Sciatica - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 17, 2019 Waktu baca: 8 menit
Telah dibaca 341.411 orang

Saraf sciatic adalah saraf yang berasal dari sumsum tulang belakang Anda, saraf ini berjalan melalui pinggul dan bokong Anda, dan kemudian bercabang di setiap kaki. 

Saraf ini adalah saraf terpanjang di tubuh Anda dan salah satu saraf yang paling penting. Saraf ini memiliki efek langsung pada kemampuan Anda untuk mengontrol dan merasakan kaki Anda. Ketika saraf ini teriritasi, Anda akan mengalami Sciatica.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Sciatica adalah sensasi yang dapat timbul sebagai nyeri sedang hingga berat pada punggung, bokong, dan kaki Anda. Anda juga mungkin merasakan kelemahan atau mati rasa pada area ini. 

Sciatica adalah gejala yang disebabkan oleh cedera yang mendasari saraf sciatic Anda atau area yang berdampak pada saraf sciatic, seperti tulang belakang Anda, yang merupakan tulang di leher dan punggung Anda. Sciatica paling sering terjadi pada orang berusia antara 30 dan 50 tahun .

Gejala Sciatica

Sciatica adalah suatu gejala yang sangat khas. Jika Anda mengalami rasa sakit yang menjalar dari punggung bagian bawah melalui area bokong dan ke anggota tubuh bagian bawah, maka dapat dipastikan Anda mengalami Sciatica.

Sciatica terjadi akibat terjadinya kerusakan atau cedera pada saraf sciatic Anda, gejala lain akibat kerusakan saraf biasanya hadir bersamaan dengan rasa sakit. Gejala lain yang mungkin terjadi termasuk:

  • Anda mungkin memiliki rasa sakit yang semakin memburuk dengan gerakan.
  • Anda mungkin mengalami mati rasa atau lemah pada tungkai atau kaki Anda, yang biasanya terasa di sepanjang jalur saraf sciatic Anda. Dalam kasus yang parah, Anda mungkin mengalami kehilangan perasaan atau kemampuan untuk menggerakan anggota tubuh Anda.
  • Anda mungkin merasakan sensasi tertusuk jarum, yang melibatkan kesemutan yang menyakitkan di jari kaki atau kaki Anda.
  • Anda mungkin mengalami inkontinensia, yang merupakan ketidakmampuan untuk mengontrol buang air kecil dan buang air besar Anda. Jika hal ini terjadi, ini adalah gejala langka yang dikenal dengan istilah sindrom cauda equina, yang dijelaskan lebih lanjut di bawah, dan membutuhkan pertolongan medis segera.

Apa penyebab terjadinya sciatica?

Sciatica dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi yang melibatkan tulang belakang Anda dan dapat memengaruhi saraf yang berada di sepanjang punggung Anda. Sciatica juga dapat disebabkan oleh cedera, misalnya karena jatuh, atau tumor saraf tulang belakang atau tumor pada sarah sciatic.

Kondisi umum yang dapat menyebabkan Sciatica dijelaskan di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Disk Herniasi

Tulang belakang Anda, dipisahkan oleh potongan tulang rawan. Tulang rawan berisi bahan tebal (dikenal dengan isitlah Disk) yang berfungsi untuk memastikan fleksibilitas dan bantalan saat Anda bergerak. Disk yang mengalami hernia terjadi ketika lapisan pertama tulang rawan pada disk tersebut robek. 

Zat di dalam disk tersebut dapat keluar dan dapat menekan saraf sciatic Anda sehingga menghasilkan rasa sakit dan mati rasa anggota tubuh bagian bawah. Menurut American Academy of Orthopedic Surgeons Diperkirakan satu dari setiap 50 orang akan mengalami disk herniasi dalam hidup mereka.

Stenosis Tulang Belakang

Stenosis tulang belakang juga disebut stenosis tulang belakang lumbar. Kondisi ini ditandai dengan penyempitan saluran tulang belakang bagian bawah yang tidak normal. Penyempitan ini memberi tekanan pada sumsum tulang belakang dan akar saraf Sciatic Anda.

Spondylolisthesis

Spondylolisthesis adalah salah satu kondisi terkait dari gangguan disk degeneratif. Ketika satu tulang belakang memanjang ke depan lebih dari yang lain, tulang belakang yang memanjang tersebut dapat mencederai saraf Sciatic Anda.

Sindrom Piriformis

Sindrom piriformis adalah kelainan neuromuskuler yang jarang terjadi, di mana otot piriformis Anda berkontraksi atau mengencang secara tidak sengaja, menyebabkan Sciatica. Otot piriformis Anda adalah otot yang menghubungkan bagian bawah tulang belakang Anda dengan tulang paha Anda. 

Ketika otot tersebut mengencang, otot tersebut bisa memberi tekanan pada saraf Sciatic Anda, yang dapat menyebabkan Sciatica. Sindrom piriformis dapat memburuk jika Anda duduk dalam waktu lama, jatuh, atau mengalami kecelakaan mobil.

Faktor Risiko terjadinya Sciatica

Perilaku atau faktor tertentu dapat meningkatkan risiko Anda mengalami Sciatica. Faktor yang paling umum menyebabkan terjadinya Sciatica adalah sebagai berikut :

  • Seiring bertambahnya usia tubuh Anda, semakin banyak bagian yang aus atau rusak.
  • Pekerjaan tertentu menimbulkan banyak ketegangan pada punggung Anda, terutama yang melibatkan pengangkatan benda berat, duduk dalam waktu lama, atau gerakan memutar.
  • Memiliki diabetes dapat meningkatkan risiko kerusakan saraf.
  • Merokok dapat menyebabkan lapisan luar disk tulang belakang Anda rusak.

Kapan Harus Mencari Pertolongan Medis?

Segera cari pertolongan medis jika Anda mengalami gejala-gejala berikut:

  • Rasa sakit yang parah setelah cedera parah atau kecelakaan.
  • Anda mengalami rasa sakit yang tiba-tiba dan menyiksa di punggung bagian bawah atau kaki Anda yang disertai mati rasa atau kelemahan otot pada kaki yang sama.
  • Anda tidak dapat mengontrol kemampuan untuk BAB dan BAK, yang merupakan gejala sindrom cauda equina.

Sindrom Cauda Equina

Dalam kasus yang jarang terjadi, disk hernia dapat menekan saraf yang menyebabkan Anda kehilangan kendali atas usus atau kandung kemih Anda. Kondisi ini dikenal sebagai sindrom cauda equina. Kondisi ini juga dapat menyebabkan mati rasa atau kesemutan di daerah selangkangan Anda, penurunan sensasi seksual, dan kelumpuhan jika tidak ditangani.

Gangguan ini sering berkembang lambat. Penting untuk segera pergi ke dokter atau unit gawat darurat jika gejalanya muncul.

Gejala-gejala gangguan ini dapat meliputi:

  • ketidakmampuan untuk mengontrol kandung kemih atau usus Anda, yang dapat mengakibatkan BAK dan BAB tidak terkontrol
  • sakit pada salah satu atau kedua kaki Anda
  • mati rasa pada salah satu atau kedua kaki Anda
  • kelemahan pada salah satu atau kedua kaki Anda, membuatnya sulit untuk bangun setelah duduk
  • kesulitan ketika Anda mencoba untuk bangun
  • Keadaan yang semakin memburuk atau kehilangan sensasi sentuhan yang tiba-tiba pada tubuh bagian bawah Anda, yang meliputi area antara kaki Anda, bokong, paha bagian dalam, tumit, dan seluruh kaki

Mendiagnosis Sciatica

Sciatica adalah gejala yang bervariasi dari satu orang ke orang lain dan tergantung pada kondisi yang menyebabkannya. Untuk mendiagnosis Sciatica, dokter Anda terlebih dahulu akan bertanya mengenai riwayat kesehatan lengkap Anda. 

Kondisi ini termasuk apakah Anda mengalami cedera dalam jangka waktu dekat, di mana Anda merasakan sakit, dan bagaimana rasa sakit itu. Dokter akan bertanya apa yang membuatnya lebih baik dan apa yang membuatnya lebih buruk dan bagaimana dan kapan gejala tersebut dimulai.

Langkah selanjutnya adalah pemeriksaan fisik yang akan mencakup tes kekuatan otot dan refleks Anda. Dokter Anda mungkin juga akan meminta Anda melakukan beberapa latihan peregangan dan gerakan untuk menentukan aktivitas mana yang menyebabkan lebih banyak rasa sakit.

Selanjutnya adalah untuk orang yang telah menderita Sciatica lebih dari sebulan atau memiliki penyakit berat lain, seperti kanker. Pemeriksaan saraf akan memungkinkan dokter Anda untuk memeriksa bagaimana impuls saraf dilakukan oleh saraf sciatic Anda dan mengetahui apakah ada kelainan pada saraf sciatic. Pemeriksaan radiologi akan memungkinkan dokter Anda melihat tulang belakang Anda, yang akan membantu mereka menentukan penyebab terjadinya Sciatica pada Anda.

Pemeriksaan radiologi yang paling umum digunakan untuk mendiagnosis Sciatica dan menemukan penyebabnya adalah rontgen tulang belakang, MRI, dan CT scan. Sinar-X normal tidak akan dapat memberikan gambaran kerusakan saraf Sciatic. 

MRI menggunakan magnet dan gelombang radio untuk membuat gambar detail punggung Anda. CT scan menggunakan radiasi untuk membuat gambar detail tubuh Anda. 

Dokter Anda kemungkinan besar akan melakukan CT myelogram di mana mereka menyuntikkan pewarna khusus ke tulang belakang Anda untuk membantu menghasilkan gambar yang lebih jelas dari sumsum tulang belakang dan saraf Anda.

Opsi Perawatan untuk Sciatica

Setelah diagnosis Sciatica, dokter Anda kemungkinan akan memberikan tips untuk mengatasi nyeri Sciatica Anda. Anda harus melanjutkan aktivitas harian Anda sebanyak mungkin. Berbaring di tempat tidur atau menghindari aktivitas dapat memperburuk kondisi Anda.

Beberapa perawatan di rumah yang umum disarankan dijelaskan di bawah ini.

Dingin

Anda dapat membeli es atau bahkan menggunakan paket sayuran beku. Bungkus es atau sayuran beku dengan handuk dan letakan pada daerah yang mengalami nyeri selama 20 menit per hari, beberapa kali per hari, selama beberapa hari pertama rasa sakit. Ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.

Panas

Anda juga dapat membeli paket panas atau bantal pemanas . Anda disarankan menggunakan es selama beberapa hari pertama untuk mengurangi pembengkakan. Setelah dua atau tiga hari, alihkan ke panas. Jika Anda terus merasakan sakit, cobalah bergantian antara terapi dingin dan panas.

Peregangan

Meregangkan punggung bawah secara hati-hati juga bisa membantu. Untuk mempelajari cara melakukan peregangan dengan benar, dapatkan pelatih khusus yang dapat melatih Anda secara fokus, atau bahkan Anda dapat minta tolong pada instruktur yoga dari terapis fisik atau instruktur yang terlatih untuk menangani cedera Anda.

Obat Bebas

Obat-obatan yang dijual bebas, seperti aspirin dan ibuprofen , juga dapat membantu mengatasi rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan. Berhati-hatilah dalam menggunakan aspirin secara berlebihan, karena dapat menyebabkan komplikasi, seperti pendarahan lambung dan kerusakan permukaan lambung (tukak lambung).

