Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA ENWA SIWI

Diare - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: SEP 22, 2019 Tinjau pada SEP 22, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 988.572 orang

Menurut WHO pengertian diare adalah buang air besar dengan perubahan konsistensi biasanya cair(mencret) sebanyak 3 kali atau lebih dalam satu hari (24 jam). 

Ingat, dua kriteria penting harus ada yaitu BAB cair dan sering, jadi misalnya buang air besar sehari tiga kali tapi tidak cair, maka tidak bisa disebut diare

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

L-Bio merupakan obat yang digunakan untuk melindungi sistem pencernaan dan memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan ketika mengalami kondisi diare, konstipasi dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Begitu juga apabila buang air besar dengan tinja cair tapi tidak sampai tiga kali dalam sehari, maka itu bukan penyakit diare.

Penyakit Diare merupakan masalah global yang menjadi penyebab kematian pada anak nomor dua setelah pneumonia. Berdasarkan data, hampir sembilan juta anak usia di bawah lima tahun meninggal setiap tahun akibat penyakit ini. 

Kebanyakan orang yang meninggal akibat diare disebabkan oleh dehidrasi berat dan kehilangan cairan. Anak-anak yang kekurangan gizi atau memiliki gangguan kekebalan serta orang-orang dengan HIV adalah yang paling berisiko terhadap komplikasi kematian.

Diare sering dikaitkan dengan infeksi gastrointestinal (saluran cerna), yang dapat disebabkan oleh berbagai macam organisme seperti bakteri, virus dan parasit

Mikrorganisme tersebut menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, atau bisa juga dari orang ke orang sebagai akibat dari kebersihan yang buruk, misalnya tidak cuci tangan sebelum memegang makanan atau makan tanpa cuci tangan terlebih dahulu.

1.            Pengobatan Diare

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Diare umumnya tidak membutuhkan perawatan khusus, dan akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Namun pada kondisi-kondisi dan usia tertentu, Pengobatan diare tidak bisa dilakukan sembarangan dengan memberikan obat anti mencret. Umumnya penanganan diare dibedakan berdasarkan usia yakni :

Pengobatan Diare Pada Bayi dan Anak-anak

Sebagian besar diare akut pada bayi dan anak kecil disebabkan oleh Rotavirus dan biasanya berlangsung 5-7 hari.Pengobatan utama diare pada Bayi dan anak-anak umumnya hanya berupa Oral Rehidrasi Terapi dan suplemen Zinc. 

Antibiotik umumnya tidak diresepkan untuk diare akibat infeksi virus. Namun, demam, muntah, bisa merupakan gejala infeksi pada anak-anak akibat penyakit lain seperti otitis media (infeksi pada telinga tengah), pneumonia, infeksi kandung kemih, sepsis (infeksi bakteri dalam darah) dan meningitis

Untuk penanganan Penyakit ini mungkin memerlukan pengobatan antibiotik.

Bayi dengan diare akut dapat mengalami dehidrasi berat dan oleh karena itu memerlukan rehidrasi dini. Untuk alasan ini, bayi yang mengalami diare harus segera dievaluasi oleh dokter anak. Berikut adalah pemberian Oral rehidrasi Terapi yang dapat diberikan:

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Domperidone if 10mg tab 1

·         Minimal atau tidak dehidrasi

·         Dehidrasi ringan sampai sedang

·         Dehidrasi berat

·         Terapi Rehidrasi - Tidak ada

·         Terapi pengganti cairan yang hilang

 

- Jika berat badan kurang dari 10 kg - 60-120 mL larutan rehidrasi oral untuk setiap kali mencret atau muntah.

- Jika berat badan lebih dari 10 kg - larutan rehidrasi oral 120-140 mL untuk setiap kali mencret atau muntah.

 

A) Terapi Rehidrasi - Larutan rehidrasi oral (50-100 mL / kg lebih dari 3-4 jam)

B) Terapi pengganti cairan yang hilang

- Jika berat badan kurang dari 10 kg - 60-120 mL larutan rehidrasi oral untuk setiap kali mencret atau muntah.

- Jika berat badan lebih dari 10 kg - larutan rehidrasi oral 120-140 mL untuk setiap kali mencret atau muntah.

Jika anak muntah, tunggulah selama 10 menit lalu lanjutkan secara perlahan hingga diare berhenti.

 

A) Terapi Rehidrasi - Larutan ringer laktat intravena atau normal saline (20 mL / kg sampai sirkulasi cairan normal dan status mental membaik), diikuti dengan 100 mL / kg larutan rehidrasi oral selama 4 jam

B) Terapi pengganti cairan yang hilang

- Jika berat badan kurang dari 10 kg - 60-120 mL larutan rehidrasi oral untuk setiap episode diare atau episode muntah

- Jika berat badan lebih dari 10 kg - larutan rehidrasi oral 120-140 mL untuk setiap episode diare atau episode muntah.

Jika tidak dapat minum, lakukan melalui tabung nasogastrik atau berikan secara intravena cairan infus isotonis seperti Ringer laktat atau Normal Saline

2.            Pengobatan diare pada anak yang lebih tua dan orang dewasa

Selama kasus diare ringan, jus buah yang diencerkan, minuman ringan yang mengandung gula, minuman olahraga seperti Gatorade, dan air dapat digunakan untuk mencegah dehidrasi

Kafein dan laktosa yang mengandung produk susu harus dihindari sementara karena dapat memperparah diare, terutama pada orang dengan intoleransi laktosa. Jika tidak ada mual dan muntah, makanan padat bisa dikonsumsi. 

Makanan yang biasanya ditoleransi dengan baik selama menderita diare adalah nasi, sereal, pisang, kentang, dan produk bebas laktosa.

Jika anak Anda mengalami diare dan memiliki risiko dehidrasi, biasanya dokter akan menyarankan pemberian oralit. Anda bisa melihat petunjuk atau takaran pemberian oralit yang tertera pada kemasannya. 

Takaran yang diberikan biasanya tergantung kepada ukuran dan berat badan anak, namun rekomendasi umum untuk pemberian oralit pada anak adalah satu sachet untuk tiap kali setelah ke toilet. 

Oralit sendiri tidak bisa menyembuhkan diare atau menanggulangi penyebabnya, tetapi hanya berguna untuk mencegah dan memulihkan dehidrasi.

Larutan rehidrasi oral juga dapat diberikan untuk diare dengan derajat sedang yang disertai dehidrasi pada anak-anak yang berusia lebih dari 10 tahun dan pada orang dewasa.

3.            Penggunaan antibiotik untuk diare

Antibiotik biasanya dianjurkan jika penyebab diare telah dipastikan sebagai bakteri atau jika gejala diare yang terjadi sangat parah. Berikut adalah beberapa bakteri yang umum menyebabkan diare :

·         Spesies Aeromonas: Gunakan cefixime, generasi ketiga dan generasi keempat sefalosporin.

·         Spesies Campylobacter: Erythromycin memperpendek durasi penyakit

·         C difficile: Gunakan metronidazol oral atau vankomisin. Vancomycin diguanakan untuk anak yang sakit parah.

4.            Mengatasi diare dengan obat-obatan

Ada beberapa jenis obat antidiare, dan umumnya obat antidiare mampu mengurangi gejala, serta mempersingkat lamanya diare sebanyak  satu hari. Obat antidiare yang paling sering digunakan adalah loperamidedan attalpulgite. 

Obat ini terbukti efektif dan memilki efek samping yang sedikit. Loperamide mampu menjadikan kotoran Anda lebih padat dan mengurangi frekuensi buang air besar Anda sedangkan attalpulgite membuat usus menyerap lebih banyak air dan mengikat bakteri atau racun penyebab diare.

Sejumlah obat antidiare bisa dibeli di apotek tanpa menggunakan resep dari dokter. Anda disarankan untuk membaca petunjuk pada kemasan agar tahu takaran dosis yang tepat dan tahu apakah obat tersebut cocok untuk Anda. Obat antidiare sebetulnya tidak diperlukan, kecuali Anda terdesak oleh aktivitas penting.

Jangan minum obat antidiare jika sedang mengalami demam tinggi atau terdapat darah dan nanah pada tinja Anda. Segera periksakan diri ke dokter.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit