Perawatan Tubuh

Bagaimana Cara Menghilangkan Flek Hitam di kulit?

Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Okt 4, 2019 Waktu baca: 4 menit
Bagaimana Cara Menghilangkan Flek Hitam di kulit?

Flek hitam atau ephelis adalah bintik-bintik datar berwarna coklat atau hitam pada kulit wajah dan bagian tubuh lain, seperti lengan, dada, atau leher yang terbentuk akibat peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. Bintik-bintik ini cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang dengan warna kulit putih.

Flek hitam merupakan kondisi yang umum terjadi pada usia lanjut, namun bisa juga terjadi pada usia dini dan biasanya tidak membahayakan atau menimbulkan rasa sakit.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Apa penyebab timbulnya flek hitam?

Flek hitam muncul karena meningkatnya produksi melanin. Melanin merupakan pigmen yang menentukan warna pada kulit, mata, dan rambut manusia. Bagian kulit yang memiliki banyak melanin akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik namun tidak menonjol ke permukaan kulit. Beberapa faktor lain penyebab timbulnya flek hitam adalah sebagai berikut:

1. Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia, biasanya regenerasi sel kulit baru lebih lambat, ditambah lagi karena kulit kita dapat mengakumulasi paparan sinar matahari. Jika ini terjadi, maka timbul bercak-bercak cokelat atau hitam pada kulit wajah dan bagian lainnya.

2. Genetik

Flek hitam pada kulit  juga bisa dipengaruhi karena faktor keturunan. Ahli kecantikan menjelaskan penyebab munculnya flek adalah dari faktor genetik dengan persentase sekitar 20 sampai 70 persen. Selain itu, warna kulit dan rambut juga mempengaruhi. Mereka yang memiliki warna kulit dan rambut lebih terang cenderung memiliki resiko lebih besar timbulnya flek hitam.

3. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi dimana kulit bagian tertentu menjadi lebih gelap akibat produksi melanin berlebih. Hiperpigmentasi dapat terjadi karena adanya peradangan pada bagian kulit tertentu. Misalnya saja ketika kulit mendapatkan luka, terbakar, mengalami psoriasis, jerawat meradang, eksim, atau melakukan waxing dan perawatan kecantikan lainnya

4. Hormon yang tidak seimbang

Beberapa hormon yang menjadi penyebab flek hitam adalah hormon estrogen, progesteron, dan melanin stimulating hormon. Hal ini biasa terjadi pada wanita yang sedang hamil sehingga flek hitam mudah muncul di area wajah terutama saat menginjak trimester ketiga kehamilan.

5. Kekurangan vitamin kulit

Vitamin menjadi salah satu hal penting yang mendukung kesehatan kulit. Untuk itu, kamu perlu mengkonsumsinya secara rutin untuk mencegah timbulnya flek hitam. Pastikan kamu mendapatkan asupan vitamin B12, K, dan juga vitamin E untuk mencegah noda hitam.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

6. Obat-obatan tertentu dan Konsumsi Pil KB

Beberapa jenis obat dan pil KB bisa berpengaruh pada hormon yang bertanggung jawab atas hiperpigmentasi atau flek hitam pada kulit. Maka dari itu konsumsi obat-obatan dan pil KB bisa memicu kemunculan flek hitam.

7. Gangguan pada fungsi hati

Fungsi hati sebagai organ tubuh manusia untuk menetralisir racun yang terdapat di dalam tubuh. Ketika terjadi kerusakan hati maka organ tersebut tidak dapat menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh dengan baik. Inilah mengapa kerusakan hati dapat mempengaruhi timbulnya flek hitam pada kulit.

Cegah timbulnya flek hitam

Sebelum timbul flek hitam yang tidak diinginkan, ada baiknya kita mencegah hal tersebut terjadi. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membiasakan diri untuk melakukan hal berikut:

  1. Konsumsi vitamin kulit
  1. Gunakan tabir surya atau sunscreen pada wajah dan tubuh yang tidak tertutup saat berada di luar ruangan
  2. Gunakan topi, payung, atau jaket jika berada di bawah terik sinar matahari dalam waktu yang cukup lama

Cara menghilangkan flek hitam

Namun, jika flek hitam sudah timbul, ada beberapa cara untuk memudarkan dan menghilangkannya seperti berikut ini:

1. Menggunakan krim pemutih

Krim ini umumnya berfungsi untuk memudarkan flek hitam dan dapat dibeli secara bebas. Selain efektif, krim dan lotion pemudar cukup mudah digunakan walau harus teliti mengikuti petunjuk pemakaian secara teratur. Anda harus memilih produk yang mengandung hydroquinone, glycolic acid atau kojic acid, karna bahan-bahan kimia ini dapat mencerahkan kulit dan aman digunakan. Namun, menggunakan krim pemudar bisa memerlukan waktu yang cukup lama.

2. Menggunakan obat dari dokter kecantikan

Jika krim muka yang dijual bebas tidak dapat membantu Anda, dokter kecantikan dapat meresepkan beberapa jenis krim pemutih yang mengandung hydroquinone untuk digunakan secara independen atau dalam kombinasi dengan retinoid (tretinoin). Flek hitam di kulit Anda dapat memudar secara bertahap seiring waktu. Imbangi juga dengan pemakaian tabir surya dengan SPF 30 atau lebih untuk melindungi kulit dari kemunculan bintik-bintik lain akibat sinar matahari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

3. Terapi laser

Terapi laser ini menggunakan gelombang cahaya yang ditujukan ke kulit yang bermasalah. Studi membuktikan laser mampu memudarkan flek hitam sampai 50%. Terapi laser atau sinar bekerja menghancurkan sel-sel yang menghasilkan melanin berlebih. Anda  harus menjalani beberapa kali sesi terapi sebelum mendapatkan hasil yang terbaik.

4. Peeling atau pengelupasan

Tindakan peeling menggunakan cairan kimia dengan kandungan asam glikolat(GA) atau asam trikloroasetat (TCA) yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit yang rusak dan menciptakan regenerasi. Saat kulit baru tumbuh, age spots dapat memudar.  Bahan kimia yang digunakan untuk peeling ini meliputi asam salisilat, asam glikolat, dan asam laktat.

5. Dermabrasi

Dermabrasi adalah teknik menggunakan sikat kawat atau roda berlian untuk mengangkat lapisan teratas kulit. Metode ini tergolong bisa merusak kulit dan menyebabkan perdarahan. Setelah lapisan kulit sembuh dari pengangkatan, kulit baru akan tumbuh sehingga flek hitam tidak akan tampak jelas. Dermabrasi membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama.

6. Cryosurgery

Cryosurgery merupakan tindakan pengangkatan flek hitam dengan menggunakan cairan nitrogen yang bersuhu rendah untuk membekukan dan membunuh sel kulit yang abnormal. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis flek dapat diobati dengan cara ini.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Moles, Freckles, & Skin Tags: Types, Causes, Treatments. WebMD. (https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/moles-freckles-skin-tags)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit