Pengobatan

10 Obat Ambeien Alami yang Ampuh dan Mudah Dibuat

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Mar 17, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 5 menit
10 Obat Ambeien Alami yang Ampuh dan Mudah Dibuat

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Ambeien atau wasir dapat terjadi bila ada pembuluh darah di dubur dan rektum yang melebar dan membengkak.
  • Wasir terdiri dari 2 tipe, yaitu wasir internal (bengkaknya di dalam rektum) dan wasir eksternal (di luar sekitar dubur).
  • Menempelkan kain berisikan es batu bisa membantu membatnu menyusutkan pembuluh darah, sehingga meredakan nyeri.
  • Kandungan zat antiradang pada lidah buaya mampu mengurangi iritasi akibat ambeien, baik jenis internal maupun eksternal.
  • Beberapa pilihan obat ambeien alami lainnya meliputi air perasan lemon, minyak almond, minyak zaitun, cuka apel, hingga teh hitam.
  • Perbanyaklah minum air putih untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan risiko terkena wasir.

Sudah minum obat ambeien yang dijual di apotek tapi gejalanya masih belum sembuh juga? Tidak ada salahnya untuk Anda mencoba obat ambeien alami yang lebih sehat dan murah meriah. Bahkan, Anda pun sebetulnya bisa mendapatkan bahan-bahan alaminya di lingkungan sekitar, lho! Simak daftar bahan alaminya berikut ini.

Penyebab wasir alias ambeien

Ambeien atau wasir dapat terjadi bila ada pembuluh darah di dubur dan rektum yang melebar dan membengkak. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor seperti:

  • Gravitasi bumi
  • Faktor genetik
  • Susah BAB berkepanjangan
  • Kurang serat makanan
  • Sering mengangkat benda berat
  • Obesitas atau kegemukan
  • Alergi makanan
  • Kurang gerak atau jarang olahraga
  • Sedang hamil
  • Terlalu lama duduk atau berdiri

Baca Selengkapnya: 11 Penyebab Ambeien yang Harus Anda Waspadai

Gangguan wasir atau ambeien terdiri dari 2 tipe, yaitu wasir internal yang posisi bengkaknya ada di dalam rektum dan wasir eksternal yang pembengkakannya terjadi di kulit luar sekitar dubur.

Gejala ambeien yang paling utama adalah nyeri saat buang air besar, bahkan sampai berdarah. Ciri-ciri ambeien lainnya meliputi adanya gumpalan darah di sekitar dubur, pendarahan saat mengejan (ngeden) pada waktu buang air besar, iritasi dekat area dubur, hingga sensasi kebelet yang terus-menerus muncul.

Baca Juga: Ciri-ciri dan Gejala Ambeien Dalam dan Luar

Bila tidak segera diobati, ambeien bisa memicu komplikasi lebih lanjut yang menyebabkan penderitanya kehilangan banyak darah. Selain itu, penderita juga dapat mengalami strangulata, yaitu penonjolan wasir terjepit dan suplai darah ke ambeien internal terputus.

Komplikasi tersebut umumnya menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Komplikasi wasir lainnya yang mungkin terjadi adalah matinya jaringan di sekitar dubur (nekrosis) hingga berisiko terjadinya kanker anal (dubur) serta kolorektal.

Pilihan obat ambeien alami yang ampuh

Mengatasi wasir sebetulnya tidak sulit, selama dilakukan dengan langkah yang cepat dan tepat. Di samping minum obat dari dokter atau beli di apotek, Anda juga bisa memanfaatkan obat ambeien alami untuk menyembuhkannya. 

Berikut daftar obat ambeien alami yang mudah ditemukan di sekitar Anda, antara lain:

1. Es batu

Tak hanya murah meriah, obat ambeien alami ini juga bisa dibuat sendiri di rumah. Selain dapat membantu menyusutkan pembuluh darah, dinginnya es juga dapat mengurangi bengkak dan meredakan nyeri akibat ambeien.

Anda tinggal membungkus potongan es dalam sehelai kain bersih, lalu tempelkan langsung ke area dubur selama 10 menit. Lakukan beberapa kali setiap hari hingga wasirnya hilang.

2. Lidah buaya

Bukan cuma bagus untuk mengatasi jerawat, lidah buaya ternyata juga bisa menyembuhkan ambeien. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung zat antiradang yang dapat mengurangi iritasi akibat ambeien. Keuntungan lainnya, lidah buaya juga cocok untuk mengatasi jenis ambeien internal maupun eksternal.

Untuk ambeien eksternal, Anda tinggal mengoleskan sedikit gel lidah buaya ke dubur, lalu pijat perlahan area tersebut. Tak hanya dapat menghilangkan rasa sakit, dinginnya gel lidah buaya juga ampuh meredakan sensasi terbakar di area tersebut.

Sementara untuk mengatasi wasir internal, Anda perlu memotong daun lidah buaya menjadi batangan-batangan kecil (jangan lupa buang bagian durinya). Setelah itu, letakkan batangan lidah buaya tadi dalam wadah dan bekukan.

Selanjutnya, Anda tinggal menempelkan batangan lidah buaya beku tersebut ke area dubur yang sakit untuk meredakan nyeri, gatal, maupun sensasi terbakar akibat wasir.

