Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Angular cheilitis - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: SEP 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 924.617 orang

Angular cheilitis, juga dikenal sebagai angular stomatitis atau perlèche, adalah suatu kondisi yang menyebabkan timbulnya bercak merah seperti bengkak pada sudut-sudut di bagian luar bibir Anda.

Angular cheilitis dapat terjadi pada satu atau kedua sisi mulut Anda. Angular cheilitis adalah kondisi peradangan yang dapat berlangsung beberapa hari atau menjadi masalah kronis. Angular cheilitis dapat terjadi pada semua orang dari segala usia, termasuk bayi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Penyebab Angular Cheilitis

Ada beberapa penyebab Angular cheilitis yang berbeda. Yang paling umum adalah infeksi jamur akibat air liur.

Air liur dapat menumpuk dan terperangkap di sudut bibir, sehingga menyebabkan bibir pecah-pecah. Seseorang biasanya sering menjilat bibir, jika bibir mereka terasa nyeri atau mereka merasa bibir mereka sangat kering. 

Air liur berlebih ini akan terperangkap di sudut-sudut bibir, yang merupakan lingkungan hangat yang sempurna untuk jamur untuk tumbuh dan berkembang.

Selain jamur, virus dan bakteri juga dapat menyebabkan terjadinya angular cheilitis. Orang-orang tertentu lebih berisiko terkena Angular cheilitis, contohnya jika mereka :

  • memiliki kelainan pada bibir atas, yang membuat sudut bibir menjadi lebih dalam
  • memiliki oral thrush sebelumnya
  • sering menggunakan obat-obatan kortikosteroid atau antibiotik
  • memiliki kulit yang sensitif
  • memiliki penyakit radang lainnya, seperti penyakit Crohn
  • menggunakan obat retinoid oral
  • pakai kawat gigi
  • merokok
  • menderita anemia, diabetes, atau kanker

Gejala Angular Cheilitis

Hampir semua gejala Angular cheilitis dapat Anda temukan pada sudut mulut. Gejala-gejalanya bisa menimbulkan nyeri dan membuat frustasi. Gejala angular cheilitis dapat bervariasi dari hanya timbul bercak kemerahan hingga memiliki luka lepuh terbuka yang berdarah.

Jika Anda mengalami angular cheilitis, sudut mulut Anda mungkin akan:

  • berdarah
  • merah
  • bengkak
  • retak
  • kering
  • gatal
  • bersisik
  • nyeri
  • Gejala lain yang mungkin timbul jika Anda menderita angular cheilitis, termasuk:
  • rasa tidak enak di mulutmu
  • Perasaan terbakar di bibir atau mulut Anda
  • bibir terasa kering atau pecah-pecah
  • kesulitan makan akibat iritasi

Bagaimana cara mencegah timbulnya Angular cheilitis?

Biasanya ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya Angular Cheilitis. Faktor pertama, dan mungkin yang paling penting adalah diet dan nutrisi. Keadaan kulit Anda secara umum dapat dilihat sebagai cerminan dari kesehatan Anda secara keseluruhan dan apa yang terjadi secara internal. Kondisi seperti Angular Cheilitis sering kali merupakan cara tubuh Anda memberitahu Anda bahwa ada beberapa nutrisi penting yang tidak terpenuhi.

Memastikan bahwa Anda mengkonsumsi makanan seimbang yang kaya akan vitamin dan mineral adalah cara terbaik untuk mencegah Cheilitis Angular. Multi-vitamin harian juga bisa bermanfaat.

Terlalu banyak gula dalam makanan Anda juga dapat mendorong pertumbuhan jamur (candida). Jamur tumbuh dengan memakan gula, yang dapat mengganggu keseimbangan alami dalam tubuh Anda dan menyebabkan infeksi ragi seperti oral thrush. Penting untuk membatasi asupan gula Anda untuk mencegah hal ini terjadi.

Mengkonsumsi yogurt acidophilus bebas gula dapat membantu mengisi tubuh Anda dengan bakteri baik dan membantu melawan infeksi jamur.

Hal kedua yang perlu diingat adalah bibir yang pecah-pecah sering dapat menyebabkan Angular Cheilitis. Celah di bibir dan kulit bisa menjadi tempat yang ideal bagi bakteri atau infeksi jamur untuk menetap dan mulai berkembang biak. Inilah mengapa sangat penting untuk memastikan Anda minum cukup air agar kulit Anda tetap terhidrasi. 

Anda juga dapat menjaga kelembaban kulit Anda menggunakan lip balm. Menggunakan lipbalm akan membantu menjaga bibir Anda lembut, lembab, dan mencegahnya pecah-pecah.

Diagnosa

Karena angular cheilitis dapat menjadi tanda infeksi jamur atau bakteri, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan cara yang tepat untuk mengobatinya. Dokter umum dapat mendiagnosa angular cheilitis, tetapi pengobatan terbaik dapat diberikan oleh dokter kulit.

Dokter Anda akan memeriksa kulit Anda secara langsung, dan bertanya tentang riwayat iritasi kulit lain di tubuh Anda. Dokter juga akan bertanya mengenai riwayat infeksi jamur yang mungkin pernah Anda alami. Mereka juga akan menanyakan kondisi lain yang mungkin Anda miliki, dan obat-obatan apa yang Anda konsumsi sebelumnya.

Selain melakukan pemeriksaan fisik secara langsung, Dokter kulit Anda kemungkinan akan mengambil sampel biakan dari lesi pada sudut mulut Anda untuk dikirim ke laboratorium untuk dilakukan pengujian. Pemeriksaan ini dikenal dengan pemeriksaan biopsi, dan pemeriksaan ini dapat membantu mereka mendiagnosis penyebab secara pasti.

Pengobatan

Pengobatan angular cheilitis akan tergantung pada kondisi medis yang mendasarinya. Jika dokter Anda mencurigai kekurangan gizi, mereka kemungkinan akan merekomendasikan diet atau suplemen tambahan.

Jika ada infeksi jamur, dokter kemungkinan akan meresepkan antijamur topikal. Jika infeksi disebabkan oleh bakteri, dokter akan memberikan obat anti bakteri.

Selain pengobatan di atas, pilihan pengobatan lain yang dapat digunakan untuk mengobati angular cheilitis termasuk:

  • antiseptik topikal untuk menjaga luka terbuka tetap bersih
  • salep steroid topikal
  • suntikan filler untuk mengurangi lipatan di sudut mulut

Anda juga dapat menggunakan perawatan di rumah untuk mengobati Angular cheilitis Anda, seperti menggunakan lip balm secara teratur untuk mencegah bibir pecah-pecah. oleskan petroleum jelly atau minyak kelapa pada sudut mulut, yang dapat membentuk penghalang air liur

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit