Strepsils: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 28, 2021 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Strepsils adalah permen pelega tenggorokan yang digunakan untuk memberikan rasa lega saat sakit tenggorokan, flu, batuk, ataupun tenggorokan gatal;
  • Dosis permen Strepsil untuk melegakan tenggorokan bagi orang dewasa dan anak-anak di atas 6 tahun adalah 1 butir setiap 2-3 jam sekali;
  • Sebagai permen pelega tenggorokan, Strepsils memiliki kandungan bahan aktif Amylmetacresol serta Dichlorobenzyl alcohol;
  • Permen Strepsil umumnya ditoleransi dengan baik dan aman dikonsumsi. Batasi penggunaan dan ikuti aturan pakai yang tertera di label kemasan;
  • Klik untuk membeli permen pelega tenggorokan yang dikirim ke rumah Anda melalui HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Strepsils obat apa?

Strepsils adalah permen pelega tenggorokan yang digunakan untuk memberikan rasa lega saat sakit tenggorokan. Permen ini juga dapat membantu meringankan batuk, rasa sakit dan peradangan akibat luka atau lesi di mulut dan tenggorokan serta mengurangi bau mulut.

Permen pelega tenggorokan yang diproduksi oleh Reckitt Benckiser Thailand dan diimpor oleh PT. Reckitt Benckiser Indonesia ini termasuk obat tenggorokan yang digolongkan dalam jenis obat bebas. Strepsils dapat dikonsumsi tanpa perlu resep dokter dan ampuh dalam mengatasi rasa tidak nyaman di tenggorokan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Ikhtisar permen Strepsil

Jenis obat Pelega tenggorokan
Kandungan Amylmetakresol, Dichlorobenzyl alcohol
Kegunaan Melegakan tenggorokan, meredakan batuk dan nyeri, serta mengurangi bau mulut
Kategori Obat bebas
Konsumen Dewasa dan Anak
Kehamilan Kategori N
Sediaan Strepsils Original, Strepsils Cool, Strepsils Sore Throat & Blocked Nose, Strepsils Honey & Lemon, Strepsils Orange with Vitamin C

Mekanisme kerja

Cara kerja Strepsils sebagai permen pelega tenggorokan ini dapat dilihat dari 2 kandungan bahan aktif di dalamnya, yaitu:

  • Amylmetakresol, merupakan senyawa antibakteri dan antivirus ringan yang juga memblok kanal Na seperti yang dilakukan oleh banyak obat anastetik lokal. Dengan begitu senyawa ini dapat membantu meredakan rasa sakit di jaringan mukosa mulut dan tenggorokan sekaligus membantu meredakan infeksi yang terjadi.
  • Dichlorobenzyl alcohol, senyawa ini merupakan antiseptik ringan dengan spektrum luas yang dapat meredakan infeksi bakteri dan virus terutama yang berhubungan dengan infeksi mulut dan tenggorokan. Senyawa obat ini juga mampu memblokade kanal natrium sehingga bersifat anastesi lokal. Dengan begitu dapat membantu meredakan rasa sakit dan peradangan di mulut dan tenggorokan.

Manfaat permen Strepsil

Permen Strepsil digunakan untuk membantu melegakan tenggorokan yang sakit akibat radang tenggorokan, flu, batuk, tenggorokan gatal, atau kondisi lain yang menyebabkan peradangan atau luka serta iritasi di sekitar tenggorokan dan rongga mulut.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh mengonsumsi permen Strepsil, terutama orang yang memiliki riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap kandungan bahan aktif di dalamnya.

Dosis permen Strepsil

Strepsils tersedia dalam bentuk bentuk sediaan tablet kembang gula dengan kekuatan dosis bahan aktif per tebletnya, yaitu:

  • Amylmetakresol: 0,6 mg.
  • Dichlorobenzyl alcohol: 1,2 mg.

Tidak ada dosis yang spesifik dalam mengonsumsi Strepsils ini, tetapi umumnya permen pelega tenggorokan satu ini tidak boleh dikonsumsi lebih dari 12 butir dalam sehari.

Dosis permen Strepsil untuk melegakan tenggorokan adalah:

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4
  • Dosis dewasa dan anak-anak di atas 6 tahun: 1 butir setiap 2-3 jam sekali

Petunjuk Penggunaan:

  • Permen Strepsil dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Ikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan
  • Pemen pelega tenggorokan Strepsils tidak diindikasikan untuk mengobati radang tenggorokan, melainkan anya untuk melegakan sakit tenggorokan ringan
  • Jika sakit tenggorokan semakin parah atau sulit menelan, segeralah berkonsultasi ke dokter

Efek samping Strepsils

Permen Strepsil umumnya ditoleransi dengan baik dan aman dikonsumsi. Namun, beberapa efek samping mungkin muncul, terutama jika mengonsumsi berlebihan. 

Efek samping penggunaan Strepsils dapat berupa:

  • Kandungan gula pada Permen Strepsil mungkin menyebabkan terbentuknya karang gigi atau gigi berlubang
  • Penggunaan Strepsil secara berlebih dapat mengganggu sistem pencernaan, termasuk mual atau muntah

Efek overdosis Strepsils

Belum ada data yang menunjukkan adanya efek overdosis penggunaan permen Strepsil. Namun permen pelega tenggorokan yang juga mengandung bahan aktif obat jika digunakan dalam dosis tinggi dan jangka waktu panjang mungkin menyebabkan efek samping tertentu. 

Efek jangka panjang yang mungkin muncul dapat berupa reaksi alergi dan peradangan pada tenggorokan. Jika kondisi ini terjadi segera konsultasikan dengan dokter.

Interaksi obat

Potensi interaksi kandungan bahan obat dari permen Strepsil mungkin terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. 

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang sedang dikonsumsi bersamaan dengan permen Strepsil. Untuk memastikan keamanannya sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Perhatian

Sebelum atau selama mengonsumsi Strepsils, harap perhatikan hal-hal berikut:

  • Jika memiliki riwayat alergi terhadap kandungan utama amylmetakresol ataupun dichlorobenzyl alcohol, maka sebaiknya hindari mengonsumsi permen Stepsil
  • Hindari konsumsi permen Strepsils yang mengandung gula jika Anda sedang sakit gigi atau memiliki masalah gigi berlubang
  • Konsumsi Strepsils pada anak-anak di bawah usia 6 tahun atau anak-anak yang memiliki riwayat intoleransi terhadap fruktosa sangat tidak dianjurkan
  • Jika muncul reaksi alergi seperti pembengkakan dan rasa gatal di bibir, mulut atau tenggorokan, segera hentikan konsumsi Strepsils dan berkonsultasilah ke dokter

Bolehkah Strepsils untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Belum diketahui apakah bahan aktif Strepsils dapat membahayakan janin ataupun ibu hamil. Namun karena permen pelega tenggorokan ini memiliki kandungan bahan obat sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter terutama dalam penggunaan rutin
  • Belum diketahui apakah bahan aktif Strepsils dapat masuk terekskresi ke dalam ASI ibu menyusui. Sebaiknya hindari potensi buruk yang mungkin memengaruhi kesehatan bayi dan konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi permen Strepsils

Artikel terkait:


11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app