3. Air perasan lemon

Belum banyak yang tahu bahwa lemon mengandung beragam nutrisi yang dapat meredakan wasir. Bahan alami yang satu ini diketahui mampu menguatkan pembuluh kapiler dan dinding pembuluh darah.

Anda tinggal mencelupkan cotton ball ke dalam air perasan lemon segar, lalu usapkan ke area yang terkena wasir. Awalnya memang akan timbul sensasi geli, gatal, atau bahkan terbakar, namun tak perlu khawatir sebab itu akan hilang dengan segera.

Alternatif lain adalah dengan memeras ½ buah lemon ke dalam secangkir susu panas dan diminum setiap 3 jam sekali untuk hasil terbaik. Anda juga bisa mencampurkan lemon, air jahe, dan madu masing-masing 1 ½ sendok teh (sdt). Minum larutan tersebut 1 kali sehari sampai wasir terasa lebih nyaman.

4. Minyak almond

Jenis minyak yang satu ini juga bisa digunakan sebagai obat wasir alami, terutama untuk mengatasi wasir eksternal. Celupkan cotton ball ke dalam minyak almond murni, lalu tap-tap ke area dubur.

Selain melembabkan, minyak almond juga dapat meredakan radang dan sensasi gatal di sekitar dubur. Lakukan perawatan ini beberapa kali sehari sampai nyeri dan bengkaknya membaik.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun terkenal dengan kandungan antioksidan dan antiradangnya. Karena itulah, bahan alami yang satu ini cocok digunakan untuk mengobati ambeien eksternal. Tak hanya dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah, obat ambeien alami ini juga dpat meredakan radang sekaligus menyusutkan bengkak.

Cara paling mudahnya adalah Anda hanya cukup minum 1 sdt minyak zaitun setiap hari. Bisa juga dengan mengoleskan campuran minyak zaitun dan ekstrak daun plum ke area dubur.

6. Makanan berserat

Karena salah satu penyebab wasir adalah kurang serat dalam tubuh. Jadi, untuk mengatasi wasir, perbanyaklah makan makanan berserat seperti gandum utuh, buah, dan berbagai jenis sayuran

7. Cuka apel

Cuka apel memiliki kandungan astringent yang dapat menyusutkan pembuluh darah yang bengkak. Selain itu, bahan alami yang satu ini juga mampu meredakan iritasi, baik pada ambeien eksternal maupun internal.

Namun saat memilih jenis cuka apelnya, pastikan Anda membeli cuka apel yang tidak melewati proses penyaringan ataupun pasteurisasi.

Untuk mengobati wasir eksternal, Anda tinggal merendam sebentar cotton ball ke dalam cuka apel, lalu tap-tap ke area dubur. Lakukan beberapa kali sehari hingga bengkaknya berkurang.

Sementara untuk mengatasi ambeien internal, tambahkan 1 sdt cuka apel ke dalam segelas air putih, lalu minumlah minimal 2 kali sehari. Anda boleh menambahkan madu guna mengurangi rasa asamnya.

8. Teh hitam

Teh hitam mengandung asam tanin yang sifatnya mirip astringent alami. Berkat zat tersebut, teh hitam digolongkan sebagai salah satu obat wasir alami karena bisa mengurangi bengkak dan rasa sakit akibat wasir.

Caranya, basahi 1 kantong teh hitam celup ke dalam air panas, lalu angkat dan dinginkan sebentar sampai kantongnya hangat. Setelah itu, tempelkan kantong teh hitam tersebut ke bagian dubur yang bengkak selama 10 menit. Lakukan 2-3 kali sehari agar cepat sembuh.

Alternatif lainnya, tempelkan kantong teh hitam bekas yang sudah didinginkan terlebh dahulu ke dubur selama 5-10 menit.

9. Air putih

Ketika mengalami ambeien internal maupun eksternal, maka Anda perlu meningkatkan asupan air putih yang dikonsumsi. Memenuhi kebutuhan cairan setiap hari dapat membantu membersihkan organ dalam sekaligus menghidrasi seluruh bagian tubuh.

Selain itu, minum air putih juga mempermudah pergerakan sistem pencernaan, khususnya usus. Alhasil, frekuensi buang air besar jadi lebih lancar dan menurunkan risiko terkena wasir.

10. Garam Inggris

Bahan sederhana seperti garam Inggris diam-diam juga cocok digunakan sebagai obat ambeien. Begini cara penggunaannya:

  • Campurkan 2 sendok makan (sdm) garam Epsom dengan 2 sendok makan gliserin
  • Oleskan campuran tersebut ke bantalan kasa, lalu letakkan di area yang sakit
  • Diamkan selama 15-20 menit
  • Ulangi setiap 4-6 jam sampai rasa sakit mereda

Beberapa obat ambeien alami tersebut bisa membantu meredakan nyeri, gatal, hingga bengkak akibat wasir. Bila gejala tak juga membaik, segera periksakan diri ke dokter.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
8 Home Remedies for Hemorrhoids. Healthline. (https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-hemorrhoids)
Hemorrhoids: Home remedies, lifestyle changes, and overview. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/317114.php)
Hemorrhoid Treatment for Internal, External, or Bleeding Hemorrhoids. WebMD. (https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-hemorrhoids-treatment-medref)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app