HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Kesehatan Fisik

Apa Akibat Kelebihan Asam Laktat?

Dipublish tanggal: Sep 4, 2019 Update terakhir: Mar 19, 2020 Waktu baca: 3 menit

Asam laktat adalah senyawa di dalam tubuh dan merupakan sisa metabolisme tubuh yang dapat menumpuk. Penumpukan asam laktat di dalam tubuh sering disebut asidosis laktat dan dapat terjadi akibat tubuh kekurangan oksigen, seperti melakukan olahraga berlebihan, atau mengalami kondisi kesehatan tertentu. Apabila penyebab dari asidosis laktat adalah karena berolahraga, maka kondisi ini tidak berbahaya.

Setiap individu memiliki batas masing-masing dalam melakukan olahraga maupun aktivitas fisik. Batasan ini biasanya disebut dengan ambang anaerobik / ambang laktat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Ambang laktat dapat meningkat seiring dengan aktivitas fisik yang Anda lakukan. Selain itu, ambang laktat juga dapat digunakan untuk melihat seberapa sehat kondisi jantung dan pembuluh darah Anda. 

Sebenarnya tubuh bisa menghilangkan tumpukan asam laktat ketika jumlah asam laktat masih sedikit dan digunakan untuk olahraga ringan. Namun, produksi asam laktat justru akan meningkat dan menumpuk di darah serta otot apabila intensitas olahraga bertambah. 

Hal ini disebabkan karena asam laktat susah hilang ketika tubuh Anda sedang kelelahan. Penumpukan asam laktat dapat menimbulkan rasa nyeri otot, rasa tidak nyaman, detak jantung menjadi cepat, serta menimbulkan efek seperti sesak nafas

Cara mengatasi rasa nyeri otot yaitu melakukan pendinginan setelah berolahraga supaya kadar asam laktat dan detak jantung Anda dapat menurun.

Apabila penumpukan atau asidosis laktat disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu, maka resiko Anda mengalami kerusakan jaringan tubuh akan lebih tinggi. Terlalu tinggi kadar asam laktat dalam tubuh juga berbahaya dan mengancam hidup Anda. 

Gejala dan Penyebab Penumpukan Asam Laktat

Gejala apabila Anda mengalami asidosis asam laktat atau kelebihan asam laktat dalam tubuh antara lain : 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Namun, apabila Anda mengalami gejala lain seperti di bawah, berarti kondisi Anda sedang dalam fase gawat darurat medis, yaitu : 

Beberapa kondisi di bawah merupakan penyebab peningkatan kadar asam laktat, antara lain : 

Bagaimana Cara Tes Kadar Asam Laktat?

Cara mengetes kadar asam laktat dalam tubuh adalah dengan melakukan tes darah. Dengan tes darah, Anda juga bisa mengetahui kadar oksigen dalam tubuh dan penyebab kadar asam darah menjadi tinggi. 

Normalnya, kadar asam laktat dalam tubuh adalah kurang dari 2 mmol/L. Namun, masing-masing kondisi kesehatan individu serta faktor lainnya juga dapat memengaruhi kadar asam laktat normal pada masing-masing orang.

Tes kadar asam laktat biasanya dilakukan pada pembuluh vena supaya hasilnya lebih optimal. Namun, tes kadar asam laktat juga bisa dilakukan di pembuluh arteri. 

Apabila Anda melakukan olahraga sebelum tes berlangsung, minum minuman keras, mengonsumsi obat seperti metformin dan isoniazid, serta mengepalkan tangan saat sampel darah diambil, maka hasil tesnya tidak akan akurat. 

Cara Mengatasi Kondisi Kelebihan Asam Laktat

Cara terbaik untuk dapat menangani kelebihan asam laktat adalah dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab dan gejalanya. Penanganan utama apabila terjadi kondisi gawat darurat medis adalah dengan meningkatkan kadar oksigen dan memberikan infus supaya kadar asam laktat bisa menurun. 

Cara mudah untuk mengatasi kelebihan kadar asam laktat akibat olahraga di rumah antara lain : minum air / minuman elektrolit untuk menambah cairan tubuh, menghentikan aktivitas fisik, serta istirahat cukup. 

Sebaiknya Anda juga segera mengonsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk penanganan lebih optimal. Lalu, apabila terdapat gejala kelebihan asam laktat dalam kondisi gawat darurat medis, sebaiknya Anda segera ke IGD terdekat untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. 

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Lactic Acidosis: Symptoms, Causes, Treatment, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/lactic-acidosis)
Henderson R., Patient (2014). Lactic Acidosis. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6695455/)
Lab Test Online (2015). Lactate. (https://labtestsonline.org/tests/lactate)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app