2 Penyebab Utama Tenggorokan Kering, Plus Cara Mengatasinya

Dipublish tanggal: Nov 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
2 Penyebab Utama Tenggorokan Kering, Plus Cara Mengatasinya

Tenggorokan kering dapat mengganggu kegiatan keseharian Anda, bahkan bisa sampai mengacaukan mood Anda karena akan menimbulkan rasa sakit saat bicara ataupun sakit saat menelan. Oleh karena itu, Anda harus segera mengetahui penyebab tenggorokan kering untuk mengatasi kondisi tersebut dengan baik.

Penyakit penyebab tenggorokan kering 

Tidak hanya kering dan seret, masalah tenggorokan kering biasanya timbul bersamaan dengan rasa sakit atau gatal di tenggorokan. Hal tersebut bisa jadi pertanda adanya gangguan di tenggorokan atau mulut Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Ada 2 kondisi yang dapat menjadi penyebab tenggorokan kering paling umum, yaitu:

1. Laringitis

Laringitis adalah kondisi yang paling sering menjadi penyebab tenggorokan kering. Biasanya disertai dengan rasa gatal di tenggorokan hingga suara serak yang mengganggu. 

Baca Juga: Suara Serak Karena Sakit Tenggorokan? Begini Cara Mengatasinya

Laringitis terjadi akibat adanya peradangan pada pita suara yang disebabkan oleh penggunaan suara yang berlebihan atau infeksi. Berdasarkan waktu munculnya gejala, peradangan pada pita suara (laringitis) terbagi menjadi dua jenis yaitu laringitis akut dan kronis.

Laringitis akut adalah jenis laringitis jangka pendek yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Sedangkan laringitis kronis atau laringitis jangka panjang umumnya disebabkan oleh paparan asap rokok, konsumsi minuman keras, iritasi pada lambung ataupun alergi.

Berbagai gejala laringitis secara umum meliputi:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31
  • Tenggorokan terasa kering dan sakit
  • Batuk kering
  • Gatal di tenggorokan yang terus menerus
  • Suara menjadi serak

Mengobati tenggorokan kering karena laringitis berbeda-beda, tergantung dari penyebabnya masing-masing. Bila disebabkan oleh bakteri, dokter biasanya akan meresepkan antibiotik untuk mengatasi tenggorokan kering. Bisa juga dilengkapi dengan pemberian obat kortikosteroid untuk mengatasi radang tersebut.

Selain dengan obat-obatan dari dokter, Anda juga dapat mengobati tenggorokan kering akibat laringitis secara alami di rumah, lho! Cobalah untuk berkumur dengan larutan air garam hangat, mengisap permen pelega tenggorokan, hingga perbanyak minum air putih. Menghirup inhaler yang mengandung mentol juga bisa membantu meredakan gejalanya.

2. Mulut kering

Selain laringitis, masalah mulut kering juga menjadi penyebab tenggorokan kering yang paling umum. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar air liur tidak banyak memproduksi saliva (air liur), sehingga mulut terasa kering.

Selain itu, penyebab mulut kering juga bisa berasal dari kebiasaan sehari-hari yang tak disadari. Contohnya kebiasaan merokok, mengonsumsi obat-obat tertentu, dehidrasi, menderita kerusakan saraf kepala dan saraf leher ataupun penyakit lainnya.

Selain terasa seret, gejala mulut kering juga berupa:

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi multu kering, salah satunya dengan mengunyah permet karet bebas gula (sugar-free). Gerakan mengunyah dapat membantu merangsang produksi air liur sehingga meningkatkan kelembapan di mulut. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Seimbangkan juga dengan memperbanyak juga minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Jaga kelembapan udara di kamar tidur Anda dan usahakan untuk bernapas melalui hidung (bukan lewat mulut) agar mulut tidak terasa kering.

Baca Selengkapnya: 3 Kunci Penting untuk Mengatasi Mulut Kering

Adakah obat tenggorokan kering?

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara tapi tenggorokan tetap saja terasa kering dan gatal, segera konsultasikan ke dokter. Dengan begitu, dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan gejala dan penyebab yang mendasarinya.

Dokter kemungkinkan akan memberikan dekongestan jika penyebab tenggorokan kering Anda karena masalah hidung tersumbat. Pemberian obat golongan pilocarpine dapat diberikan dokter, ketika tenggorokan kering disebabkan oleh radioterapi.

Ada beberapa jenis obat yang memiliki efek samping berupa tenggorokan kering. Jika itu penyebabnya, maka dokter akan menurunkan dosis obat atau mengganti obat untuk mengatasi gejala tersebut.

Tenggorokan kering memang bisa mengganggu aktivitas sehingga Anda pun akan merasa tidak nyaman seharian. Baik itu tidak nafsu makan bahkan sulit untuk berbicara. Untuk itu, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan sesuai dengan penyebab tenggorokan kering yang Anda alami.

Baca Juga: Obat Sakit Tenggorokan Rumahan Paling Manjur

32 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Shelov SP, et al. Ears, Nose and Throat. In: Caring for Your Baby and Young Child: Birth to Age 5. 6th ed. New York, N.Y.: Bantam Books; 2014.
AIDS and opportunistic infections. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/hiv/basics/livingwithhiv/opportunisticinfections.html.
Gonzalez MD, et al. New developments in rapid diagnostic testing for children. Infectious Disease Clinics of North America. 2018;32:19.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app