Tolu Balsam: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jun 25, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Tinjau pada Sep 16, 2019 Waktu baca: 3 menit

Tolu balsam (Balsamum tolutanum) merupakan resin atau getah yang diekstrak dari pohon Myroxylon. Pohon tersebut memiliki kemampuan untuk menghasilkan resin secara alami dan banyak tumbuh di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. 

Tolu balsam memiliki beberapa sebutan lain seperti Balsam Peru, Toluifera pereirae, Myroxylon Balsamum, Balsam India, dan Quina.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Aroma yang dimiliki tolu balsam yaitu vanilla, wanginya unik dan menyegarkan sehingga beberapa orang menggunakannya untuk dijadikan pewangi alami, krim, sampo, sabun, dan tonik rambut. Tolu balsam kerap kali dijadikan minyak oles atau esensial untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tergantung tingkat kemurniannya.  

Beberapa manfaat lainnya yang telah terbukti secara klinis, yaitu dapat menyembuhkan luka, mengurangi peradangan, mengobati kanker, melawan infeksi, menyembuhkan kondisi kulit seperti kudis atau jerawat, dan mencegah tukak lambung.

Selain itu, tolu balsam telah dijadikan sebagai obat tradisional India, pada pengobatan tradisional Ayurveda digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit seperti asma, abses, bronchitis, batuk, kurap, luka, kudis, dan penyakit kelamin tertentu. Simak penjelasan lebih lanjut terkait  kandungan dan manfaat tolu balsam di bawah ini.

Kandungan Tolu Balsam

Tolu balsam memiliki beberapa kandungan, yaitu:

  • Resin 80%
  • Asam sinamat bebas dan benzoat 15%
  • Minyak atsiri 1,5 - 7%
  •  Vanillin 0,05%

Beberapa kandungan lainnya dapat Anda temukan tergantung pada beberapa bentuk tolu balsam yang tersedia dalam krim, salep, lotion, dan yang lainnya.

Manfaat penggunaan Tolu Balsam

Tolu balsam memiliki beberapa manfaat yang berguna bagi kesehatan Anda, seperti:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Membunuh bakteri

Tolu balsam dapat melawan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pneumonia tulang dan infeksi sendi yang disebabkan oleh Staphylococcus aureus. Minyak tolu balsam juga dapat mencegah pertumbuhan nyamuk dan tentu saja melindungi kulit Anda dari penyakit yang ditularkan oleh serangga.

Selain itu, sebuah studi tabung telah menyatakan bahwa tanaman Myroxylon telah efektif dalam menghambat bakteri H.pylori penyebab ulkus umum dan Mycobacterium tuberculosis yang menyebabkan penyakit paru-paru.

Mengatasi kudis

Sejak dahulu tolu balsam telah digunakan untuk mengobati kudis yang disebabkan oleh tungau. Tolu balsam yang dikombinasikan dengan gliserin dapat mengatasi gatal-gatal yang diatasi hanya dalam sehari karena minyaknya dapat membunuh tungau hanya dengan beberapa jam.

Sebagai obat tradisional, tolu balsam juga dapat digunakan untuk mengatasi nyeri, puting pecah-pecah, chilblains, dan wasir. Penggunaan secara topikal digunakan untuk kudis, ruam popok, ruam pada lipatan kulit, eksim, gatal anal, dan supositoria wasir.

Menyembuhkan luka dengan cepat

Penelitian yang menggunakan hewan tikus yang memiliki luka terbuka telah membuktikan bahwa tolu balsam dapat menyembuhkan luka dengan cepat karena memiliki kemampuan sebagai antiinflamasi dan antibakteri.

Manfaat lainnya  

Tolu balsam dapat digunakan sebagai diuretic, mengatasi masalah sendi dan rematik. Beberapa manfaat lainnya digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, seperti:

Efek samping penggunaan Tolu Balsam

Tolu balsam kemungkinan aman, bahkan jika digunakan untuk obat luar. Namun, beberapa efek samping dapat ditimbulkan seperti dermatitis, radang pelvis, dan gangguan fungsi ginjal. Tolu balsam juga dapat menimbulkan reaksi alergi.

Belum ada informasi yang cukup terkait penggunaan bagi ibu hamil dan menyusui. Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Hindari penggunaan tolu balsam bagi penderita demam, penyakit karena pembengkakan, dan juga penderita penyakit ginjal karena dapat memperburuk penyakit tersebut.


2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tolu Balsam Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/tolu-balsam.html)
Tolu Balsam: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-355/tolu-balsam)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app