Makanan dan Diet Sehat

Apa Saja Manfaat Air Garam yang Tidak Kamu Ketahui

Dipublish tanggal: Feb 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Apa Saja Manfaat Air Garam yang Tidak Kamu Ketahui

Apakah Anda rutin minum air garam di pagi hari? Orang-orang zaman dulu sering mengatakan minum air garam hangat di pagi hari baik untuk kesehatan, Namun apakah betul? 

Seperti yang kita ketahui terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat meningkatkan tekanan darah kita. Lantas dasar ilmiah apakah yang digunakan orang-orang zaman dulu untuk bisa mengatakan minum air garam baik untuk kesehatan?

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Faktanya, garam alami yang tidak di refinasi (bukan garam dapur biasa) memiliki dampak yang baik untuk kesehatan. Dengan segala mineral yang dimiliki, Garam alami membantu menyeimbangkan gula darah, membuat tulang kuat, membantu memperlancar metabolism, menguatkan sistem pertahanan tubuh dan masih banyak lagi.

Apa yang terjadi saat garam dicampur dengan air?

Saat dicampur, ion positif pada garam akan bergabung dengan ion negative pada air yang bisa menjadi sumber elektrolit. Elektrolit mudah diserap oleh tubuh dan berfungsi untuk membantu ginjal dalam mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Penggunaan campuran air dan garam sebagai obat-obatan bukanlah hal yang baru, campuran air dan garam memiliki berbagai manfaat seperti :

1. Mencegah dehidrasi

Apakah Anda pernah mendengar pepatah, minum air sangat baik untuk kesehatan? Memang benar karena komposisi tubuh manusia sebagian besar terdiri atas air. Air garam memiliki kandungan elektrolit yang tinggi dan merupakan larutan isotonic, sehingga air garam dapat lebih cepat mengganti cairan tubuh yang hilang dibandingkan dengan air biasa.

Prinsip ini digunakan sebagai dasar pemberian oralit pada pasien diare. Karena pasien diare membutuhkan cairan pengganti dengan cepat, maka seringkali pasien diare diberikan oralit yang merupakan larutan garam dan gula yang mudah diserap oleh tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

2. Manfaat air garam untuk kesehatan mulut

Berkumur dengan air garam bisa menjaga kesehatan mulut. Garam alami yaitu natrium klorida, dapat membatasi jumlah pertumbuhan bakteri. Berbeda dengan cara kerja antibiotik, air garam tidak membunuh bakteri secara langsung, tetapi sifat garam yang menyerap air sehingga membatasi pertumbuhan bakteri. 

Sebuah study ilmiah pada tahun 2003 menyatakan air garam dapat menurunkan pH di dalam mulut, sehingga menghalangi pertumbuhan bakteri, karena hampir seluruh bakteri memerlukan lingkungan yang asam untuk tumbuh.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki air garam dibandingkan dengan dengan obat kumur pasaran, yaitu harganya yang tentu lebih murah, lebih aman dan tidak memiliki efek jangka panjang karena tidak memiliki kandungan kimia berbahaya, bebas alkohol, tidak mengiritasi jaringan mulut sekitar. 

Untuk itu rutin disarankan bagi Anda berkumur dengan air garam jika Anda memiliki sariawan atau masalah bau mulut.

3. Ramuan detox alami

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Karena garam alami kaya akan kandungan mineral, garam alami dapat digunakan sebagai ramuan detox alami. Kebanyakan orang memiliki masalah pencernaan seperti konstipasi, yang mana terjadi penumpukan kotoran di dalam usus yang menjadi sarang kuman dan berbahaya bagi kesehatan pencernaan.

Larutan garam alami dan air memiliki efek alami untuk melancarkan pencernaan dengan cara menghancurkan penumpukan kotoran tersebut dan mengurangi jumlah kuman yang dapat menyebabkan masalah di usus. 

Sebuah study dilakukan pada 225 orang yang memiliki masalah konstipasi, 200 orang diantaranya mengaku membaik setelah rutin mengkonsumsi air garam.

4. Menjaga kesehatan tulang

Air garam terbukti dapat menurunkan pH, sehingga bisa menjaga keseimbangan asam basa pada darah. Pada penderita osteoporosis atau pasien dengan pengeroposan tulang lainnya, tubuh mengambil mineral dari tulang untuk menyeimbangkan pH yang terlalu asam pada darah. 

Larutan air garam dapat mencegah hal ini terjadi dan dapat mengurangi pengeroposan tulang.

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa garam adalah salah satu faktor resiko penyebab osteoporosis. Memang benar, karena mereka berbicara tentang garam dapur biasa yang sudah direfinasi dan kehilangan mineral-mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Menjaga kesehatan kulit.

Garam alami memiliki mineral yang bisa membantu membuat kulit Anda terlihat sangat halus. Chromium yang merupakan mineral terkandung dalam garam alami dapat melawan kuman penyebab jerawat

Sulfur bisa menjaga kulit tetap bersih dan halus, sulfur juga dapat membantu proses penyembuhan eksim dan kulit kepala yang kering akibat kekurangan sulfur. 

Zinc membantu penyembuhan luka, meningkatkan system pertahanan tubuh dan juga mengatur aktivitas kelenjar minyak pada kulit. Sedangkan yodium membantu meningkatkan metabolism pada kulit.

Tapi perlu diingat, sekali lagi, kandungan garam yang terlalu banyak dalam darah dapat mengakibatkan volume darah meningkat dan menyebabkan darah tinggi. Air garam memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, anmun perlu diingat sekali lagi bahwa hal apapun jika dikonsumsi terlalu berlebihan dapat menyebabkan suatu masalah yang baru.

 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
All About Salt: Health Benefits, Risks, Types, How to Cut Back, and More. everydayhealth.com. (https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/salt-health-benefits-risks-types-how-cut-back-more/)
Salt water flush: Effectiveness, risks, and recipes. medicalnewstoday.com. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321680.php)
13 Health Uses for Salt. webmd.com. (https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-salt-uses)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app