GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR. VINA SETIAWAN

Tretinoin: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 1, 2019 Update terakhir: Mar 20, 2020 Tinjau pada Feb 28, 2019 Waktu baca: 3 menit

Jerawat seringkali menjadi masalah bagi banyak orang sehingga tidak heran jika banyak orang menjual beragam produk penghilang jerawat. Bahkan bagi sebagian orang, bisa saja mereka sudah mencoba berbagai produk penghilang jerawat, tetapi hasilnya masih kurang memuaskan. 

Jika Anda masih kesulitan menemukan obat jerawat yang cocok untuk Anda, mungkin Anda bisa mencoba menggunakan Tretinoin. Selain digunakan untuk mengobati jerawat yang membandel, Tretinoin banyak digunakan sebagai produk kecantikan lainnya. Namun Tretinoin dianggap memiliki efek samping yang bisa berakibat fatal jika disalahgunakan. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Mengenai Tretinoin

Golongan

Obat resep

Kemasan

Oral dan topikal

Kandungan

Retinoid

Manfaat Tretinoin

Tretinoin dianggap sebagai anti-penuaan paling efektif di bidang dermatologi. Asumsinya bahwa tretinoin bekerja dengan mengencangkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Kolagen menjadi protein struktural yang memberikan kekuatan, fleksibilitas, dan ketahanan terhadap kulit, tetapi jumlah produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang sehingga dapat menyebabkan munculnya tanda penuaan. Akibatnya, kulit menjadi kurang elastis dan seiring bertambahnya usia, membuatnya lebih rentan terhadap kendur dan kerutan.

Intinya, semakin banyak kolagen yang dihasilkan tubuh, hal tersebut akan semakin memperlambat proses penuaan. Karena itu, mengapa tretinoin dibutuhkan, karena tretinoin dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Tretinoin juga membalikkan efek buruk dari paparan sinar matahari dan meningkatkan produksi asam hialuronat pada permukaan terluar kulit. Asam hialuronat adalah komponen lain yang dibutuhkan dari kulit manusia. Asam hialuronat mempercepat penyembuhan luka dan bekerja dengan menjaga kelembaban kulit sehingga mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Mengurangi bintik hitam 

Tretinoin dianggap efektif dalam mengurangi flek hitam bekas jerawat atau flek hitam karena penuaan, Tretinoin dianggap bekerja dengan menghambat tirosinase (enzim yang menghasilkan melanin), mengganggu transfer pigmen, dan mempercepat laju pergantian sel, sehingga tretinoin adalah dianggap memiliki efek mengurangi bintik hitam, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan hal ini. Jika digunakan secara berlebihan, Tretinoin sebenarnya dapat menyebabkan atau memperburuk flek hitam. Jika Anda ingin menggunakan obat, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Mengatasi masalah jerawat

Penelitian menunjukkan bahwa tretinoin dapat mengurangi jerawat karena peradangan atau jerawat yang tidak meradang. Tretinoin adalah perawatan jerawat yang sering digunakan di AS. Obat-obatan alternatif lain yang dapat diberikan seperti benzoil peroksida, asam salisilat, atau asam azelaic juga dapat mengobati jerawat. Namun, jika komedo, pori-pori tersumbat, adalah masalah utama Anda maka Tretinoin adalah pilihan yang baik. Untuk lebih jelasnya, konsultasikan dengan dokter kulit Anda.

Cara kerja Tretinoin 

Tretinoin adalah turunan dari vitamin A atau juga dikenal sebagai all-trans retinoic acid (ATRA). Tretinoin adalah komponen penting dalam tubuh manusia yang memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan. Tretinoin digunakan pada kulit (sebagai obat topikal) dalam pengobatan jerawat ringan hingga sedang dan pada kulit yang telah rusak karena terpapar sinar matahari secara berlebihan. 

Tretinoin bekerja dengan mengiritasi kulit dan menyebabkan sel-sel kulit tumbuh (membelah) dan mati lebih cepat dan secara bertahap meningkatkan pergantian sel kulit. Setelah penggunaan obat ini, jumlah lapisan sel di kulit justru menjadi tipis. Pada pasien dengan masalah jerawat, sel-sel baru yang tumbuh karena penggunaan Tretinoin menggantikan sel-sel jerawat yang ada, dan pergantian cepat sel-sel ini mencegah pembentukan jerawat baru.

Dengan mekanisme serupa, Tretinoin dapat mengurangi beberapa keriput, area kulit gelap (hiperpigmentasi), dan area kulit kasar, yang semuanya terjadi pada kulit yang rusak akibat sinar matahari. Pada pasien dengan kerusakan akibat sinar matahari, perbaikan kulit biasanya terlihat dalam 3-4 minggu pertama perawatan. Bintik-bintik cokelat mulai memudar setelah 6-8 minggu dan kerutan berkurang atau hilang setelah 3-6 bulan. Penggunaan tretinoin topikal lebih aman karena lebih mudah menyerap ke dalam tubuh.

Efek samping Tretinoin

Efek samping yang paling umum dari penggunaan Tretinoin adalah eritema (kemerahan), mengelupas dan kekeringan. Hal tersebut terjadi pada sekitar 60% pengguna yang menggunakan Tretinoin secara rutin. Efek samping biasanya terjadi pada minggu ke 3 dan minggu ke 4, oleh karena itu gunakan sesuai dengan petunjuk dokter untuk menghindari efek samping.

Dosis Tretinoin

Untuk mengurangi efek samping, gunakan Tretinoin secara bertahap misalnya pada minggu pertama gunakan 2 kali seminggu, pada minggu kedua gunakan 3 kali seminggu sampai penggunaan maksimal disarankan oleh dokter Anda. Penggunaan Tretinoin disarankan pada malam hari.

Perhatian

  • Jangan menggunakan produk ini terlalu banyak, karena dapat menyebabkan peradangan, menyebabkan kemerahan, dan memperburuk hiperpigmentasi
  • Pastikan kulit Anda benar-benar kering sebelum mengaplikasikannya. Idealnya, Anda harus menunggu 20 menit setelah mencuci wajah untuk menggunakannya
  • Menggunakan produk yang mengandung Niacinamide (misalnya CeraVe PM atau EltaMD AM Therapy) telah terbukti meminimalkan efek iritasi
  • Karena tretinoin akan meningkatkan sensitivitas Anda terhadap matahari, penting bagi Anda untuk menggunakan tabir surya di siang hari

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
MIMS Indonesia (2018). Tretinoin. (http://www.mims.com/indonesia/Drug/info/tretinoin/)
Electronic Medicines Compendium (2017). Tretinoin 10mg Soft Capsules. (https://www.medicines.org.uk/emc/product/2535/smpc)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app