biarkan cairan air garam merilekskan otot-otot tenggorokan, lalu buang.
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari sampai dahaknya bisa keluar dengan mudah.

3. Pakai minyak kayu putih

Minyak kayu putih bisa menjadi andalan saat sedang batuk berdahak. Ketika dioleskan ke tenggorokan, sensasi hangat yang ditimbulkan akan melunakkan lendir sehingga nantinya Anda lebih mudah mengeluarkannya lewat batuk.

4. Hirup uap hangat

Selain minum air hangat, menghirup uapnya saja juga bisa membantu mengeluarkan dahak dengan cepat. Uap hangat akan membuat lendir jadi lebih lunak dan mengatasi hidung mampet.

Begini caranya:

  • Siapkan mangkuk besar, lalu isi dengan air panas. Bisa juga dengan meneteskan sedikit minyak esensial atau minyak kayu putih supaya uapnya lebih hangat dan segar.
  • Condongkan tubuh ke atas mangkuk.
  • Letakkan handuk atau sapu tangan di kepala. Fungsinya agar uapnya memenuhi sekitar wajah Anda.
  • Hirup uap secara perlahan dan biarkan lendir di tenggorokan melunak dan ke luar.

Selain itu, Anda juga dapat menempelkan kain basah dan hangat ke wajah. Fungsinya pun sama, yaitu melembapkan cairan di hidung dan tenggorokan. Otot-otot wajah dan sekitar kepala juga akan lebih rileks akibat sensasi hangatnya.

Baca Juga: 6 Manfaat dan Risiko Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

5. Minum madu

Madu merupakan salah satu makanan super dengan segudang khasiat. Nah, bagi Anda yang ingin mengeluarkan dahak dengan cepat, cobalah konsumsi madu mulai dari sekarang.

Sebuah penelitian tahun 2007 menemukan bahwa anak yang makan madu cenderung lebih cepat sembuh dari infeksi saluran pernapasan atas, baik itu batuk atau sakit tenggorokan. Hal ini dinilai efektif bila dibandingkan dengan anak-anak yang tidak makan madu selama penelitian.

Agar dahak bisa keluar dengan cepat, cobalah konsumsi 1 sendok makan madu setiap 3-4 jam. Hindari memberikan madu untuk anak-anak di bawah 1 tahun, terlebih tanpa pengawasan dokter anak.

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Get Rid of Phlegm & Mucus in Chest: 9 Remedies. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/treating_congestion/article.htm)
How to Get Rid of Phlegm: 7 Home Remedies and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/cold-flu/how-to-get-rid-of-phlegm)
How to Get Rid of Mucus in Chest: 8 Tips. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-mucus-in-chest)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app