Latihan rutin

Semakin Anda aktif, semakin banyak endorfin yang dikeluarkan tubuh Anda. Endorfin adalah obat penghilang rasa sakit yang dibuat oleh tubuh Anda. Lakukan kegiatan dengan intensitas rendah pada awalnya, seperti berenang dan bersepeda statis. 

Ketika rasa sakit Anda berkurang dan daya tahan Anda meningkat, Anda dapat melakukan latihan yang mencakup aerobik, latihan core, dan latihan kekuatan. Regimen dengan komponen-komponen ini dapat mengurangi risiko masalah punggung di kemudian hari.

Tindakan yang Ditentukan Dokter

Jika perawatan di rumah gagal untuk mengobati rasa sakit Anda secara efektif, dokter Anda mungkin menyarankan agar Anda mengambil tindakan lebih lanjut.

Terapi fisik

Latihan dalam terapi fisik dapat membantu memperbaiki postur tubuh Anda dan memperkuat otot punggung Anda.

Obat Resep

Dokter Anda mungkin meresepkan pelemas otot, pereda nyeri narkotika, atau antidepresan. Antidepresan dapat meningkatkan produksi endorphin tubuh Anda.

Obat Steroid Epidural

Obat kortikosteroid disuntikkan ke daerah yang disebut ruang epidural, yang merupakan saluran yang mengelilingi sumsum tulang belakang Anda. Karena efek samping, suntikan ini diberikan secara terbatas.

Operasi

Pembedahan mungkin diperlukan untuk mengatasi rasa sakit yang parah atau situasi di mana Anda telah kehilangan kendali atas usus dan kandung kemih Anda atau telah mengalami kelemahan pada kelompok otot tertentu dari ekstremitas bawah. Dua jenis operasi yang paling umum adalah discectomy, di mana bagian dari disk yang menekan saraf Sciatic Anda diangkat, dan microdiscectomy, di mana pengangkatan disk dilakukan melalui sayatan kecil sementara dokter Anda menggunakan mikroskop.

Perawatan Alternatif

Pengobatan alternatif semakin populer. Ada sejumlah solusi alternatif untuk Sciatica. sebagai berikut:

  • Seorang ahli akupunktur dapat memasukkan jarum yang disterilkan pada titik-titik kunci untuk mempengaruhi aliran energi dalam tubuh Anda. Prosedur ini sebenarnya tidak menyakitkan.
  • Seorang chiropractor dapat memanipulasi tulang belakang Anda untuk mencapai mobilitas tulang belakang semaksimal mungkin.
  • Seorang profesional terlatih dapat menyebabkan hipnosis, yang dimaksudkan untuk menempatkan Anda dalam keadaan pikiran yang sangat santai dan fokus, memungkinkan Anda untuk menerima saran dan instruksi yang sehat. Dalam kasus nyeri Sciatic, pesan mungkin melibatkan penghilang rasa sakit.
  • Seorang terapis pijat dapat menerapkan gerakan, tekanan, ketegangan, atau getaran pada tubuh Anda untuk menghilangkan tekanan dan rasa sakit.

Cara Mencegah Sciatica

Langkah-langkah berikut dapat membantu Anda mencegah Sciatica atau mencegahnya terjadi lagi:

  • Sering berolahraga. Memperkuat otot punggung dan perut atau otot inti adalah kunci untuk mempertahankan punggung yang sehat.
  • Perhatikan postur Anda. Pastikan kursi Anda memberikan penyangga yang tepat untuk punggung Anda, letakkan kaki Anda di lantai saat duduk, dan gunakan sandaran lengan Anda.
  • Perhatikan bagaimana Anda bergerak. Angkat benda berat dengan cara yang benar, dengan menekuk lutut dan menjaga punggung lurus.

Ditinjau secara medis oleh William Morrison, MD pada 25 Februari 2016 - Ditulis oleh Shannon Johnson

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit