Vitamin B12: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mar 11, 2019 Update terakhir: Mar 3, 2020 Tinjau pada Mar 22, 2019 Waktu baca: 3 menit

Manusia membutuhkan sumber gizi yang seimbang, maksudnya makanan yang dikonsumsi harus memenuhi makronutrisi berupa karbohidrat, lemak dan protein dan mikronutrisi yang berupa vitamin dan mineral.

Ada berbagai macam vitamin yang diperlukan oleh tubuh manusia dan sangat bersifat krusial. Salah satunya adalah vitamin B12. Vitamin B12 adalah salah satu komponen dari vitamin B kompleks yang memiliki peranan yang sangat penting. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Vitamin B12 Diperlukan untuk kesehatan jaringan saraf, fungsi otak, dan memproduksi sel darah merah. Vitamin B12 juga disebut Kobalamin.

Vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin B lainnya. Hal ini berarti, vitamin B12 dapat larut dalam air dan bergerak melalui aliran darah. 

Tubuh manusia dapat menyimpan vitamin B12 hingga empat tahun lamanya. Setiap vitamin B12 yang berlebihan atau yang tidak digunakan, akan dikeluarkan bersamaan dengan urin.

Beberapa Fakta Tentang Vitamin B12

  • Vitamin B12 penting untuk fungsi otak dan memproduksi sel darah merah.
  • Defisiensi vitamin B12 dapat menyebabkan kelainan saraf dan anemia.
  • Orang yang berusia di atas 14 tahun harus mengonsumsi lebih dari 2,4 mikrogram (mcg) vitamin B12 setiap hari.
  • Vitamin B12 secara alami tersedia dalam daging, tetapi orang yang tidak makan daging/ vegetarian, dapat memperoleh vitamin B12 dalam bentuk suplemen.

Manfaat Vitamin B12 Dalam Tubuh

Sebagai mikronutrisi yang essensial, tentu saja vitamin B12 memiliki fungsi yang sangat krusial, dan kekurangan konsumsi vitamin B12 dapat menyebabkan masalah yang cukup serius, oleh karena itu, mari kita simak lebih jauh mengenai manfaat yang dihasilkan oleh vitamin B12 dan penyakit yang dapat dicegah dengan mendapatkan vitamin B12 yang adekuat.

Vitamin B12 Merupakan Analgesik yang Efektif

Methylcobalamin adalah suatu bentuk dari Vitamin B12. Methylcobalamin dapat  mengurangi gejala klinis di kaki seperti paresthesia (sensasi abnormal seperti kesemutan), rasa sakit terbakar, dan nyeri spontan. Selain itu juga telah dilakukan suntikan methylcobalamin dapat menurunkan rasa sakit pada nyeri pinggang dan bisul pada mulut.

Vitamin B12 Penting Untuk Perkembangan dan Kesehatan Otak

Vitamin B12 sangat penting untuk menjaga otak dan sistem saraf berfungsi dengan normal.Vitamin B12 juga terlibat dalam pembentukan sel darah merah dan membantu memproduksi dan mengatur DNA.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Dapatkan Obat Saraf & Otak Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 5

Cobalamin/ vitamin B12 juga mungkin memiliki peran dalam pencegahan gangguan perkembangan otak dan gangguan suasana hati serta demensia Alzheimer dan demensia vaskular pada orang tua.

Vitamin B12 Memiliki Peran yang Penting Selama Masa kehamilan

Kurangnya asupan vitamin B12 pada ibu hamil dan ibu menyusui dapat menimbulkan dampak yang serius pada janin dan bayi. Sayangnya, hal ini kurang disadari oleh ibu hamil dan ibu menyusui. 

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), sejak saat ibu merencanakan kehamilan, bukan hanya asupan asam folat yang harus dipenuhi, tetapi juga vitamin B12.

Vitamin B12 menjadi penting, terutama dalam masa kehamilan, karena membantu menjaga kesehatan saraf tubuh dan juga membantu pembentukan DNA, serta sel-sel darah. 

Bahkan berdasarkan penelitian terbaru, kekurangan vitamin B12 saat kehamilan akan melahirkan bayi yang mengidap resistensi insulin tubuh dan gangguan metabolisme, sehingga anak akan berisiko menderita obesitas.

Bermanfaat Untuk Merawat Kulit

Vitamin B12 juga sangat penting peranannya dalam menjaga kesehatan kulit, kuku dan rambut. Hal ini karena vitamin B12 membantu proses regenerasi sel kulit baru menjadi lebih baik sehingga kulit akan lebih sehat dan lebih terawatt.

Manfaat Vitamin B12 untuk kecantikan kulit wajah selanjutnya yaitu dapat mencegah kulit dari penuaan dini. Mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung Vitamin B12 secara rutin dan teratur dapat mempertahankan keremajaan kulit wajah anda, sehingga kulit wajah akan tampak lebih halus dan bersih secara alami.

Dosis Vitamin B12

Biasanya dapat berupa kombinasi(vitamin bcomplex) atau hanya mengandung vitamin B12 sendiri berupa tablet, tablet kunyah, tablet diminum  dibawah lidah(sublingual),dan spray. Dosis cobalamin menurut recommended deietary allowance (RDA):

  • >19 tahun 2,4mcg
  • Wanita hamil 2,6mcg
  • Wanita menyusui 2,8mcg
  • Suplementasi makanan :50-6000mcg/hari
  • Anemia Pernisiosa : 1000mcg disuntikkan di otot atau dibawah kulitsetiap hari selama 6-7hari, dilanjutkan setiap 3hari sekali selama 2-4minggu selanjutnya
  • Defisiensi B12: dosis awal 30mcg suntikan diotot sehari sekali 5-10hari dilanjutkan 100-200mcg tiap bulan.

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wiley, F. Everyday Health (2015). What Is Vitamin B12 (Methylcobalamin)? (https://www.everydayhealth.com/drugs/vitamin-b-12)
Everyday Health (2018). What is Multivitamin with Minerals? (https://www.everydayhealth.com/drugs/multivitamin-with-minerals)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app