Kesehatan Fisik

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Yang Mungkin Anda Alami

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Mar 16, 2020 Tinjau pada Mei 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Yang Mungkin Anda Alami

Sakit pinggang merupakan gejala yang sering dikeluhkan oleh orang dewasa, terutama mereka yang aktif bekerja. Entah itu sakit pinggang sebelah kanan, kiri, atau di tengah-tengah, tentunya semuanya sangat menyiksa, bahkan membuat sebagian orang menjadi absen dari pekerjaannya. Pasien seringkali khawatir apakah nyeri pinggang ini diakibatkan kecapean atau karena penyakit ginjal.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang umumnya disebabkan oleh otot-otot yang tegang. Selain itu, nyeri pinggang sebelah kanan juga dapat disebabkan oleh keadaan darurat medis yang serius. Oleh karena itu sangat penting kiranya untuk memahami penyebab sakit pinggang dan mengenali apakah rasa sakit yang Anda rasakan merupakan gejala penyakit yang serius.

Baca : Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Sakit pinggang bisa terjadi pada waktu tertentu (akut) atau secara terus-menerus (kronis). Sakit pinggang akut biasanya tajam, intens dan memiliki onset mendadak. Sakit pinggang kronis berlanjut untuk waktu yang lama dan biasanya tidak senyeri sakit pinggang akut, namun seiring waktu akan mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Berikut beberapa kondisi medis yang menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan :

1. Tegang Otot

Otot lumbal sebelah kanan mengalami ketegangan akan menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan. Begitu pula sebaliknya untuk sisi yang kiri. Ini merupakan penyebab yang paling umum yang terjadi. Hal ini bisa terjadi jika seseorang membuat gerakan secara tiba-tiba, gerakan tak lazim, atau mengangkat barang-barang berat secara berulang. Rasa sakit di pinggang dapat terjadi secara tiba-tiba dan intens atau mungkin meningkat secara bertahap.

2. Masalah Empedu

Kantung empedu seseorang jika mengalami peradangan atau kram, rasa sakitnya bisa menjalar ke pinggang sehingga menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan. Peradangan atau batu empedu merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Rasa sakit biasanya berpusat di pingang bagian tengah sebelah kanan dan dapat menjalar naik hingga ke bahu. Batu empedu dapat berkembang menjadi keadaan darurat medis, sehingga sangat penting untuk menyadari gejala penting lainnya selain sakit pinggang seperti sakit perut. Apabila sakit pinggang disertai dengan sakit perut, mual atau muntah, Anda harus segera mencari perawatan medis.

3. Sciatica

Sciatica merupakan istilah yang diberikan untuk setiap jenis rasa sakit yang disebabkan oleh iritasi atau kompresi saraf siatik (saraf siatik kejepit). Saraf sciatic merupakan saraf terpanjang di dalam tubuh kita, yang meliputi bagian belakang panggul, melalui bokong, sampai ke kaki. Apabila saraf sciatic sebelah kanan yang terlibat maka akan menyebabkan sakit pingang sebelah kanan bagian bawah (panggul) yang menjalar sampai ke kaki.

4. Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal yang dapat menyebabkan sakit pinggang antara lain batu ginjal dan infeksi ginjal. Tergantung pada letak ginjal yang terlibat, jika ginjal sebelah kanan yang kena maka yang sakit adalah pinggang sebelah kanan, begitu pula sebaliknya. Pada batu ginjal, rasa sakit berupa nyeri tumpul (kemeng), rasa sakit saat pengetukan (nyeri ketok) di area costovertebra angle (pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter) dan tak jarang rasa sakit menjalar ke perut hingga selangkangan. (Baca: Gejala Batu Ginjal)

Sedangkan infeksi ginjal biasanya disertai gejala demam, menggigil, mual, muntah dan gangguan buang air kecil. Jika Anda mengalami sakit pinggang yang seperti ini segeralah cari pertolongan medis. Selain itu adanya tumor atau penyakit autoimun pada ginjal juga dapat menyebabkan nyeri ginjal yang bersifat kronis. Trauma yang mengenai ginjal biasanya menyebabkan nyeri bersifat akut yang disertai keluarnya darah pada kencing

5. Herpes Zoster

Karena herpes zoster ini menyerang saraf maka mungkin saja mengenai saraf pada pinggang sebelah kanan sehingga timbul rasa nyeri dan panas yang terkadang disertai rasa kesemutan yang biasa menjalar sampai ke perut sesuai jalur saraf dan tak lama kemudian timbul kelainan pada kulit berupa gelembung cairan yang bergerombol. Ciri khas dari herpes zoster ini hanya menyerang sebelah tubuh yakni kanan saja atau kiri saja. 

6. Kondisi Medis Lain

Beberapa penyebab nyeri pinggang kanan lainnya adalah:

  • Refluks vesicoureter : naiknya air seni dari kandung kemih ke ureter bagian kanan
  • Penyakit pada kantung empedu
  • Diverticulitis : adanya peradangan pada divertikel (kantung pada usus besar)
  • Salphingitis : peradangan pada kantung telur

Kapan Harus Periksa Ke Dokter?

Sakit pinggang sebelah kanan dapat menjadi suatu tanda kondisi medis yang serius dan berpotensi mengancam nyawa. Waspadai bila muncul : 

Jangan sepelekan kondisi sakit pinggang sebelah kanan. Bila gejalanya tak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter.

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What is endometriosis? Causes, symptoms and treatments. (n.d.). (https://www.endofound.org/endometriosis)
Testicular torsion. (2017). (http://kidshealth.org/en/teens/torsion.html)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app