Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya

Dokter dapat memberikan perwatan yang benar dan tepat untuk kesembuhan Anda dengan mengetahui bagian yang sakit pada punggung Anda. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit punggung sebelah kiri, di antaranya;
Dipublish tanggal: Sep 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Hal pertama yang ada dalam pikiran Anda saat punggun terasa sakit adalah bagaimana cara mengatasinya agar sembuh dengan cepat. Ada beberapa hal penyebab sakit punggung sebelah kiri atau pada bagian lainnya, seperti terlalu banyak aktivitas, otot tegang, cedera otot, osteoarthritis, dan lainnya.

Berbagai macam gejala sakit punggung dapat ditemukan seperti rasa sakit yang menusuk, dapat disertai kesemutan, rasa perih, atau sakit yang memancar dari punggung ke bokong, paha, hingga ke bagian kaki. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi keseleo 5x visit di nk health

Rasa sakit yang kuat dan tidak berlangsung lama atau pada tingkat nyeri yang kurang intensif tapi bertahan selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Penyebab sakit punggung sebelah kiri

Sakit punggung dapat diawali dengan rasa sakit biasa dan kemudian berkembang menjadi sakit yang luar biasa dan menjadi masalah dalam jangka panjang.

Kegiatan aktif yang sering dilakukan seprti aktivitas sehari-hari, olahraga yang memerlukan tenaga ekstra, dan kegiatan berat lainnya secara berlebihan dan terforsir, ternyata dapat membuat punggung Anda akan berasa kesakitan.

Punggung keseleo atau punggung menjadi tegang merupakan hal yang dapat terjadi dan menyebabkan punggung Anda menjadi terasa sakit. Selain punggung, kaki dan paha Anda juga dapat merasakan sakitnya.

Anda dapat mengatasi penyebab rasa sakit punggung dengan menunjukkan pada bagian sakit punggung yang sedang Anda alami. Rasa sakit pada bagian punggung yang berbeda-beda memiliki berbagai jenis dan memengaruhi rasa sakit punggung. 

Dokter dapat memberikan perwatan yang benar dan tepat untuk kesembuhan Anda dengan mengetahui bagian yang sakit pada punggung Anda. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit punggung sebelah kiri, di antaranya;

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Leher 5 Kali Visit Di NK Health

Untuk pemulihan pasien yang mengalami keluhan pada leher, seperti tightness pada otot-otot sekitar leher sampai ke pundak, timbul gejala neurologis yang terjadi pada penjalaran saraf cervical pada vertebrae dengan menggunakan exercise dan manipulasi. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang (Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit leher 5x visit di nk health

1. Punggung tegang dan keseleo

Bagian punggung mana pun dapat memengaruhi terjadinya keseleo dan tegang pada punggung. Anda bisa merasakan sakit punggung sebelah kiri, kanan, bagian atas, dan juga bawah. Akibat dari cedera ini dapat menyebabkan rasa sakit yang semakin memburuk saat digunakan untuk bergerak. 

Gejala yang biasa muncul, yaitu kram otot, kesulitan beraktivitas seperti berdiri, berjalan, atau membungkuk.

2. Sciatica

Sciatica dapat mengacu rasa sakit yang menjalar di sepanjang jalur saraf skiatik. Saraf ini dapat bercabang di punggung bawah yang melewati pinggul, bokong, hingga kaki. 

Gejala yang dapat disebabkan oleh skiatika adalah rasa sakit yang ringan hingga ketidaknyamanan yang ekstrim, mati rasa, lemah otot, serta sensasi kesemutan di tungkai atau kaki. Gejala skiatika dapat menjadi buruk bila terlalu lama duduk dan batuk atau bersin.

3. Sakit punggung akut

Sakit punggung akut merupakan sakit jangkat pendek yang biasanya disebabkan oleh beberapa jenis cedera pada punggung. Selain itu, penyebab sakit punggung akut yang dapat disebabkan yaitu arthritis. Gejala ini biasanya dapat berlangsung beberapa hari sampai beberapa minggu.

4. Sakit punggung bagian atas dan tengah

Bagian punggung atas dan tengah memiliki 12 tulang belakang, diskus (bantalan penyangga saraf di dalam ruas tulang belakang), otot dan ligament. Tulang-tulang ini menempel pada tulang rusuk yang membentuk bagian terpanjang dari punggung. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Pasca Stroke 5 Kali Visit di NK Health

Untuk Pemulihan Pasien, pasca pemulihan dari rawat inap stroke. Latihan termasuk Anamnesa dan Tes Khusus, dengan terapi Bobath Method, Breathing Exercise, PNF (Procioceptive Neuromuscular Stabilization), Modality dan Exercise Therapy. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi pasca stroke 1x visit di nk health

Ada beberapa penyebab yang mengakibat sakit ini, seperti kebiasaan membungkuk, terlalu berlebihan melakukan kegiatan, cedera otot, cedera ligame, fraktur (patah tulang), dan lainnya. 

Beberapa gejala yang terjadi, seperti rasa sakit, nyeri seperti terbakar, seperti ditusuk-tusuk, otot kaku, kelemahan pada lengan atau tungkai, mati rasa (pada bagian kaki, lengan atau paha), dan lainnya. Sakit punggung sebelah kiri juga dapat disebabkan oleh sakit punggung bagian atas atau tengah. 

Hal ini disebabkan karena sakit yang menjalar sesuai dengan kerusakan pada saraf yang terkena.

Anda dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di pasaran, seperti paracetamol dan obat anti-inflamasi non steroid (OAINS) jika Anda mengalami sakit punggung di sebelah kiri atau lainnya. 

Anda juga dapat melakukan atau memanfaatkan kegiatan olagraga, terapi pijat, dan menggunakan kompres es maupun kompres hangat.

Kompres dingin (es) dapat berfungsi untuk mengurangi perdangan yang terjadi pada area yang sakit. Sedangkan kompres hangat atau panas dapat mengurangi sensasi kaku (merelaksasi otot) dan menurunkan risiko cedera. Anda dapat melakukan olahraga ringan dan santai.

Anda dapat beristirahat jika merasakan sakit pada punggung sebelah kiri atau bagian lainnya yang cukup parah. Bila ingin memulai aktivitas dapat memulainya dengan perlahan-lahan dan coba untuk tidak stress karena dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dialami.

Segera konsultasi pada dokter jika sakit pada punggung kiri tidak segera membaik setelah mengonsumsi obat yang diberikan dan melakukan perawatan yang telah ditentukan, dokter akan segara melakukan tindakan penanganan yang tepat.

24 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app